Enter your keyword

post

Unmuh Babel Siap Bantu Bangka Tengah, Tuntaskan Kualifikasi Guru Wajib S-1

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadilah Sabri di dampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Maulina Hendrik serta Wakil Rektor III Gatot Aprianto menyambut hangat atas kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar beserta jajarannya, Kamis(18/02) di Ruang Rapat Rektor. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar disela-sela kegiatan menjelaskan bahwa kunjungan pihaknya ke Unmuh Babel dalam rangka meningkatkan silaturahmi sekaligus berdiskusi terkait pentingnya peningkatan dan pemenuhan kualifikasi guru di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kita berharap kualifikasi guru di Bangka Tengah ke depan akan semakin lebih baik dan terpenuhi, sebab syarat minimal guru itu harus Strata -1 (S-1), sementara kita Bangka Tengah masih ada 228 guru yang belum S-1 yang terdiri dari guru kelas, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan , guru Pendidikan Agama Islam (PAI),’ujarnya.

Oleh karena itu, Iskandar menyebut bahwa Dinas Pendidikan Bangka Tengah menilai perlu untuk melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Universitas Muhammadiyah dalam rangka untuk memenuhi kualifikasi bagi guru-guru yang belum S-1 di Bangka Tengah.
Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah akan menyiapkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangka Tengah untuk memberikan beasiswa kepada guru-guru yang belum S-1 tersebut. Sehingga ini bisa memacu kualifikasi pendidikan guru di Bangka Tengah tidak ada lagi yang belum S-1.

“Kita berharap dengan nantinya bisa menjalankan kerjasama atau PKS ini, maka kita akan bisa memacu guru-guru kita di Bangka Tengah semua harus terkualifikasi S-1. Kita akan berikan mereka kesempatan sekaligus mampu mencapai target menyelesaikan pendidikan S-1nya sesuai dengan yang diatur oleh Pemerintah Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan Bangka Tengah. Sehingga ini artinya kita ingin nanti guru-guru yang kita sekolahkan ini memang benar-benar orang yang serius, tidak main-main untuk menyelesaikan target pendidikan S-1nya lebih cepat,”harap Iskandar lagi.

Iskandar juga memastikan bahwa program ini akan segera dilaksanakan di tahun akademik 2020/2021.Namun ia juga berharap di 2022 akan ada kebijakan baru lagi dari Bupati Bangka Tengah terpilih untuk menganggarkan lagi untuk pelaksanaan program kualifikasi guru ini.
“ InshaAlloh kalau ditambah lagi oleh pak bupati, maka kita yakin kualifikasi pendidikan bagi guru-guru kita yang belum S-1 ini akan lebih cepat lagi selesainya dan setelahnya baru kita memikirkan untuk jenjang pendidikan Strata -2 (S-2),”tambah Iskandar lagi.
Iskandar juga mengaku mendukung penerapan konsep pendidikan yang di gagas oleh Kemendikbud yakni Merdeka Belajar. Karena ini akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa dan guru untuk menyalurkan inovasi dan kreatifitasnya lebih baik lagi .

Namun merdeka belajar bukan berati bisa semaunya atau kata orang Bangka sekenek-kenek , tetapi harus mematuhi sesuai aturan yang ada , sebab kemerdekaan ini juga diberikan untuk terus menumbuhkan inovasi-inovasi dan kreatifitas baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Untuk Bangka Tengah kami pun juga sudah mengkaji, mempelajarinya semua, konsep pendidikan Merdeka Belajar ini, sebab ini sekaligus juga menyesuaikan dengan kondisi tuntuntan atau kebutuhan zaman globalisasi yang begitu sangat masif dan super cepat ini,”tambah Iskandar lagi.

Sementara itu, Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri bahwa Unmuh Babel merupakan kampus yang akan terus berkomitmen penuh untuk merealisasikan 5 nilai-nilai dasar keunggulan Kampus Unmuh Babel yakni Keislaman, Keindonesian,Kekinian,Kedisinian dan Kemasadepanan. Dengan senantiasa menjunjung tinggi terhadap 5 nilai-nilai dasar ini , maka Unmuh Babel pun akan mampu mewujudkan cita-cita menjadi Kampus Berkemajuan dan Mencerahkan.

Unmuh Babel memang ada di Bangka Tengah , tetapi resolusi besarnya adalah mampu merubah Indonesia, sebab merubah Indonesia tidak harus berpatokan di ibukota atau Jakarta ataupun merubah Indonesia tidak harus pula keluar Bangka Belitung, sebab tidak ada yang tau bahwa kita bisa akan merubah Indonesia dari Kampus Unmuh Babel yang ada di Desa Mangkol Pangkalan Baru ini.

“Saya selalu berprinsip bahwa kita harus terus membangun dan memberikan kemanfaatan yang terbaik dari diri kita untuk Bangka Belitung, tetapi konteks ini bukan hanya membangun fisik tetapi juga membangun kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena membangun fisik mungkin tidaklah sulit, namun membangun SDM itu butuh perjuangan yang luar biasa,”tambah dosen yang juga sekaligus tokoh pendidikan Babel yang telah ikut menggagas perjuangan bersama para tokoh pendidikan Babel lainnya hingga berdirinya sejumlah perguruan tinggi di Babel seperti Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman), Universitas Bangka Belitung (UBB) , Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah hingga resmi menjadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada 2020 lalu.

Sekarang Unmuh Babel pun telah berdiri sejak dan membuka diri seluas-luasnya untuk terus bersama-sama meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Bangka Belitung . Unmuh Babel merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Babel yang memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).Sehingga tak mengherankan jika setiap tahun, FKIP selalu menjadi fakultas dengan jumlah calon mahasiswa terbanyak.

”Makanya melalui 5 nilai dasar Unmuh Babel tadi lah yang akan menjadi pondasi bagi semua SDM sivitas akademika Unmuh Babel untuk melaksanakan tugas dan mencapai visi-misi kampus Unggul berkelas internasional tahun 2030. Kampus Unmuh Babel juga akan menjadi mampu yang mewujudkan ciri khas dan konsistensinya terhadap nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan. Salah satunya adalah bahwa semua pegawai termasuk dosen wajib bisa mengaji.Sehingga untuk yang belum bisa mengaji maka tetap akan mendapatkan pembinaan sampai tuntas dan bisa mengaji dan mengkaji Al-Qur`an dengan sebaik-baiknya,”dorong dosen Ilmu Teknik Sipil sekaligus Mubalig Bangka Belitung ini.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.