Enter your keyword

post

Sosialisasi Kesehatan Oleh KPM Pangkalpinang, Disambut Antusias Warga Unmuh Babel

PANGKALANBARU – Klinik Pratama Muhammadiyah (KPM) Pangkalpinang yang beralamat di Jl.Masjid Muhajirin Jl. Balai Kota Pangkalpinang ini, telah diresmikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah,Prof.Dr.H.Haedar Nashir,M.Si, pada 16 Agustus 2021 dengan disaksikan oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung,H.Erzaldi Rosman dan Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung yang juga sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung,Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng.

Peresmian Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang yang juga dihadiri seluruh unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Bangka Belitung,Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Majelis, Ortom dan AUM.

Pasca dilaunching, Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang pun terus melakukan pendekatan maupun pelayanan kepada masyarakat di Pangkalpinang dan sekitarnya. Hal ini juga dilakukan oleh crew Klinik Pratama Pangkalpinang dengan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan Klinik Pratama Pangkalpinang, Senin (27/09/2021) yang berlangsung di Gedung Rektorat Unmuh Babel.

Wakil Rektor III Unmuh Babel yang juga merupakan Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang, Gatot Aprianto menyampaikan apresiasi bahwa kepada tim Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang yang telah sukses melaksanakan kegiatan ini di lingkungan kampus Unmuh Babel. Apalagi kegiatan ini juga mendapatkan sambutan yang cukup bagus dari seluruh warga Unmuh Babel.

”Alhamdulilah tadi saya lihat kalau teman-teman kita dosen maupun pegawai Unmuh Babel sangat memanfaatkan sekali kesempatan ini, untuk melakukan pengecekan kesehatannya mulai dari pemeriksaan gula darah, kesehatan gigi dan sebagainya,”ujar Gatot.

Ia menyebut bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi kesehatan sekaligus memperkenalkan kehadiran Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang termasuk kepada para pegawai, dosen, dan mahasiswa.

”Ini adalah sosialisasi kesehatan dan pengobatan di Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang. Termasuk kita juga mengajak kepada warga Unmuh Babel untuk mengalihkan layanan BPJSnya ke Klinik Pratama Pangkalpinang, InshAlloh kami siap memberikan pelayanan yang terbaik,”ujar Gatot.

Sementara itu, Manager Operasional Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang, dr.Marisa Samosir mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi kesehatan sekaligus pengenalan KPM Pangkalpinang di Kampus Unmuh Babel.

“Alhamdulilah tadi kami lihat antusiasnya warga Unmuh Babel cukup bagus untuk memeriksakan kesehatannya.Sehingga saya optimis bahwa warga Unmuh Babel ini memang sdm-sdm yang rajin memeriksakan dan artinya juga sangat peduli terhadap masalah kesehatan,”sebut dr.Marisa.

Ia menyebut bahwa, pemeriksaan kesehatan secara rutin itu merupakan salah satu langkah atau ikhtiar yang baik, sehingga akan menjadi lebih siap untuk melakukan penanganan secepatnya apabila terjadi suatu hal atau sakit. Kesiap siagan semacam ini penting sekali sebelum semuanya terlambat. Ingatlah pesan bijak para orang tua kita dulu, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati,”ujar dr.Marisa.

dr. Marisa juga kembali menjelaskan bahwa, Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang merupakan pusat layanan kesehatan dengan konsep Islami pertama di Pangkalpinang yang siap memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada keluarga persyarikatan Muhammadiyah maupun masyarakat umum di Pangkalpinang dan sekitarnya.

Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang siap memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan layanan untuk kesehatan ibu dan anak, kesehatan pada remaja, lansia, layanan kesehatan gigi dan sebagainya. Pelayanan dibuka setiap hari Senin – Sabtu kecuali Ahad dan libur nasional.

Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang sudah menyiapkan tenaga medis, yakni 4 dokter umum 2 dokter gigi, 2 perawat, 1 apoteker dan 1 asisten apoteker. Termasuk juga mempunyai dokter spesialis paru, spesialis kulit, spesialis penyakit dalam dan spesialis anak.”Kami akan terus berupaya semaksimalkan mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”ujarnya.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang sudah menyiapkan alur peyalanan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tenaga kesehatan Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang nantinya, tidak melakukan layanan dalam ruangan untuk melayani para pasien, tetapi akan melakukan sistem pemeriksaannya di luar ruangan sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan, termasuk untuk ruang administrasi.

Termasuk nanti kepada para pasien akan kita terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan anamnesa, sehingga nantinya apabila ada mengarah ke arah Covid-19, maka dilakukan swab, hingga kalau hasilnya positif akan langsung dirujuk ke rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang. Termasuk juga untuk pelayanan pengecekan darah, kita hanya menyediakan guladarastik, kolesterol dan asam urat. Sehingga apabila dibutuhkan untuk pemeriksaan lebih lengkap kita bekerja sama dengan rumah sakit mitra.

“Sekali lagi semoga kehadiran Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang ini sekaligus menjadi ikhtiar kita bersama untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat dan semakin membangkitkan semangat kita semua untuk lebih fokus beribadah. karena memang lokasinya klinik ini berdampingan langsung dengan Masjid Muhajirin Pangkalpinang,” ujar dr Marisa optimis.
Ia seraya menginformasikan bahwa bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut maka dapat juga memfollow melalui Instagram @klinikmuhammadiyahpkp.(Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.