Enter your keyword

post

Unmuh Babel Gencar PMB dan Cari 10 Siswa Berprestasi Terbaik, Kuliah dan Raih Cita-Cita

Tim Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik (TA) 2020/2021 Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Senin (01/02) kembali melaksanakan kunjungan dan silaturahim ke berbagai sekolah tingkat menengah atas (SMA)/ sederajat di berbagai kabupaten di Bangka Belitung seperti, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Induk.

Rektor Unmuh Babel, Fadilah Sabri,S.T.M.Eng pun membenarakan perihal ini. Ia menyebut bahwa sejumlah panitia PMB Unmuh Babel yang tersebar di berbagai wilayah di Bangka Belitung memang sedang gencar melaksanakan sosialisasi PMB TA 2020/2021.

”Ya teman-teman semuanya memang kami instruksikan untuk turun langsung ke lapangan dalam melaksanakan silaturahim sekaligus untuk mensosialiasi PMB TA/2020/2021. Dan tentu saja mengingat kondisi kita yang masih berada di tengah pandemi covid-19, sehingga semua aktivitas kita juga sangat memperhatikan dan mematuhi protokol covid-19 ketat,”ujarnya.

Ia mengaku bersyukur sekali, karena ternyata hasil dari laporan yang ia terima dari sejumlah tim panitia PMB Unmuh Babel TA 2020/ 2021 . Semua sekolah yang di kunjungi, sangat menyambut baik.Bahkan mereka juga ingin tau lebih banyak mengenal Unmuh Babel.

Apalagi yang paling menarik adalah, Unmuh Babel juga mengajak pihak sekolah untuk memberikan informasi data-data anak-anak didik mereka kelas XII (Kelas-12) sebanyak 10 orang yang memang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Karena Unmuh Babel akan memberikan kepada siswa berprestasi mendaftar kuliah di Unmuh Babel tanpa jalur test dan biaya pendaftaran. Apalagi kalau ada yang ternyata berprestasi sampai di tingkat nasional atau internasional, maka kita bebaskan mereka kuliah di Unmuh Babel tanpa perlu memikirkan biaya, hingga sampai studi selesai.

”Ini sekaligus sebagai apresiasi kami Unmuh Babel terhadap dunia pendidikan, sekaligus perhatian khususnya untuk anak-anak berprestasi yang memang terbatas dalam hal biaya pendidikan, sehingga mereka bisa mendapatkan kesempatan dan hak menempuh pendidikan setinggi-tingginya, dan mencapai cita-citanya. Ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam program mencetak minimal 1 desa 1 sarjana, bahkan kalau bisa ya sebanyak-banyaknya ”tambah Fadilah Sabri lagi.

Tak menampik, Rektor Unmuh Babel berharap, dari hasil turun langsung ini, di tahun akademik 2020/2021 Unmuh Babel akan mampu mencapai target sesuai yang telah ditentukan bahkan lebih. Disamping itu dengan pendekatan yang masif ini, maka akan berimbas baik kepada Unmuh Babel untuk lebih dekat kepada masyarakat dan terjalin hubungan kerjasama atau kemitraan yang semakin erat ke depannya.

Ia juga menjelaskan bahwa Unmuh Babel merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah. Unmuh Babel juga merupakan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bangka Belitung yang berdiri secara resmi pada 22 November 2011 dengan 2 program studi.Yakni, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

Kemudian pada 26 Mei 2017, STKIP resmi menambah 4 prodi baru yakni Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Dan setelah resmi menjadi Unmuh Babel pada 2 September 2020, dengan 2 fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Prodi PGSD, PJKR, PMTK, dan PBI sedangkan Fakultas Teknik dan Sains (FTS) dengan 3 prodi yakni Teknik Sipil dan Sains, Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dan Ilmu Komputer.

Unmuh Babel ingin menjadi pusat keunggulan (centre of excellence) yang mampu mencetak para sarjana yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah yang mampu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dan menggerakkan perubahan sosial.

“Unmuh Babel berkomitmen melahirkan lulusan atau sarjana yang mampu memadukan kekuatan Iman, Ilmu dan Amal yang berlandaskan 5 nilai dasar, yakni Keislaman, keIndonesiaan,Kekinian, Kedisinian dan Kemasadepanan,”ujar tokoh Mubalig Bangka Belitung yang satu ini.

Sejalan dengan kebijakan Majelis Diktilitbang Muhammadiyah, Unmuh Babel diharapkan mampu menjadi agen perubahan sosial di tingkat lokal, sehingga hasil lulusan Unmuh Babel dituntut untuk peka terhadap kondisi sosial budaya, politik, ekonomi dan keagamaan serta lingkungan hidup di daerahnya, karena selalu ada interaksi antara Unmuh Babel dan masyarakat di sekitarnya ( konsepsi Al-ma`un).
Dalam bidang keagamaan, Unmuh Babel diharapkan mampu melakukan gerakan pembaharuan (tadjid) yang menjadi ciri khas gerakan Muhammadiyah. Dengan melakukan modernisasi Islam di tingkat lokal dan dapat mencerahkan masyarakatnya.

“ Sudah menjadi komitmen penuh bagi kami untuk terus membawa Unmuh Babel menjadi universitas yang mampu membawa corak Islam lokal dalam gerak modernitas yang berkemajuan tanpa menghilangkan corak lokal tersebut. Setiap sivitas akademika Unmuh Babel juga harus dapat menyerap informasi tentang perkembangan pendidikan modern dan wacana Islam lokal melalui penelitian dan kajian,”harap dosen yang juga mengasuh mata kuliah Teknik Sipil ini.(Humas/ Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.