Enter your keyword

post

PWM Babel Segera Launching Klinik Pratama Muhammadiyah (KPM) Pangkalpinang dan Muntok

PANGKALANBARU – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bangka Belitung, Ustad Fadillah Sabri, menyampaikan bahwa PWM Babel akan segera melakukan peresmian operasional Klinik Pratama Muhammadiyah (KPM) Muntok Bangka Barat pada 7 September 2021 dan Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang pada 9 September 2021. Ia menyebut, bahwa InshaAlloh nanti pihaknya juga akan mengundang para kepala daerah dan staekholder secara terbatas, dikarenakan masih berada di tengah pandemi covid-19.

“Alhamdulilah semua persiapan sudah kita lakukan, termasuk perihal perizinan, termasuk untuk Klinik Pratama Pangkalpinang juga sudah resmi bekerjasama dengan BPJS kesehatan, sehingga kita siap melayani pasien peserta BPJS .

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung periode 2020 – 2024 ini, berharap berdirinya klinik pratama ini dapat menjadi awal yang baik untuk kemajuan Muhammadiyah, khususnya di bidang kesehatan.

”Memang Muhammadiyah Bangka Belitung semenjak berdiri tahun 2000 sampai sekarang, belum punya amal usaha muhammadiyah (AUM) di bidang kesehatan sedangkan untuk bidang pendidikan Alhamdulilah dari mulai taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi kita sudah punya,”sebut Fadillah Sabri.

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung sebagai salah satu AUM akan siap mensupport PWM untuk pendirian rumah sakit. Oleh karena itu, salah satu caranya adalah harus punya yang namanya klinik untuk menopang rumah sakit Muhammadiyah tersebut nantinya.
“InshAlloh kalau Pangkalpinang dan Muntok sudah ada kliniknya, maka selanjutnya kita juga akan ekspansi segera ke Bangka Selatan, Bangka Induk dan Belitung Timur, dan kita sudah siap untuk melanjutkan semuanya ini,”tambah Fadillah.

Ia menyebut, bahwa di Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memiliki program 1000 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia. “Guna mendukung ini semua, maka minimal untuk di Bangka ini terdiri dari 5 kabupaten/kota ini, harus sudah berdiri klinik kesehatan milik Muhammadiyah,”optimis.

Sementara itu, Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang merupakan pusat layanan kesehatan dengan konsep Islami pertama di Pangkalpinang yang siap memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada keluarga persyarikatan Muhammadiyah maupun masyarakat umum di Pangkalpinang dan sekitarnya. Hal ini disampaikan oleh Manager Operasional Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang, dr.Marisa Samosir.

Ia menjelaskan bahwa Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang setelah dilaunching ,maka akan langsung beroperasi dan siap memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan layanan untuk kesehatan ibu dan anak, kesehatan pada remaja, lansia, layanan kesehatan gigi dan sebagainya.

Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang akan siap melayani masyarakat setiap hari Senin – Sabtu kecuali Ahad dan libur nasional.
Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang sudah menyiapkan tenaga medis, yakni 4dokter umum 2dokter gigi, 2 perawat,1apoteker dan 1 asisten apoteker . Sekaligus juga siap melayani masalah kebidanan bekerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit mitra dan BPJS Kesehatan.

“Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang akan terus berupaya memaksimalkan semua bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena itu, dr.Marisa berharap adanya peran serta, dorongan dan support dari seluruh keluarga persyarikatan Muhammadiyah khususnya untuk memajukan klinik ini demi memberikan pelayanan kepada umat dan masyarakat secara universal yang lebih baik.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang sudah menyiapkan alur peyalanan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Tenaga kesehatan Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang nantinya, tidak melakukan peruangan untuk melayani para pasien, tetapi kita akan melakukan sistem pemeriksaannya di luar ruangan sesuai dengan tempat yang sudah kita siapkan, termasuk untuk ruang administrasi yang juga standby.

Termasuk nanti kepada para pasien akan kita terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan anamnesa, sehingga nantinya apabila ada mengarah ke arah covid-19, maka dilakukan swab, hingga kalau hasilnya positif akan langsung dirujuk ke rumah sakit mitra yang bekerjasama dengan Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang.

“Sedangkan untuk pelayanan pengecekan darah, kita hanya menyediakan guladarastik, kolesterol dan asam urat dan untuk pemeriksaan lebih lengkap kita bekerjasama dengan rumah sakit mitra,”ujar dr.Marisa sembari menambahkan bahwa Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang juga akan dilengkapi dengan dokter spesialis paru, spesialis kulit, spesialis penyakit dalam dan spesialis anak.

“Sekali lagi mohon doanya dari semua element masyarakat Bangka Belitung agar kehadiran Klinik kesehatan Islam pertama di Pangkalpinang ini akan dapat berjalan lebih optimal ke depannya.Karena memang menjadi harapan kita bersama, bahwa klinik ini nantinya akan mampu memberikan kontribusin bagi kemajuan Islam dalam bidang kesehatan khususnya di Pangkalpinang dan Babel umumnya.

dr. Marisa menyebut bahwa, klinik ini hanyalah salah satu jalan ikhtiar bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.Para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya hanyalah sebagai perantaranya, sebab segala penentu kesembuhan hanyalah milik Alloh.

“Sekali lagi semoga kehadiran Klinik Pratama Muhammadiyah Pangkalpinang yang lokasinya strategis berdampingan langsung dengan Masjid Muhajirin Jl. Balai Kota Pangkalpinang ini, kita harapkan dapat sekaligus membangkitkan semangat kita semua untuk lebih fokus beribadah,”ujar dr.Marisa optimis sembari menambahkan untuk informasi lebih lanjut, [email protected] klinikmuhammadiyahpkp

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.