Enter your keyword

post

Rektor Unmuh Babel “Ngulon” MABA Gapai Cita-Cita, MATAKA 2021/2022 Antusias

Rektor Unmuh Babel “Ngulon” MABA Gapai Cita-Cita, MATAKA 2021/2022 Antusias

PANGKALANBARU – Apel Pembukaan Kegiatan Masa Ta`aruf Kampus (MATAKA) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung Tahun Akademik 2021/2022, Senin (13/09/2021) pagi berjalan hikmah dan lancar di Lapangan Bola Kampus Unmuh Babel Jl.K.H. Ahmad Dahlan,KM.4,Desa Mangkol,Kecamatan Pangkalanbaru,Kabupaten Bangka Tengah.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Prov.Kepulauan Bangka Belitung, H.Fauza Akhmad, H.Samlawi Akhmad, H.Warsangka, Ketua Badan Pembina Harian Unmuh Babel,KH.Hasan Rumata, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Maulina Hendrik,M.Pd, Dekan FKIP Unmuh Babel Yuanita,M.Pd, Dekan FTS,Ilpandari,S.T.M.Eng, Kabiro Perencanaan,Keuangan,SDM dan Umum Supanut,S.IP, Wakil Dekan, Para Kabag, Para Kepala Unit dan Lembaga, Kaprodi dan Para Dosen- Dosen di Lingkungan Unmuh Babel.

Ketua Panitia Mataka Unmuh Babel TA.2021/2022,Ayen Arsisari,M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau di Unmuh Babel dikenal dengan nama Mataka.

Kegiatan Mataka TA.2021/2022 yang mengangkat tema “Menyiapkan Tukang Ngulon Yang Berkarater, Beradab dan Powerfull Agile Learner Untuk Menjawab Tantangan Peradaban”, ini berlangsung dari 13 – 15 September 2021 dengan mendatangkan pemateri dari internal Unmuh Babel dan eksternal.

Kegiatan Mataka ini bertujuan dalam menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan, yakni Pancasila,UUD 1945,NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan caturdharma perguruan tinggi.Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar.

Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik merdeka belajar dan kampus merdeka. Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggungjawab.Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (power agile leaner) dan menyiapkan kader-kader terbaik dan mampu menjadi insan yang berkarakter, berahlak dan beradab.

Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng yang bertindak sebagai Pembina Apel Pembukaan Mataka Unmuh Babel TA.2021/2022. Dengan gaya khasnya yang penuh semangat, ia menyampaikan apresiasi kepada para peserta Mataka TA.2021/2022 yang telah mengikuti kegiatan ini dengan tertib, lancar dan antusias. Karenanya ia mengajak kepada seluruh masyarakat jangan pernah ragu datang dan kuliah di Kampus Unmuh Babel Yang berkemajuan dan Mencerahkan.

“Mahasiswa baru (MABA) tahun akademik 2021/2021 semuanya teruslah semangat. InshaAlloh bersama para dosen Unmuh Babel sudah siap untuk mentransper ilmu, mendampingi mahasiswa, mari meraih cita-cita dan masa depan yang gemilang,”sebut Fadillah Sabri yang juga merupakan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung ini.

Dalam kesempatan ini Rektor Unmuh Babel juga menyempatkan tanda peserta kepada MABA Unmuh Babel Tahun Akademik 2021/2022 secara simbolis, salah satunya adalah kepada Dina (19th) MABA Unmuh Babel asal Toboali Bangka Selatan yang merupakan seorang Difabel dan sangat bersemangat memilih Program Ilmu Komputer sebagai pilihannya untuk menggapai cita-cita.

Rektor menyebut, bahwa Muhammadiyah adalah organisasi tertua di Indonesia.Yang lahir sebelum Indonesia merdeka sejak 1912 dan terus memberikan kiprah yang besar bagi kemajuan bangsa. Muhammadiyah tidak hanya sekedar mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga telah memberikan akar sejarah yang kokoh bagi kemajuan dan tegaknya republik Indonesia ini.

Oleh karena itu siapa saja yang merasa dirinya anggota Muhammadiyah ,mereka yang telah bersama Muhammadiyah, sejatinya mereka-mereka itu seperti kader-kader, tokoh-tokoh bangsa dari KH.Ahmad Dahlan hingga Prof. Haedar Nasir.

Ia juga mengaku ingin menekankan nilai penting kepada para mahasiswa baru, bahwa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitug merupakan kampus yang mempunyai 5 nilai dasar keunggulan yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga civitas akademika Unmuh Babel.

Adapun nilai-nilai dasar tersebut.Yakni, Nilai Keislaman.Karena Islam adalah agama Rahmatanlil Alamin. bagi semesta alam yang melindungi, menghargai kebhinekaan dan kemajemukan.Karenanya bagi Muhammadiyah semua perbedaan suku, ras,agama itu sangat dihargai, bahkan Muhammadiyah selalu memberikan tempat bagi mereka yang berbeda keyakinan dan berbeda pemahaman.

Demikian halnya dengan Unmuh Babel yang mengedepankan pentingnya nilai-nilai kebhinekaan ketauladanan yang memberikan manfaat bagi sesama. Dan inilah bukti bahwa Islam memang merupakan agama berkemajuan.

Unmuh Babel juga senantiasa menanamkan nilai- nilai Keindonesiaan, yang mampu mengajak anak bangsa untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan, jangan sampai mudah dipecah belah.”Makanya mahasiswa Unmuh Babel akan dididik untuk senantiasa memahami Keislaman,Keindonesiaan, memahami Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah (menguatkan harmonisasi kebangsaan)
Unmuh Babel juga senantiasa menamakan nilai- nilai dasar Kekinian, yang membuktikan bahwa Muhammadiyah akan senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Nilai kekinian inilah yang juga harus senantiasa ditumbuhkan, disuburkan dan dikembangkan oleh para generasi penerus yang ada saat ini.

Unmuh Babel juga senantiasa mengajarkan nilai Kedisinian. Yang mengajarkan bahwa sejauhpun seseorang kader atau anak bangsa melangkah, maka janganlah lupa dengan kearifan lokal, senantiasa menghargai adat istiadat, dimanapun bumi dipijak disitu langit di junjung.

Ini sangat penting, sebab orang timur adalah masyarakat sangat menghargai toleransi, menjunjung akhlakul karimah.Unmuh Babel juga akan selalu mendorong semangat kemasadepanan bagi seluruh civitas akademikanya, menggapai masa depan gilang gemilang, meraih cita-cita.

“Semoga apa yang saya sampaikan ini, dapat memotivasi khususnya bagi para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dan warga Unmuh Babel seluruhnya, agar dapat menjadi generasi berkemajuan dan mencerahkan. Sekali lagi, semoga Alloh SWT meridhoi perjuangan ini, menjadikan kita semua sebagai generasi berkemanfaatan yang akan selalu membuat bangga bagi orang tua, persyarikatan Muhammadiyah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”dorong tokoh Mubaliq Bangka Belitung yang juga akrab disapa Ustad Tukang Ngulon ini.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.