Enter your keyword

post

Unmuh Babel & TK Griya Bermain Pangkalpinang Komit Tanamkan Semangat Anti Korupsi Sejak Usia Dini

PANGKALANBARU – Pendidik PAUD TK Griya Bermain Pangkalpinang dan Tim Dosen Penelitian Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, sukses menyelenggarakan kegiatan Parenting dan Sosialisasi Senam Antikorupsi dengan tema “Internalisasi karakter antikorupsi berlandaskan nilai-nilai religius anak usia dini di masa pandemi Covid-19”.

Kegiatan yang dilaksanakan, Senin (30/08/2021) ini di ikuti oleh tim dosen penelitian Unmuh Babel beserta mahasiswa secara virtual online google meet. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin silaturahmi tali sekaligus menguatkan karakter peserta didik, terutama dalam hal nilai-nilai integritas di tengah pandemi covid-19.

Tim dosen penelitian Unmuh Babel yang juga merupakan salah satu tim instruktur nasional sekolah penggerak, Desfa Yusmaliana, M.Pd dalam kesempatan ini juga menyampaikan, bahwa penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di masa pandemi ini perlu diperkuat terutama dalam pencegahan tindakan korupsi sejak usia dini.

Ini sejalan dengan upaya perwujudan cita-cita pendidikan nasional saat ini yaitu untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dan Unmuh Babel selalu siap mendukung program-program yang mendidik semacam ini.

Disamping itu Unmuh Babel melalui Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) juga selalu siap menunjang untuk terlaksananya kegiatan parenting dan sosialisasi antikorupsi secara berkelanjutan, termasuk salah satunya adalah melalui kegiatan senam.

Dengan senam ini, maka disamping mampu menyegarkan secara fisik tetapi juga dapat menyehatkan akal dan pikiran,sehingga dapat menjadi benteng bagi anak dari usia dini dalam mencegah tindakan-tindakan yang mengarah kepada korupsi.

Dalam kesempatan ini juga menghadirkan Dwi Hastuti, M.Pd, sebagai narasumber utama penguatan pendidikan karakter untuk anak oleh orang tua dan guru. Ia menekankan pentingnya penguatan pendidkan karakter penting untuk ditanamkan pada anak sejak usia dini.

Dwi Hastuti, M.Pd yang juga merupakan Sekretaris prodi PG PAUD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakara menyebut, pentingnya menanamkan kepada anak sejak usia dini terkait 9 nilai antikorupsi, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Jujur, Peduli, Mandiri, Peduli, Tanggung jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani, dan Adil atau yang biasa disebut Jupe Mandi Tangker Sebedil.

Kepala TK Griya Bermain, Suherma, S.Pd. juga mengaku mengapresiasi atas terselenggarannya kegiatan ini. Ia juga berharap kolaborasi pelaksanaan kegiatan pelatihan dan penerapan senam antikorupsi dengan tim penelitian dosen Unmuh Babel yang sudah sangat baik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa keberkahan. Dan sekali lagi kami bangga telah dapat bekerjasama dengan tim dosen pengabdian Unmuh Babel, terutama dalam hal pengembangan pendidikan karakter, khususnya yang berkaitan dengan pentingnya menanamkan semangat dan nilai-nilai pendidikan tentang pendidikan antikorupsi kepada anak sejak usia dini,”tambah Suherma lagi.( Humas Unmuh Babel/Tim Dosen Penelitian Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.