Enter your keyword

post

Pelatihan Pembuatan Produk Rumah Tangga Untuk Memupuk Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Remaja

PANGKALANBARU – Remaja merupakan calon generasi yang bisa melanjutkan dunia. Melihat Remaja yang semakin banyak melek teknologi membuat Tiga Ibu Dosen FKIP Unmuh Babel yaitu Putri Cahyani Agustine, M.Pd., Iful Rahmawati Mega, M.Pd. dan Iis Juniati Lathiifah, M.Pd. yang merupakan Dosen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung tergerak untuk membuat suatu pelatihan bagi anak muda. Pelatihan yang dibuat dimaksudkan agar anak-anak muda terutama Remaja menjadi lebih produktif dan kreatif dalam menggunakan teknologi.

Kreativitas dalam diri seseorang dapat terbentuk berkat kontribusi dalam diri individu dan dorongan lingkungan. Menurut Royhan (2019), apabila seseorang dilatih terbiasa kreatif sejak usia remaja, maka seiring bertumbuhnya usia, ia akan terbiasa untuk kreatif dan inovatif.

“Melihat peluang ini dan pengalaman saya dalam dunia marketing, saya tergerak untuk mengajak remaja terutama di Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam, yang tahun ini menjadi sasaran Bina Desa, untuk mengajari mereka membuat sebuah produk rumah tangga sendiri” Ujar Putri, selaku Ketua Tim Pengabdian.

Karena itu, ketiga Dosen ini mengadakan sebuah pelatihan untuk membuat produk rumah tangga berupa sabun cair. Diharapkan dengan pelatihan ini, anak-anak muda menjadi terinspirasi untuk membuat produk-produk rumah tangga sendiri dan menjualnya untuk menambah uang saku. Hal ini juga dapat menjadi inspirasi bagi remaja agar dapat mengembangkan kreativitas yang mereka miliki untuk membuat berbagai produk lainnya.

Pelatihan yang dilaksanakan pada 26 Juli hingga 27 Juli 2021 lalu, diikuti oleh belasan Remaja Ketapang yang didampingi dengan dua orang pendamping. Pendamping Remaja ini merupakan sekaligus pembina Remaja di kelurahan Ketapang yaitu Lusiana Deswita yang berasal dari KB dan Sutina dari kelompok PKK. Tidak hanya itu, pada saat pelaksanaan, dihadiri juga oleh beberapa Ibu PKK Kelurahan Ketapang yang tertarik ikut melihat proses pembuatan sabun cair.

Pada hari pertama, pelatihan dimulai dengan penyampaian materi. Setelah penyampaian materi, para Remaja diberi pengetahuan tentang cara pembuatan merk/label produk. Barulah pada hari kedua peserta diajak serta membuat sabun cair dengan bahan-bahan yang telah disiapkan pemateri sebelumnya. Proses pembuatan sabun cair membutuhkan air panas serta beberapa bahan kimia dan wadah yang banyak untuk pemcampuran bahan-bahan. Karena itu, setiap peserta dibekali sarung tangan untuk dikenakan pada saat pembuatan sabun.

Iis Juniati Lathiifah yang juga merupakan dosen PMTK Unmuh Babel menyebut bahwa sabun cair dipilih karena merupakan produk yang pasti digunakan di setiap rumah, baik itu sabun cuci piring maupun sabun cuci pakaian”. Sehingga sabun menjadi kebutuhan pokok dalam setiap rumah.

Setelah proses pembuatan sabun cair cuci piring dan cuci pakaian, semua hasil tersebut dimasukkan ke dalam wadah-wadah kecil ukuran 250ml. Kemudian para peserta diminta menempelkan label pada produk yang telah mereka buat. Label ini telah dicetak berdasarkan hasil kreativitas remaja pada hari sebelumnya. Sehingga setelah pelatihan berakhir, diharapkan remaja mempunyai pengalaman yang nyata dalam membuat, melebeli dan memasarkan produk melalui media sosial yang mereka miliki.

Setelah kegiatan berlangsung, pemateri juga menanyakan hasil produk yang telah mereka buat, Ada yang menggunakannya untuk keperluan orangtua di rumah, ada juga yang menjualnnya kepada teman-teman sekitar. Hasil angket yang diberikan kepada peserta setelah kegiatan pelatihan juga diolah dan didapat berbagai jawaban remaja yang menginginkan kegiatan seperti ini dilaksanakan pada tahun berikutnya.

“Harapan kami, dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini, dapat membuat remaja semangat untuk menjadi enterpreneur muda” tambah Iful Rahmawati Mega yang juga merupakan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unmuh Babel.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung. Sampai dengan tanggal 9 September 2021, Universitas juga masih membuka kesempatan bagi adik-adik yang mau melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi dengan jalur beasiswa. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi 0811-7111-028 atau 0821-8677-6563.(Humas/PMTK/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.