Enter your keyword

post

Rektor UAD Tanam Spirit di UNMUH Babel

Rektor UAD Yogyakarta Dr. Kasiyarno,M.Hum Bersama Rektor UNMUH Babel, Fadilah Sabri,S.T.,M.Eng Saat Orasi Ilmiah di Kampus UNMUH Babel

Rektor UAD Tanam  Spirit di UNMUH Babel

PANGKALPINANG – Dr. Kasiyarno,M.Hum selaku Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta saat berkesempatan hadir dan memberikan orasi ilmiahnya di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Senin (23/11) lalu. Dalam orasinya ilmiahnya yang berjudul Peningkatan Kualitas Tata Kelola Lembaga dan Kinerja Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

Ia pertama, menekankan pentingnya memahami nilai-nilai dan menanamkan praktek-praktek luhur bagi seluruh keluarga persyarikatan khususnya juga bagi SDM pengelola yang ada lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung.UNMUH Babel terbilang masih relatif muda usianya di bandingkan dengan lembaga pendidikan tinggi milik Muhammmadiyah lainnya di Indonesia, terlebih juga di Universitas Ahmad Dahlan Jogyakarta yang saat ini sudah memiliki lebih dari 27.000 mahasiswa.

Oleh karenanya ia menekankan akan pentingnya bagi seluruh SDMnya di kampus untuk memiliki pemahaman yang sama yakni pemahaman yang wajib menjadi intelektual muslim yang bisa dipercaya , mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para mahasiswa. Sebagai komunitas intelektual muslim, maka sdm kampus khususnya juga harus sama-sama bergerak dan berkomitmen pada gerakkan pembangunan yang berbasis membebaskan, memajukan, mampu memberdayakan, non partisipan, idependent, credible dan trusted.

Kampus juga bagian yang tak bisa terpisahkan dari gerakkan dakwah Islam, amar makrub nahi mungkar. Perguruan Tinggi Muhammadiyah juga bukan sebatas hanya sebagai lembaga pendidikan tinggi, tetapi juga sebagai media dakwah Islam dan lembaga pendidikan kader persyarikatan, memberikan peran dalam tridarma perguruan tinggi Muhammadiyah untuk menghasilkan insan beritelektualitas tinggi dan berakhlak mulia, cerdas, maju dan bermasa depan cerah.

Arah gerakkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) termasuk UAD ataupun UNMUH Babel adalah sebagai gerakan untuk mencapai kemajuan dan peningkatan kualitas sdm yang lebih baik, sehingga apa saja yang menjadi kelemahanannya tentu harus terus diperbaiki. Tidak boleh cepat puas dengan kenyamanan yang ada, harus punya semangat untuk maju, bisa memodernisasi system pendidikan baik dalam segi ilmu pengetahuan maupun agama, semangat mengejar dan menangkap ilmu pengetahuan dan teknologi., senantiasa menanamkan nilai-nilai Islam dan sistem modern dan selalu tertanam cita-cita untuk meningkatkan mutu universitas ke arah yang lebih positif dan maju.

Mengelola sebuah perguruan tinggi tidak lah seperti mengelola industri, karena yang dikelola oleh perguruan tinggi adalah manusia, sehingga senantiasa perlu sikap dan gerakan yang dinamis, semangat rela berkorban, pandai memantaskan diri dan senatiasa positif thingking untuk memajukan lembaga pendidikan tinggi tersebut.

“UNMUH Babel pun harus selalu memahami perintah Alloh SWT melalui rasulnya bahwa ada 2 hal dalam hidup ini yang akan menjadi modal yakni pentingnya ilmu dan pentingnya akhlaq.” Karenanya segenap insan civitas UNMUH Babel juga harus yakin bahwa kita pasti bisa, semua harus mulai dari diri kita dan senantiasa bismillah dalam melangkah kemanapun,”tambahnya.

Selain itu kata dia, hal yang tidak boleh untuk tidak dilaksanakan, yakni harus senantiasa meningkatkan dan membangun etos kerja. Karena lembaga pendidikan tinggi seperti UNMUH Babel sebagai lembaga pendidikan swasta, sehingga semua juga sangat tergantung pada sdmnya di dalam lingkungan kampus tersebut apakah mau berubah lebih baik ataupun biasa-biasa saja atau tidak mau berubah, semuanya ada kita sendiri.

“Sebab sesuai janji Alloh SWT bahwa Alloh SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang berusaha merubahnya, tetapi di dalam merubah itu juga diperlukan teknik kerja, etos kerja, semangat dan ghiroh, sebab tidak ada yang diperlukan untuk membangun dan menuju yang lebih baik selain dari wajib kerja keras, tidak malas , sebab kunci universitas ada pada sdm yang mengelolanya,” dorong Kasyirno lagi.( liya)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.