Enter your keyword

post

Wakapolda Umar Dani Ingin Lewat Mataka, MABA Unmuh Babel Punya Wawasan Kebangsaan Kokoh

PANGKALANBARU – Wakalpolda Bangka Belitung, Brigjen.Pol.Drs.Umar Dani hadir di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Selasa (14/09/2021). Kehadiran orang nomor dua di institusi Polda Babel tersebut dalam rangka untuk memberikan pembekalan materi dan pendampingan wawasan kebangsaan kepada para mahasiswa baru Unmuh Babel tahun akademik 2021/2022 yang sedang mengikuti kegiatan Masa Ta`aruf Kampus (MATAKA) dari tanggal 13 – 15 September 2021.

Dihadapan para mahasiswa baru Unmuh Babel, Wakapolda Babel Umar Dani menyampaikan bahwa kegiatan Mataka Unmuh Babel ini bukan hanya sebagai aktivitas rutin tahunan kampus Unmuh Babel, tetapi juga dalam rangka untuk semakin menumbuhkan semangat kebangsaan, jiwa nasionalisme cinta tanah air dan bangsa dari para mahasiswa sebagai kader-kader masa depan umat dan bangsa.

“Para generasi muda sebagai generasi intelektual,calon pemimpin umat dan bangsa, maka harus senantiasa tertanam semangat dan wawasan kebangsaan yang kokoh, sehingga tidak mudah terpengaruh kepada hal-hal yang bisa meruntuhkan wibawa tanah airnya sendiri,’dorong Wakalpolda Babel.

Menurut Wakapolda wawasan kebangsaan sejatinya adalah merupakan pondasi bagi terbentuknya pondasi yang kuat, kokoh, bersatu, berdaya saing tinggi dan sejahtera.

Wawasan kebangsaan juga merupakan panduan kehidupan berbangsa dan bernegara dari tingkat pusat sampai tingkat daerah, memberikan batasan-batasan terhadap nilai kebangsaan, supaya tiadak jatuh pada keburukan atau nilai yang merugikan bangsa sekaligus juga mampu untuk meredam berkembangnya penonjolan primordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan mencegah disintegrasi bangsa.

Ia menambahkan bahwa Indonesia salah satunya adalah melalui institusi Polri menaruh harapan kepada para generasi muda khususnya mahasiswa Unmuh Babel agar senantiasa memupuk dan memelihara rasa cinta kepada tanah air, aktif dalam kegiatan sosial bermasyarakat.
Mahasiswa tidak boleh hanya menjadi penonton namun harus menjadi “agent of change”, yang senantiasa membiasakan diri menyampaikan secara santun dan tidak melanggar undang-undang, memiliki intergritas yang tinggi dan selalu konsisten dimanapun dan kapanpun.

”Selalu displin check and re check again terhadap sumber-sumber informasi agar jelas, dapat dipercaya sebelum sharing kepada orang lain.Dan yang tak kalah penting lagi adalah harus mampu menguatkan indentitas bangsa, menjadi generasi yang bermanfaat serta mampu mengharumkan nama bangsa melalui prestasi,”pesan Wakapolda Umar Dani lagi.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.