Enter your keyword

post

PMB Unmuh Babel Bersama Dosen PMTK Disambut Antusias

Sejumlah dosen Program Studi Matematika (PMTK) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Rabu (03/02) pun ikut kembali turun gunung mensosialisasi kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung Tahun Akademik (TA) 2020/2021.

Dosen PMTK Unmuh Babel Putri Cahyani menyebut bahwa dalam kesempatan ini, pihaknya melaksanakan kegiatan sosialiasi PMB TA 2020/2021, sekaligus bersilaturahmi ke sejumlah sekolah menengah atas/ sederajat di Kabupaten Bangka dan sekitarnya seperti, MA Terpadu Sablilul Muhtadin Desa Jade Bahrin Kecamatan Merawang, SMAN 1 Merawang, SMK Muhammadiyah Sungailiat, SMA Muhammadiyah Sungailiat, SMAN 1 Sungailiat, SMKN 1 Sungailiat, hingga SMA Setia Budi Sungailiat.

Ia menambahkan bahwa kegiatan sosialiasi PMB Tahun ini masih harus di hadapi di tengah kondisi pandemi covid-19. Sehingga sejumlah sekolah yang di datangi tim PMB Unmuh Babel pun sebagian besar masih menerapkan Work From Home (WFH) bagi para siswa maupun guru.
Namun demikian kondisi ini kata dia, tidak lah harus ikut mengendorkan semangat Unmuh Babel dan lembaga pendidikan lainnya untuk terus berikhtiar, agar proses dan aktivitas dunia pendidikan dapat berjalan dengan ketentuan wajib menjalankan sesuai protokol covid-19.

” Menyambut Tahun Akademik 2020/2021, sehingga sesuai instruksi Rektor Unmuh Babel bapak Fadilah Sabri,S.T.M.Eng, maka kami dari Tim PMB Unmuh Babel TA. 2020/2021 memang kembali menerjukan tim kami dan melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke seluruh SMA/MA sederajat di Babel untuk bergabung, berkuliah dan mencapai cita-cita bersama Unmuh Babel,”ujar Putri lagi.

Putri kembali mengajak seluruh putra-putri terbaik Bangka Belitung untuk bergabung kuliah di Unmuh Babel melalui 2 fakultas yakni, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) dengan Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Sedangkan Fakultas Teknik dan Sains (FTS) dengan Prodi Teknik Sipil, Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dan Ilmu Komputer (IK).

”Melalui sosialisasi ini kita ingin mengajak putra-putri terbaik Babel bergabung dan meraih cita-cita bersama Unmuh Babel. Bahkan tahun ini, Unmuh Babel kembali membuka kesempatan untuk 10 teman-teman yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik dan non akademik untuk bergabung kuliah, tanpa melalui jalur test dan biaya pendaftaran. Bahkan untuk yang meraih juara tingkat nasional, Unmuh Babel juga akan memberikan kesempatan untuk kuliah dengan bebas biaya hingga studi selesai,”jelasnya lagi.

Menariknya, dalam kesempatan ini rombongan PMB Unmuh Babel ini juga berkesempatan untuk melakukan sosialiasi secara tatap muka terbatas sesuai protokol covid 19 dengan para siswa. Hal ini terjadi di MA Sabililul Muhtadin Jade Bahrin dan SMK Muhammadiyah Sungailiat.

Dalam kesempatan ini tim PMB Unmuh Babel mendapatkan kesempatan berdialog dengan sejumlah siswa, dan saling sharing informasi tentang Unmuh Babel.” Buat kita ini menarik, meskipun tetap harus dengan menerapkan sesuai protokol covid-19, kita sangat berterimakasih sudah diterima dengan baik oleh semua pihak sekolah, termasuk para siswanya juga sangat aktiv menanyakan berbagai informasi yang mereka butuhkan kepada kami,”tambah Putri lagi.

Sementara itu, salah satunya adalah dari Kepala Madrasah Sabilul Muhtadin Jade Bahrin Kecamatan Merawang, Marsuli mengaku menyambut baik atas kunjungan tim PMB Unmuh Babel ini dalam rangka untuk mensosialisasikan berbagai pilihan prodi kepada para calon mahasiswa baru nantinya.

”Kami menyambut baik atas kunjungan ini, ya kami juga berharap semoga ke depan, Unmuh Babel ini ke depan bisa menjadi pilihan bagus bagi para siswa kami untuk melanjutkan studi dan meraih cita-citanya, sehingga tidak perlu lagi harus keluar Babel, terlebih lagi soal biaya tentu akan lebih efisien juga,”ujar Marsuli.

Marsuli, sedikit bercerita bahwa MA Sabilul Muhtadin Jade Bahrin yang berdiri di lahan seluas 10 hektar tersebut resmi berdiri pada tahun 2005, dan hingga saat ini sudah memiliki ribuan alumni yang juga sudah tersebar dan terserap di berbagai bidang dunia kerja baik di dalam daerah maupun luar Bangka Belitung.

Madrasah Aliyah (MA) ini merupakan salah satu akses penting bagi warga desa Jade dan sekitarnya untuk terus sekolah, belajar, bergerak maju dan meningkatkan kualitas dan mutu diri dalam ilmu pengetahuan maupun ilmu agama. Karenanya upaya untuk memajukan sdm di desanya, salah satunya adalah bisa di capai bersama Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung.

Sambutan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Humas SMAN 1 Merawang, H.Senan, ia mengaku menyambut baik sekaligus mengapresiasi kepada organisasi besar Muhammadiyah khususnya di Bangka Belitung yang terus melakukan berbagai gerakan dakwah amar makrub nahi munkar melalui bidang pendidikan, kesehatan dan sosial.

Termasuk dengan telah berdirinya Kampus Unmuh Babel, yang tentu sekaligus akan semakin ikut memberikan warna dan ruang bagi anak-anak Bangka Belitung untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang berorientasi dalam meningkatkan kualitas sdm dalam bidang ilmu pengetahuan (Sains) dan keagamaan.

”Tentu apa yang dicita-citakan Muhammadiyah untuk terus melahirkan generasi islam yang mampu berilmu dan beramal solih juga tentu akan sangat kita dukung,”ujar guru yang mengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini.

Tak hanya itu, cerita perjalanan kali ini juga di warnai dengan cerita dan harapan sejumlah guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Bangka. Tentang bagaimana beratnya harus berjuang, memberikan tanggungjawab penuh untuk memajukan dunia pendidikan di tengah pandemi covid-19.

”Ya masih beginilah kondisi kita bu, baik guru maupun siswa masih tetap harus menjalani aktivitas kegiatan belajar mengajar secara terbatas, termasuk dengan menerapkan sistem shif-shifan, belajar daring online, dan sebagainya. Intinya tetap tak putus-putusnya berdoa semoga Alloh segera angkat ujian berat ini, yang sudah begitu luar biasa merubah semua tatanan kehidupan manusia di dunia hampir lebih dari 1 tahun ini,”tambah salah satu guru di SMKN 1 Sungailiat Bangka, disela-sela menerima kunjungan Tim PMB Unmuh Babel di sekolahnya, kemarin.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.