Enter your keyword

post

Tokoh Profesional dan Pakar Ahli di Babel, Transper Ilmu Kepada MABA Unmuh Babel Dalam MATAKA

PANGKALANBARU – Sejumlah tokoh profesional dan pakar ahli di Provinsi Bangka Belitung terus ikut memberikan support kepada Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel). Perguruan tinggi yang telah berusia 10 tahun pada 26 Agustus 2021 ini diminta terus eksis berbuat demi mencerahkan dan memajukan masa depan para generasi muda di Provinsi melalui bidang pendidikan.
Sebagai salah supportnya maka beberapa tokoh dan pakar ahli di Bangka Belitung tersebut pun ikut terlibat dalam memberikan pembekalan, pelatihan dan pendampingan kepada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung Tahun Akademik 2021/2022 yang mengikuti kegiatan Masa Ta`Aruf Kampus (MATAKA) dari tanggal 13 – 15 September 2021.

Para tokoh profesional dan pakar ahli tersebut antara lain Pasiter Mayor Chb Nawawi dari Korem 045 Garuda Jaya Bangka Belitung, Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Ervawi, S.Pd., M.Pd, M.M., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Drs. Sudarman, MMSI, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroan Terbatas Bumi Bangka Belitung Sejahtera (PT. B3S) Prof. H. Saparudin, M.T dan lainnya.

Pasiter Mayor Chb Nawawi dari Korem 045 Garuda Jaya Bangka Belitung, memberikan pembekalan materi kepada dalam kegiatan Masa Ta’Aruf Kampus( MATAKA) Mahasiswa Baru Unmuh Babel Tahun Akademik 2021/2022. Ia mendorog para mahasiswa sebagai generasi muda penerus umat dan bangsa untuk memiliki karakter-karakter yang baik.

Oleh sebab itu, ia optimis bahwa Mataka Unmuh Babel ini adalah salah satu upaya memberikan pembekalan atau pembinaan dasar bagi para mahasiswa agar semakin termotivasi, semangat kerja keras menggapai cita-citanya dan karier yang gemilang di masa depan.
” Anak-anak mahasiswa sebagai generasi penerus umat dan bangsa harus bisa mengembangkan nilai-nilai budaya lokal kearifan kita, mencintai produk-produk dalam negeri, punya semangat membela negara dan sebagainya,”tambah Nawawi.

Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Ervawi, S.Pd., M.Pd, M.M., juga memberikan pembekalan materi sekaligus mengajak khususnya kepada mahasiswa baru Unmuh Babel tahun 2021/2022 yang akan segera menjalani kehidupannya di kampus agar senantiasa mempunyai tekad dan semangat, pantang menyerah dalam menjalankan perkuliahan.

“Kadang mahasiswa baru ini, kalau disuruh dosennya sedikit saja, justeru sudah mengeluh, banyak putus asa , tugasnya banyak , fisiknya juga lemah. Padahal fisik lemah itu tergantung dari niatnya. Oleh karena itu mahasiswa sangat penting untuk memiliki growth mindst yakni kekuatan tersendiri dalam dirinya guna mencapai cita-cita cerah di masa depan.

“Melalui Mataka ini adalah salah satunya, upaya kita dari Diknas Pendidikan Babel bersama Unmuh Babel untuk ikut membina, mendorong growth mindst kepada mahasiswa agar punya karakter moral yang baik , bagus, jujur dan religius,”dorongnya.

Sebab, apabila semua ini sudah dimiliki, maka kesehatan moral dan kesehatan mental itu akan datang, dan dampaknya juga akan menumbuhkan semangat dan kegigihan untuk sukses menyelesaikan masa tugas kuliah di kampus sesuai target.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Drs. Sudarman, MMSI dalam materi pembekalan yang diberikannya kepada mahasiswa baru peserta Mataka Unmuh Babel menyampaikan akan pentingnya memperhatikan etika dan aturan dalam dunia digital, karena penerapan etika dan aturan dalam peradaban digital tidak hanya sebatas pada norma berinternet yang baik, aman dan santun tetapi juga masuk dalam ranah hukum.

Di Indonesia pelanggaran terhadap penyalahagunaan teknologi informasi dapat dikenakan saksi sesuai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-undang nomor 11 tahun 2008 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum.

“Bijak bermedsos itu adalah bagaimana menggunakan media sosial untuk menyalurkan ide kreatif dan bahkan bisa menghasilkan nilai dalam bentuk hasil karya inovasi yang positif.Karena makin inovatif, maka makin bagus dan tentu tidak melenceng dari norma-norma yang ada,”ujar doktor Administrasi Publik ini.

Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroan Terbatas Bumi Bangka Belitung Sejahtera (PT. B3S) yang juga sekaligus pakar ahli informasi teknologi Bangka Belitung, Prof. H. Saparudin, M.T., Ph.D yang juga mengajak kepada para mahasiswa baru memahami pentingnya menguasai tentang literasi digital.

Hal ini sangat penting karena dunia saat ini sudah memasuki era digital, era revolusi industri 4.0 yang intinya adalah revolusi industri menuju digitalisasi, era knowledge-based economy dan sebagainya.

Ada dampak baik dan buruk digitalisasi, salah satu dampak buruknya adalah hoaks. Ada beberapa macam-macam tujuan orang membuat dan menyebarkan hoaks diantaranya untuk kejahatan, memengaruhi orang, popularitas dan sebagainya.

Akses pengguna ke jaringan internet jumlahnya semakin banyak dan media digital saling terhubung satu sama lain, sehingga terjadi banjir informasi (information flood) serta produksi dan penyebaran konten negatif.

“Mahasiswa sebagai agent perubahan juga harus cerdas dan bijak memfilter berbagai informasi hoaks (palsu) yakni dengan cerdas memilih konten informasi yang sesuai fakta atau data dari sumber yang akurat dan terpercaya,”dorong Prof.Saparudin lagi.

Harus mengetahui siapa yang mengirimkan informasi tersebut. Dan bisa dipastikan bahwa orang yang dipercaya memang kompeten termasuk alamat situs sumber informasi tersebut. Harus check and rechek dari beberapa sumber. Sekaligus senantiasa selektif dalam memahami konteks informasi tersebut memang perlu disebarkan atau tidak ? Sekaligus harus mengetahui manfaat dam mudaratnya apabila informasi tersebut disebarkan.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng didampingi Ketua MATAKA Unmuh Babel Tahun Akademik 2021/2022, Ayen Arsisari,M.Pd. dan tim juga mengaku mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan kegiatan MATAKA Unmuh Babel ini.

”Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh para tenaga profesional maupu pakar ahli yang telah memberikan pembekalan dan transper ilmu bagi mahasiswa baru Unmuh Babel dalam kegiatan MATAKA TA.2021/2022. Semoga kerjasama kita setelah ini akan semakin terjalin lebih baik dalam rangka mencapai tujuan yang sama yakni mendidik generasi penerus umat, bangsa dan negara yang berakahlak mulia, cerdas dan memiliki masa depan yang gemilang,” tambah Fadillah Sabri dosen Ilmu Tekhnik Sipil ini.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.