Enter your keyword

post

Rakerwil LazisMu Babel Sukses”Mewujudkan Tata Kelola Lazismu Untuk Penguatan Kelembagaan Filantropi”

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) LazisMu Bangka Belitung Tahun 2021, berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Sabtu(13/02). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah,H.Warsangka, mewakili Ust. Sahirman Jumli selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Babel yang membidang Lazismu Babel, juga dihadiri oleh Bendahara PWM Babel, H. Fauza Achmad, Ketua LazisMu PWM Babel, H. Yunan Helmi.

Hadir pula sejumlah pejabat penting, antara lain, Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri (via zoom), Wakil Ketua 3 Baznas Babel, Dr. H. Amin Hoiri, Kasi Pemberdayaan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung, H. Andi Zainuri, para Pengurus Lazismu se kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, H. Warsangka mengaku bersyukur karena kegiatan Rakerwil Lazismu Babel Tahun 2021 ini, dapat terselenggara dengan lancar dan sukses dengan menghadirkan narsumber, Dr. H. Mahli Zainuddin selaku Sekretaris Lazismu PPM beserta jajarannya Icha via webinar.

Ia pun mengaku makin optimis bahwa kegiatan ini akan mampu mencapai visi-misinya sesuai tema yang telah diangkat dalam Rakerwil ini, yakni mewujudkan Tata Kelola Lazismu untuk Penguatan Kelembagaan Filantropi”. Sehingga LazisMu Babel sebagai badan penghimpunan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf Muhammadiyah, kedepannya akan semakin mampu bertumbuh menjadi lembaga yang makin terpercaya dan mampu melaksanakan tugasnya dengan senantiasa amanah dengan mengedepankan transparansi dan profesional.

”PWM Babel, juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada pihak Kanwil Kemenag Babel yang telah ikut membantu dan membimbing, sekaligus telah mengeluarkan ijin resmi untuk LazisMu sebagai lembaga zakat nasional yang berkekuatan hukum dalam catatan administrasi negara,”sebutnya.

Dengan surat pemberian ijin ini, maka semakin memberikan kesempatan yang lebih luas kepada kami, untuk terus mampu meningkatkan kinerja pengumpulan maupun penyaluran zakat kepada umat yang berhak,” tambah Warsangka sembari berdoa, semoga kehadiran Lazismu ini, akan semakin memberikan keberkahan dan kebermanfaatan yang lebih besar, khususnya dalam pengentasan masalah sosial, seperti, kebodohan dan kemiskinan.

Kasi Pemberdayaan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung Andi Zainuri, mengaku mengapresiasi atas terselenggarannya kegiatan ini.”Pada dasarnya kita mendukung apa yang dilakukan lazizMu. Selama ini kami menilai LazisMu Bangka Belitung sudah bekinerja baik,”ujarnya.

Andi juga mengaku optimistis bahwa kehadiran LazisMu Bangka Belitung akan semakin meningkatkan potensi ekonomi umat Islam melalui penghimpunan zakat, infaq dan wakafnya, sehingga segala permasalahan sosial di Babel dapat teratasi.

“Kami yakin LazisMu Babel juga akan ikut membantu tugas pemerintah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Babel dengan mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat, infaq, shodaqoh dan dana sosial keagamaan lainnya sesuai sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,”dorong Andi yang sekaligus mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenag Babel, Muhammad Ridwan menyerahkan surat izin untuk LazisMu sebagai lembaga zakat nasional yang berkekuatan hukum dalam catatan administrasi negara ini.

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri juga mengaku mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rakerwil Lazismu Bangka Belitung Tahun 2021.

”Sekali lagi, kami menyambut baik, dan dengan ijin resmi kepada LazisMu Babel sebagai lembaga zakat nasional ini, maka akan semakin membuka kesempatan bagi Pengurus Lazismu untuk terus mengemban amanah umat ini sekaligus terus memacu kinerja dan perjuangannya dalam membebaskan umat Islam dari kegelapan akibat kebodohan dan kemiskinan,”ujar rektor sekaligus Sekretaris PWM Babel yang juga mengikut melalui zoom saat penyerahan ijin resmi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung kemarin ini.

Fadillah juga menyebut bahwa kegiatan pengumpulan zakat dan infaq dari dosen, karyawan juga sudah dilaksanakan secara rutin di Unmuh Babel.Di Unmuh Babel hal semacam ini sudah di budayakan sejak lama, karena hal ini sangat besar kemanfaatannya, terlebih lagi ini memang merupakan bagian dari perintah agama yang sudah sangat jelas, bahwa di dalam harta atau rezeki yang seorang muslim dapatkan juga terdapat hak muslim lain yang berhak menerimanya yakni mereka yang masuk dalam 8 golongan asnaf, Amil, Mu’allaf, Riqab / Memerdekakan Budak, Gharim (Orang yang Memiliki Hutang), Fi Sabilillah(orang yang menuntut ilmu) Ibnu Sabil.” Karenanya agar semakin mendapatkan keberkahan di dunia dan diakhirat, maka harta atau rezeki yang didapatkan itu meskinya wajib dibersihkan melalui zakat, infaq dan shodaqoh,” dorong Fadillah lagi.

Rakerwil Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Lazismu Bangka Belitung Tahun 2021 sekaligus penyerahan surat izin resmi kepada LazisMu Babel ini berlangsung hikmat dan lancar selama 1 hari, termasuk dengan menghadirkan sejumlah tokoh pembicara nasional melalui aplikasi virtual meeting zoom.( Humas/Unmuh/LazisMu Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.