Enter your keyword

post

Unmuh Babel Siap Membersamai Sekolah Alam Pangkalpinang, Didik Generasi Rahmatan Lilalamin

PANGKALPINANG – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Baturusa Cerucuk (BPDASHL BC) Bangka Belitung dan Yayasan Kembang Ilalang Sekolah Alam Pangkalpinang yang beralamat di Jl. Pandek, Ex Listrik Jerambah Gantung Tua Tunu Indah Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang Selasa(02/11/2021) resmi menandatangani memorandum of understanding ( MoU) tentang kerjasama penyediaan tanaman dalam program penghijauan Sekolah Alam Pangkalpinang. Ketua Fordas Babel yang juga sekaligus Rektor Unmuh Babel juga ikut membersamai dalam kegiatan ini.

Ketua Yayasan Kembang Ilalang Sekolah Alam Pangkalpinang Laila Sari didampingi Kepala Sekolah Alam Pangkalpinang,M.Arifin Sadden menyebut bahwa sekolah ini dibangun di atas area lahan seluas 16 ribu meter persegi. Dan diharapkan pula dengan semakin banyaknya doa serta support dari pemerintah maupun staekholder termasuk perguruan tinggi, maka sekolah ini akan terus berkembang sekaligus mampu mendidik para generasi muda penerus umat dan bangsa yang senantiasa menebar rahmat dan kebaikan bagi seluruh alam.

“Sekali lagi kami menyambut baik atas kegiatan ini, dan kami optimis ini akan menjadi tambahan ilmu baik bagi murid, guru, orang tua dan masyarakat di sekitarnya. Oleh karenanya kami sangat membutuhkan lebih banyak dukungan demi mencapai tujuan sekolah ini yakni mendidik insan yang Rahmatan Lilalamin”tuturnya.

Maman Sudirman selaku Kepala Seksi Evaluasi BPDASHL Baturusa Cerucuk Bangka Belitung menjelaskan bahwa agenda utama dalam silaturahim ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPDASHL Baturusa Cerucuk Bangka Belitung dengan Sekolah Alam Pangkalpinang. Yang bertujuan untuk membina sekolah yang bina cinta lingkungan. Sehingga semua element juga mempunyai tugas yang sama untuk membekali para generasi muda dengan ilmu bahwa 1alam adalah rumah abadi masa depan.

Dengan sudah adanya inisiasi dari pihak Sekolah Alam Pangkalpinang ini, maka BPDASHL Babel juga siap untuk mendukung dan memfasilitasi demi kemajuan sekolah ini. Sehingga salah satu bentuk dukungan yang dilakukan BPDASHL Baturusa Cerucuk Babel adalah dengan menyiapkan berbagai bibit pohon penghijauan, yang ke depan akan membantu menghijaukan lingkungan menjadi lebih, teduh, indah dan asri dan senantiasa menebarkan nilai-nilai kebaikan bagi semua orang.

“Dari sejak dini generasi kita harus dilatih, dibesarkan di lingkungan yang tepat, seperti halnya juga mereka di didik di Sekolah Alam Pangkalpinang ini, yang menut hemat kami unik, punya kelebihan sendiri bukan hanya sekedar menjadi sekolah biasa yang cenderung tidak banyak memberikan nuansa ruhiyah. Karena menjaga kelestarian hutan sama dengan menjaga rumah masa depan,”sebut pria yang akrab disapa Maman ini.

Ketua Fordas Babel yang juga sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri juga mengaku sangat bersyukur dan gembira karena dapat bersilaturahmi langsung dengan keluarga besar Sekolah Alam Pangkalpinang.
”MasyaAlloh setelah mengetahui bahwa anak-anak yang di asuh dan dididik di sini juga ada anak-anak istimewa yang luar biasa dan mereka juga didik dengan kurikulum yang tidak biasa,”sebutnya.

InshAlloh segera menyusul MoU Sekolah Alam Pangkalpinang dengan Unmuh Babel, karena kita punya sdm-sdm khususnya juga di Prodi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) yang juga siap membantu dan mendampingi anak-anak maupun guru di Sekolah Alam Pangkalpinang.
Fadillah Sabri mengaku bangga dengan model maupun formulasi pendidikan yang diterapkan di sekolah ini terutama mampu memadukan pengetahuan lingkungan alam semesta dengan sumber ilmu untuk memperdalam tauhid kepada Alloh SWT.

“Mari niatkan ini semua sebagai ibadah dan amal jariah, serahkan lelah mengurus anak-anak di sekolah ini kepada Alloh SWT sebagai Ahli Dzat yang Maha segala-galanya,”tambahnya lagi.

Demikian juga dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Bangka Belitung, H.Marwan yang juga setuju bahwa konsep atau model pendidikan yang diterapkan di Sekolah Alam Pangkalpinang ini sangat unik. Karena pihak sekolah juga bisa membuktikan bahwa alam bisa menjadi sarana, metode dan strategi untuk mendidik anak-anak bangsa.

“Sebab anak-anak di sekolah ini, sebagian adalah anak-anak istimewa yang memang tidak bisa ditangani oleh sekolah-sekolah biasa, tapi nyata dan mampu dilakukan di Sekolah Alam Pangkalpinang yakni mampu meramu model pembelajaran supaya anak-anak juga nyaman sekaligus terus termotivasi mengasah potensi dalam dirinya,”sebut Marwan.

Ia menilai Sekolah Alam Pangkalpinang mampu memberikan satu model atau metode pembelajaran yang luar biasa. Oleh sebab itu hadirnya sekolah seperti ini sangat perlu di apresiasi agar juga terus termotivasi untuk memberikan manfaat besar bagi umat, bangsa dan negara ini.

”Makanya saya sampaikan juga kepada teman-teman guru di sekolah ini untuk tetap semangat mendampingi anak-anak, sebab kalau sekolah ini semakin terbuktikan bisa memberikan kontribusi lebih baik, maka tentu pemerintah juga pasti akan melirik dan membantu meningkatkan prasarana hingga kesejahteraan gurunya,”tambah. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.