Enter your keyword

post

Sri : Terimakasih Prof. Abdul Mu`ti Atas Hadiah Buku “ Toleransi Yang Otentik” dan “Pluralisme Positif” Untuk Perpustakaan Unmuh Babel

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed, menyerahkan 2 (dua) set berjudul “ Toleransi Yang Otentik” dan “Pluralisme Positif”, bagi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel membidangi Majelis Ekonomi, Kewirausahaan dan Majelis Wakaf dan Kehartabendaan, H.Warsangka yang juga sekaligus merupakan Bendahara Badan Pimpinan Harian (BPH) Unmuh Bangka Belitung kepada Kepala Perpustakaan Unmuh Babel, Sri Sugiarti, Senin (15/03) siang di Perpustakaan Unmuh Babel Lantai III (tiga).

“ Jadi saya diamanahkan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed untuk menyampaikan 2 set buku terbaik dan terbaru dari hasil karya beliau. Sebelumnya buku ini di kirim langsung oleh beliau melalui layanan paket ekspress langsung alamatnya ke rumah saya dan saya diminta beliau selanjutnya menyerahkan kepada Perpustakaan Unmuh Babel, supaya bukunya terus bermanfaat,”jelas Warsongko.

Warsongko menilai buku yang ditulis oleh Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed yang juga merupakan dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (2004 – sekarang) dan Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (1993 – 2014) ini memang sangat menginspirasi bagi semua orang untuk memahami pentingnya toleransi. Sebab toleransi dalam Islam, tentu sudah sangat jelas aturannya.

“ Kita diperintahkan tetap baik kepada siapa pun, bahkan yang namanya Perguruan Tinggi Muhammadiyah, seperti contohnya di Indonesia bagian timur yang justeru mayoritas mahasiswanya adalah pun non muslim. Sehingga Muhammadiyah tidak perlu di ajari lagi soal ini, sedangkan untuk urusan agama dalam Surat Al Kafirun ayat 6 yang berbunyi Lakum dhinukum Waliyadin artinya “Bagimu Agamamu dan Bagiku Agamaku. Sehingga Muhammadiyah itu memang sudah khatam terkait dengan toleransi yang otentik ini,”sebutnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha yang satu ini, bahwa Provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu contoh yang masyarakatnya dari berbagai agama, suku, ras yang mampu menjaga nilai-nilai toleransi dan hidup berdampingan
“Makanya supaya bertambah wawasan dan pemahaman tentang pentingnya toleransi, wajib baca buku Prof. Mu`ti ini. Sehingga selanjutnya akan bisa di emplementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita di Indonesia ini, di Bangka Belitung dan terkhusus di Unmuh Babel,”ajaknya.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Unmuh Babel, Sri Sugiarti juga mengaku sangat bersyukur sekaligus berterimakasih dan senang karena mendapatkan kiriman langsung koleksi buku hasil karya terbaik yang inspiratif dari seorang Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed.

“Bagi kami ini sekaligus merupakan bentuk perhatian dari Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed khususnya untuk Perpustakaan Unmuh Babel.Bahkan ini juga bentuk kepedulian beliau sesama warga Muhammadiyah. Karenanya saya yakin sekali kalau buku ini tidak saja bagus, inspiratif tetapi juga akan mampu menjadi tambahan refrensi di Unmuh Babel untuk kegiatan pembelajaran dalam aktifitas perkuliahan,”tambah kandidat calon doktor di salah satu kampus ternama di Yogyakarta ini.

Menurutnya, buku dengan judulnya toleransi yang otentik dan pluralisme yang positif ini jelas sangat menarik, terlebih saat ini nilai-nilai toleransi justeru masih mengalami hambatan bahkan makin memudar .”Makanya kita butuh buku ini untuk menambah wawasan kita tentang pentingnya menjaga nilai-nilai toleransi khususnya di Babel. Dan buku ini juga sangat bermanfaat untuk dijadikan refrensi pembelajaran dalam mendukung kelancaran aktivitas perkuliahan di Babel,”tambah mantan wartawan senior Bangka Belitung yang satu ini.

Ia sekali lagi mengaku mengucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya untuk Prof.Dr.Abdul Mu`ti,M.Ed atas hasil karya terbaiknya ini sekaligus pula berkenan membaginya untuk Unmuh Babel. Sebabnya buku ini pun akan langsung di masukan ke data base Perpustakaan Unmuh Babel.

Buku ini sangat penting karena di semua perguruan Muhammadiyah baik dalam maupun luar negeri. Tapi kehadiran kampus-kampus Muhammadiyah, mampu menjadi contoh konkrit sebagai kampus toleransi. Termasuk di Unmuh Babel, yang tidak pernah menolak mahasiswa dari non muslim atau etnis tertentu. Dari sabang sampai merauke semua ada di kampus Muhammadiyah.

“Kita terima mereka dengan senang hati. Sebab mereka yang berkuliah di kampus ini tidak mesti hanya dari mahasiswa yang beragama Islam saja.Makanya sekali lagi buku ini sangat pas sekali mengambarkan nilai-nilai toleransi yang akan selalu kita jaga dan junjung di Babel khususnya Unmuh Babel,”tambah Sri seraya juga menyebut bahwa Perpustakaan Unmuh Babel hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 6000 judul buku dan sudah terakreditasi “A”.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.