Enter your keyword

post

TPM Unmuh Babel Gandeng Pokdarwis, Siap Berdayakan Keunikan Potensi Dusun Pejem

PANGKALPINANG – Program Desa Binaan yang merupakan salah satu program unggulan milik Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung memang telah terbukti mampu memberikan kesempatan kepada para dosen – dosennya untuk melaksanakan chaturdarma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian dan kebermanfaatanya kepada masyarakat.

“Program Desa Binaan bertujuan untuk membantu masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi daerah tersebut. Dengan melihat potensi-potensi yang dimiliki daerah dan masyarakatnya maka kegiatan-kegiatannya pun akan menyesuaikan,”ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) Unmuh Babel, Diana Pramesti, M.Pd.

Diana juga menambahkan, bahwa pihaknya mengambil kesempatan yang sangat baik ini untuk melakukan pengabdian sekaligus terus menebarkan kebermanfaatan bagi kepada masyarakat khususnya di Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka yang merupakan salah satu yang masuk dalam Program Desa Binaan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

Dusun Pejem menjadi target pengabdian Program Desa Binaan Unmuh Babel, karena dusun yang terletak di utara pulau Bangka yang menyimpan banyak keunikan dan potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai nilai jual.

“Banyak Potensi yang dapat dikembangkan di daerah ini, mulai dari potensi wisata, kuliner dan budaya. Sehingga tentu saja ke semua potensi tersebut dapat membantu dan membangkitkan perekonomi Dusun Pejem,”ujar Diana.

Sasaran pengabdian ini adalah masyarakat Dusun Pejem yang memiliki usaha rumahan seperti pembuatan kerupuk atau kemplang ikan yang dibuat dengan menggunakan teknik mereka sendiri. Tim pengabdian akan membantu para masyrakat dalam proses pengemasan agar terlihat menarik dan bernilai jual.

“Dan tidak sampai situ, masyarakat Pejem ini juga akan dilatih bagaimana memasarkannya agar penjualan tidak hanya diseputaran Dusun Pejem tetapi juga bisa menjangkau daerah lainnya di Pulau Bangka atau bahkan Belitung,”tambah Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unmuh Babel ini.

Diana mengaku bersyukur karena, para tim pengabdian dosen juga bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Sadar Pariwisata (POKDARWIS) daerah setempat dan didukung oleh Dinas Pariwisata untuk membantu sektor wisata Dususn Pejem.

Terlebih pihak Dinas Pariwisata pun terus mendorong untuk menyediakan website yang dapat digunakan untuk mempromosikan Dusun Pejem dari berbagai bidang seperti wisata, industri rumahan, dan kegiatan adat budaya.

Penggunaan website digunakan dengan tujuan sebagai saran promosi atau wadah bagi masyarakat untuk memperkenalkan daerah dan juga penjualan hasil industria rumahan mereka. Sehingga kearifan lokal Dusun Pejem dapat dikemas dan dilihat pada satu wadah website yang akan memberikan banyak informasi terkait dusun.

“Sekali lagi kita sangat berharap melalui kegiatan ini, dapat menjadi upaya para semua pihak untuk membantu memajukan daerah-daerah yang belum mendapatkan perhatian dari khalayak ramai,”ujar Diana optimis.(Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.