Enter your keyword

post

Unmuh Babel dan STIKES Citra Delima “Duet” Kuatkan Skill Bahasa Asing Bagi Nakes

Unmuh Babel dan STIKES Citra Delima “Duet” Kuatkan Skill Bahasa Asing Bagi Nakes

PANGKALANBARU – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung Fadillah Sabri,S.T.,M.,Eng dan Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKES) Citra Delima Bangka Belitung Dr.dr.H. Hendra Kusumajaya,M.Epid, Kamis ( 14/10/2021) secara resmi menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding ( MoU) tentang Pendidikan, Pengabdian dan Penelitian. Penandatangan berita pun acara dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat Unmuh Babel.

Rektor Unmuh Babel di sela-sela acara mengaku menyambut baik atas tercapainya kesepakatan kerjasama antara Unmuh Babel dan STIKES Citra Delima Bangka Belitung. Karena Unmuh Babel akan selalu siap bermitra dengan semua pihak dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pembelajaran,penelitian, pengabdian sekaligus mensukseskan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan melalui Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) menuju Indonesia Emas 2045.

Fadillah mengaku optimis, dengan sumberdaya manusia profesional dan berkompeten dalam penguasaan bahasa asing seperti bahasa inggris maupun bahasa arab, maka Unmuh Babel akan siap membantu, melakukan pendampingan kepada dosen dan mahasiswa khususnya di STIKES Citra Delima Bangka Belitung maupun tenaga kesehatan (Nakes) di Babel secara umum yang memang ingin mengembangkan kompetensinya dari sisi teknis ilmu dan teknologi kesehatan maupun skill penguasaan bahasa asing.

”InshAlloh kita siap melakukan pendampingan khususnya untuk penguasaan bahasa asing bagi tenaga kesehatan di Babel. Dan semua ini adalah ikhtiar kita bersama untuk membangun dan memajukan kehidupan agama, bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan yang dicitakan-citakan selama ini dan menjadi amanah undang-undang dasar 1945,”tambah Rektor yang juga didampingi Maulina Hendrik selaku Wakil Rektor II Unmuh Babel Bidang Perencanaan Keuangan,SDM, Hukum dan Umum,Gatot Aprianto,S.Sos.i selaku Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Unmuh Babel

Sementara itu, Ketua STIKES Citra Delima Bangka Belitung, Dr.dr.H. Hendra Kusumajaya,M.Epid mengaku bahwa kerjasama antara Unmuh Babel dan Stikes Citra Delima ini memang dilaksanakan dalam rangka melaksanakan tugas pendidikan, penilitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan institusi.

“Emplementasi dari kegiatan yang kita lakukan ini nantinya dapat kita tuangkan dalam bentuk pertukaran dosen maupun mahasiswa untuk menguatkan skill bahasa asing seperti bahasa inggiris maupun bahasa arab, karena memang 2 (dua) kecakapan berbahasa ini sangat penting bagi para tenaga kesehatan (Nakes) kita dalam menghadapi era persaingan di era global 4.0 menuju 5.0 yang semakin ketat,”ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung tersebut.

Dr.dr.Hendra Dr.dr.H. Hendra Kusumajaya,M.Epid juga optimis bahwa dengan telah dilakukan penandatangan nota kesepahaman ini, maka akan banyak hal yang dapat dilakukan oleh kedua lembaga pendidikan tinggi ini.

Apalagi jumlah jurnal penelitian yang berhasil di dapatkan oleh Unmuh Babel sudah banyak sekali, makanya STIKES Citra Delima ingin agar kemitraan ini juga dapat menjadi langkah untuk terus sama-sama belajar.

“Ini juga bagian dari ikhtiar kita mempersiapkan kualitas SDM kita yang akan siap berbakti demi mempercepat pembangunan bangsa terutama dalam bidang kesehatan. Sebab kalau sumberdaya manusianya sehat maka InshAlloh negara ini pun akan kuat dan mampu mencapai cita-cita bangsa yakni terwujudnya masyarakat bangsa yang sehat, adil, makmur dan sejahtera,”dorong dr. Hendra yang juga didampingi sejumlah jajarannya.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Unmuh Babel, Pratiwi Amelia, M.Pd.B.I juga menyatakan siap mendukung, mendampingi dan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan dari STIKES Citra Delima Bangka Belitung, terutama dalam menyiapkan sdm kesehatan yang juga harus memiliki skill lebih baik termasuk dalam penguasaan bahasa asing seperti bahasa inggris dan bahasa arab.

Hal ini menjadi kunci untuk bagi para SDM tenaga kesehatan untuk mampu menguasai berbagai perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan yang seluruh menggunakan bahasa asing, sekaligus juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di era digital ini.

“Di era sekarang ini, memang yang namanya kemampuan menguasai bahasa asing sangatlah penting, termasuk dalam bidang kesehatan. Tenaga-tenaga kesehatan kita sebenarnya sangat berpeluang, mengembangkan karier dan keilmuannya dalam bidang kesehatan hingga ke luar negeri termasuk di sejumlah negara jazirah arab, makanya kita harus memperkuat ini semua dengan terus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan bahasa asing,”dorong kandidat calon doktor Pendidikan Bahasa Inggris Unmuh Babel ini. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.