Enter your keyword

post

Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel Sukses, Kokohkan Komitmen Tanjung Pesona

SUNGAILIAT – Komitmen Tanjung Pesona telah berhasil dilahirkan dari pelaksanaan Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung dengan tema “Penguatan Militansi dan Sinergitas Pimpinan Muhammadiyah Bangka Belitung Berkemajuan”, Yang telah berlangsung 25 -26 September 2021 atau bertepatan dengan 18 -19 Shafar 1443 H di Tanjung Pesona Beach Hotel Sungailiat Bangka.

4 Isi Komitmen Tanjung Pesona. Yakni, Pertama, Tidak menduakan Muhammadiyah.Kedua, Istiqomah, dan Tidak Mudah Putus Asa. Ketiga, Selalu Berusaha Mencari Celah dan Memanfaatkan Momentum Untuk Memajukan Persyarikatan dan Ke-empat, Siap Menggerakan dan Mengembangkan AUM.

Semua point yang telah ditandatangani bersama ini menjadi amanah besar yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Aisyiyah,Ortom, Majelis dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Provinsi Bangka Belitung.

Hal ini sebagaimana pula pesan yang telah disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof.Dr.H.Haedar Nashir,M.Si bahwa, Upgrading Pimpinan ini sukses diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung dan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung.

Ini merupakan Upgrading Pimpinan pertama yang dapat menjadi contoh bagi pimpinan wilayah Muhammadiyah lainnya untuk mengikuti jejak yang sama. Karena Upgrading Pimpinan ini juga menjadi suatu keniscayaan untuk lebih menguatkan militansi kader dalam memajukan dan mengembangkan Persyarikatan khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Upgrading Pimpinan ini diharapkan akan dapat menjadi modal besar untuk lebih mampu melakukan penguatan sinegritas antar pimpinan di setiap tingkatan dalam menguatkan dan merawat organisasi perlu ditingkatkan, sehingga terbangun solidaritas sesama pimpinan yang merupakan kader utama persyarikatan.

Melalui Upgrading Pimpinan ini pula para pimpinan dan pengurus juga di dorong untuk menjadi kader yang senantiasa mampu mengcounter berbagai isu-isu aktual dan isu-isu strategis yang dihadapi persyarikatan.

Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel ini akan menjadi penguatan ruh dan gerakan dalam rangka untuk terus membina dan menanamkan nilai-nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan yang lebih militansi berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sun’nah. Khususnya para kader persyarikatan Babel akan terus mampu memiliki nilai-nilai militansi yang kuat, membangun , mengembangkan sinergi di lingkungan internal maupun eksternal persyarikatan.

Kader Muhammadiyah harus menjadi insan yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kokoh kepada Alloh dan Rosulnya dengan menjalankan apa yang diperintahkanNYA.Yakni senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sebagai Rahmatan Lilalamin, menebar amal soleh untuk kemaslahatan bagi semesta serta keselamatan hidup di akhirat.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel, Drs. Sahirman Jumli, M.Si di dampingi Ketua Badan Pembina Harian( BPH) Unmuh Babel, Drs.H. Hasan Rumata menyampaikan bahwa penyelenggaraan Upgrading Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Bangka Belitung ini mendapatkan pengawasan ketat dari Tim Satgas Covid 19 Muhammadiyah Covid 19 Command Center ( MCCC) Bangka Belitung, Tim Satgas Covid 19 Kabupaten Bangka dan Tim Satgas Covid 19 Provinsi Bangka Belitung.

Ia juga menyebut bahwa Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ini adalah sebuah stimulan yang dahsyat untuk menggerakan semua lini yang ada di keluarga besar Muhammadiyah.

Sehingga akan mampu mengupgrade dan mempertajam pemahaman kader terhadap organisasi dan gerakan Muhammadiyah. Dengan ketajaman militansi terhadap organisasi inilah yang akan menjadi modal untuk senantiasa menebarkan amal soleh yang terus berkemanfaatan.
Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng mengaku bersyukur bahwa Majelis Pimpinan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ( MPK PWM) Bangka Belitung dan didukung penuh oleh Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung telah sukses menyelenggarakan kegiatan Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung 2021.

Upgrading Pimpinan ini adalah salah satu sarana untuk mengumpulkan dan lebih menguatkan militansi kader sebagaimana yang tertuang dalam komitmen Tanjung Pesona. Yang mendorong kepada para kader untuk senantiasa menuangkan hati pikiran dalam membangun, membesarkan dan memajukan persyarikatan, tidak menduakan muhammadiyah, tetap semangat serta tidak putus asa dalam mengurus dan merawat Muhammadiyah.

Instruktur Majelis Pimpinan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Faiz Rafdi,M.I.Kom didampingi Hazuarli A.Halim,MA, berharap dengan adanya Komitmen Tanjung Pesona tersebut dapat menjadi point penting untuk penguatan karakter milintasi kader dalam mempercepat gerak langkah PWM Babel dalam berkontribusi membangun di segala lini kehidupan umat dan bangsa yang lebih baik.
Wakil Bupati Bangka, H.Syahbudin,S.I.P dalam sambutannya selaku tuan rumah penyelenggaraan kegiatan juga mengaku mengapresiasi dan ber terimakasih atas kepercayaan PWM Babel yang telah menjadikan Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel 2021.

Ia berharap melalui Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah 2021 ini juga diharapkan dapat semakin menguatkan ukhwah Islamiyah, nilai-nilai ketaqwaan kepada Alloh SWT dan RosulNYA. Upgrading Pimpinan ini juga harus dijadikan sebagai motivasi guna membangun persyarikatan ini terus maju berkembang selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Bangka,”harap Syahbudin.

Upgrading Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung 2021 menghadirkan para pembicara ahli dari Pimpinan Pusat ( PP) Muhammadiyah secara offline seperti Prof.Dr.H.Abdul Mu’ti, M.Ed selaku Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ( PP) Muhammadiyah, Prof.Dr.H.Muhadjir Effendy, M.A.P yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.Dr. H.Mohammad Agus Samsudin,MM dan lainnya.

Sedangkan para narasumber yang hadir secara virtual zoom adalah Prof.Dr.H.Haedar Nashir,M.Si, dr.H.Agus Taufiqurrohman,M.Kes, SP.S., Prof.H.Syafiq A.Mugni, H.,MA.,Ph.D, Prof.Dr.H.Dien Syamsudin,M.A, Drs.H.Hajriyanto Y.Thohari,M.A dan Dr.H.M.Busyro Muqodas,M.Hum. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.