Enter your keyword

post

Rektor Unmuh Babel Siap Dukung Suksesnya Peringatan Kehati 2021 di Bukit Maras

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Ir. Wiratno, M.Sc, di jadwalkan akan hadir dalam Puncak Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati (KEHATI) atau Biodiversity Day 2021, pada 24 Mei 2021 mendatang di Kawasan Taman Nasional Bukit Maras Desa Pangkal Niur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumtera Selatan, Ujang Wisnu Barata usai bersilaturahmi dengan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung yang juga sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri,ST.,M.Eng, Selasa(18/05) sore di Gedung Rektorat Kampus Unmuh Babel.

Ia mengaku berkunjung ke Unmuh Babel sekaligus untuk bertemu Rektor Unmuh Babel yang juga Ketua Fordas Babel, Fadillah Sabri yang memang berasal dari kalangan akademisi yang tentunya sudah sangat paham tentang kondisi maupun isu-isu kehutanan di Babel.
Rektor Unmuh Babel diminta membantu dalam sesi acara talkshow peringatan puncak peringatan International Day for Biological Diversity atau Hari Keanekaragaman Hayati Internasional 22 Mei. Tahun 2021 peringatan ini mengangkat tema “We’re part of the solution #ForNature” atau “Kami adalah bagian dari solusi #ForNature”.

”Dalam kegiatan ini nanti juga akan menghadirkan para panelis, yang akan berbicara tentang kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati. Selain itu nanti juga akan dirangkaikan dengan pelepas liaran satwa 4 individu elang laut di Taman Nasional Gunung Maras Kabupaten Bangka dan diakhir acara dilakukan penyerahan penghargaan oleh pak dirjen pada para tokoh, indiviud maupun institusi, lembaga, BUMN maupun LSM yang peduli terhadap lingkungan dan konservasi,”jelas Ujang Wisnu Barata didampingi beberapa jajaran KSDA Sumsel dan Babel lainnya.

Ia juga mengaku berharap acara ini juga sekaligus dapat dihadiri oleh Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( Gakkum LHK). Karena sesuai dengan tema moment peringatan International Day for Biological Diversity atau Hari Keanekaragaman Hayati Internasional 22 Mei tahun 2021, maka diharapkan terus sejalan dengan arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang memang lebih menekankan akan pentingnya mengambil langkah-langkah yang bersifat mengedukasi dan mempublikasikan secara lebih masif terkait upaya-upaya penyelamatan satwa liar.

“Apa yang diharapkan oleh ibu menteri ini sebetulnya juga bagian dari salah satu fungsi utama KSDA, dan karenanya kami berkomitmen supaya ini ke depan akan mampu terpublikasi lebih maksimal, sehingga sekaligus akan mendorong ini menjadi bagian edukasi yang masif bagi masyarakat,”ujar Ujang optimis.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Babel sekaligus Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung, Fadillah Sabri pun juga mengaku menyambut baik dan berterimakasih atas kunjungan dan niat baik dari Kepala BKSDA Sumsel Babel, Ujang Wisnu Barata beserta timnya.

Ia juga menambahkan akan siap memberikan sumbangsih khususnya dalam mensukseskan rangkaian kegiatan International Day for Biological Diversity atau Hari Keanekaragaman Hayati Internasional 22 Mei tahun 2021, yang akan dilaksanakan di Babel pada 24 Mei 2021 di Kawasan Taman Nasional Bukit Maras Desa Pangkal Niur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung tersebut.

“Oleh karena itu sesuai tema tahun ini, “Kami adalah bagian dari solusi #ForNature”,maka tetaplah menanam, tetaplah ikhtiar, karena saya yakin kita semua memiliki tanggungjawab yang sama untuk menyelamatkan lingkungan kita dan membawa negeri ini selamat dari ancaman kerusakan bahkan menjadikan kita mampu mengubah sebaliknya menjadi terlindungi lebih baik demi kelangsungan anak cucu di masa depan,”dorong tokoh Mubalig Bangka Belitung yang satu ini.(Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.