Enter your keyword

post

Vaksinasi Tahap 1 dan 2 Selesai Bersama Biddokes Polda Babel,Unmuh Harap Segera Bisa Kuliah Tatap Muka

PANGKALANBARU – Kesiapan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan vaksinisasi covid-19 tahap 1 dan tahap 2 mendapatkan apresiasi positif dari Biddokes Polda Bangka Belitung.

Hal ini salah satunya adalah disampaikan oleh dr. Ayu dr.Diah Ayu dari pihak Biddokes Polda Bangka Belitung usai membersamai Unmuh Babel dalam kegiatan vaksinasi tahap kedua dengan tema “ Lindungi Diri, Lindungi Negeri” yang dilaksanakan, Kamis (30/09/2021) di Ruang Perpustakaan SD STKIP Muhammmadiyah Bangka Belitung.

“Sebelumnya kegiatan vaksinasi tahap 1 juga dilaksanakan oleh kedua institusi berbeda tersebut pada 1 – 2 September 2021 di GOR Kampus Unmuh Babel. Menurut dr.Ayu pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 tahap kedua ini berlangsung lancar dan tertib.

”Jadi kalau kita lihat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua 2 ini di Unmuh Babel, pesertanya lebih sedikit bandingkan tahap 1, karena memang sudah banyak teman-teman peserta vaksin tahap 1 yang melakukan vaksin di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Babel, tapi Alhamdulilah semua dapat berjalan lancar, tertib dan tidak ada penumpulkan,”sebut dr.Ayu.

dr.Ayu meminta masyarakat yang sudah divaksin pun untuk tetap menjaga prokes dengan baik, tidak boleh lengah atau terlena, karena dikhawatirkan akan terjadi gelombang covid ke- 3. Ia menyebut bahwa terkadang masih banyak masyarakat yang belum di vaksin sama sekali maupun baru melakukan vaksin dosis pertama, tetapi justeru malas untuk melaksanakan vaksin kedua.

“Karena mereka hanya memikirkan oh, saya sudah melakukan vaksin pertama, sehingga sudah bisa kemana-mana, padahal sangat penting sekali untuk melakukan proteksi pada diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar atau tetangga yang mungkin memang tidak bisa divaksin karena satu dan lain hal , maka seharusnya ini menjadi tanggungjawab kita untuk saling menjaga,”ujar dr.Ayu.

Dokter yang satu ini juga menilai bahwa kesadaran masyarakat termasuk di Bangka Belitung untuk melakukan vaksin sudah baik, meskipun kadang ada yang terpaksa harus mengikuti vaksin dikarenakan aturan untuk melakukan penerbangan, pengurus berkas dan sebagainya, baru bisa dilakukan dan diizinkan apabila sudah menunjukan sertifikat vaksinnya.

“Aturan semacam ini memang dilakukan pemerintah untuk mengajak masyarakat agar sadar dan mau di vaksin. Dampak aturan ini di Babel sudah menunjukan progress masyarakat yang mau divaksin sudah cukup baik. Karenanya kami dari institusi Polri pun tetap terus berupaya melaksanakan program vaksinasi keliling Bangka Belitung, dan kami targetkan 1 hari bisa 1000 masyarakat yang sudah di vaksin.

Dengan semakin kesadaran yang lebih baik tentang pentingnya vaksinasi ini diharapkan dapat ikut membantu tugas pemerintah dalam mencegah terjadinya lagi pandemi covid-19 gelombang ketiga yang memang sangat dikhawatirkan. Sehingga untuk mencegah hal ini maka perlu upaya lebih masif dalam mencapai Herd immunity (kekebalan kelompok) dari virus covid-09.

“Untuk mencapai hal ini maka dibutuhkan sekitar 70 persen populasi penduduk Indonesia termasuk di Bangka Belitung, harus sudah tervaksinasi, apalagi dari WHO sendiri juga mengharapkan pandemi ini selesai di akhir 2022,”sebut dr.Ayu seraya mengamini.

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Covid-19 Universitas Muhammadiyah(Unmuh) Bangka Belitung, Sukma Wijaya mengaku mengucapkan terimakasih kepada pihak Biddokes Polda Babel yang telah membantu Unmuh Babel mensukseskan kegiatan vaksinasi tahap 1 dan tahap 2 di lingkungan Kampus Unmuh Babel.

Ia menyebut bahwa acara ini juga mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah Command Covid Center (MCCC) Bangka Belitung dan juga Tim Satgas Covid Provinsi Bangka Belitung di bawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel.

“Alhamdulilah kerjasama kita dengan Biddokes Polda Babel ini dari tahap 1 sampai tahap 2 semuanya berjalan lancar. Dan intinya kita sangat terbantu agar seluruh warga civitas Unmuh Babel dan masyarakat kita semua sudah tervaksinasi dengan baik,”ujar pria yang juga akrab disapa Ayak Bedicak ini.

Sukma Wijaya berharap dengan telah dilaksanakannya kegiatan ini vaksinasi bersama tim vaksinator Biddokes Polda Babel ini, semoga dapat mewujudkan lingkungan Kampus Unmuh Babel yang lebih sehat dan produktif.

”Kerjasama ini sekaligus kita laksanakan dengan harapan supaya dapat membantu segera dapat dilaksanakannya kegiatan proses pembelajaran tatap muka di Unmuh Babel tahun akademik 2021/2022,”harapnya.(Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.