Enter your keyword

post

Tim Pengabdian Dosen Unmuh Babel,Rangkul Anak Batu Beriga Cinta Lingkungan & Tanam Mangrove

BATU BERIGA BANGKA TENGAH – Tim Pengabdian Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung mengadakan kegiatan Character Building Training (CBT),Sabtu(31/07/2021). Ketua Pengabdian Dosen Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung, Nurjannah,M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan daya saing anak Pesisir Desa Batu Beriga, Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam kesempatan ini juga turut dihadiri Bapedda Kabupaten Bangka Tengah dan puluhan anak-anak desa Batu Beriga Bersama Komunitas Sekolah Inspirasi dalam melaksanakan aksi menanam mangrove di Pantai Gusong Desa Batu Beriga Bangka Tengah.

“Aksi menanam mangrove yang kami lakukan ini, guna untuk mengenalkan pentingnya menjaga hutan mangrove dan lingkungan sekitar kepada anak-anak pesisir sebagai generasi penerus demi kelangsungan kehidupan pesisir mencegah terjadinya abrasi dan erosi, salah satunya adalah dengan melakukan aksi, menanam mangrove,”ujarnya Nurjannah,M.Pd selaku ketua Pengabdian Dosen Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung.

Ia menambahkan bahwa aksi menanam mangrove ini, juga diharapkan dapat terus memotivasi para generasi muda, khususnya anak-anak pesisir Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, sehingga akan tumbuh pemahaman dan kesadaran yang lebih baik akan pentingnya fungsi hutan pohon mangrove sebagai solusi untuk menahan terjadinya abrasi pantai sekaligus juga sebagai bagian dari ekosistem laut yang bermanfaat untuk makhluk hidup.

Selain melakukan penanaman mangrove, sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan Character Building Training (CBT) untuk Meningkatkan Daya Saing Anak Pesisir Batu Beriga yakni dengan pemberian motivasi kepada anak-anak pesisir untuk meningkatkan daya saing, serta pemberian training karakter dengan memperkenalkan sikap dan karakter kecintaan lingkungan kepada anak-anak pesisir.

Nurjannah juga mengaku optimis, melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat terus menjadi ikthiar berkelanjutan dalam membentuk karakter anak pesisir desa Batu Beriga khususnya, agar semakin memiliki kesadaran dan semangat tinggi dalam menjaga lingkungan pesisir.

“Serta kita juga ingin menumbuhkan semangat bersaing dan menghasilkan karya-karya terbaik anak pesisir. Dan kami juga mengapresiasi kepada Kepala Desa Batu Beriga berserta seluruh timnya yang telah membuka dan mensupport penuh kegiatan ini,”tambah Nurjanah optimis seraya diamini tim pengabdian dosen Unmuh Babel lainnya yang juga mendampinginya.(Humas/ Tim Pengabdian Dosen Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.