Enter your keyword

post

PBI UNMUH BABEL AMBIL ILMU DARI 3 NEGARA MELALUI PBI’S INTERNATIONAL TALK#1; BELAJAR LINTAS BUDAYA

PANGKALANBARU – Progam Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, sukses melaksanakan Program International Talk#1 secara virtual melalui media Zoom, Kamis, (27/10/2021) lalu. Menariknya, karena dalam kegiatan ini menghadirkan 3 tokoh pembicara internasional yang sangat berkompeten dibidangnya yakni, Ahmed A. O. Shbair (Palestina), Afsal Sherif Sheik (India), dan Nuha Anfaresi (Indonesia).

PBI’s International Talk#1; Belajar Lintas Budaya dari 3 Negara ini mengambil tema “Promoting Intercultural Understanding among Students”. Dihadapan para partisipan dalam kegiatan tersebut, 3 pembicara yang juga berasal dari 3 negara berbeda ini, saling memberi pemahaman tentang pengetahuan, motivasi dan menceritakan tentang keunikan budaya dan potensi dari negaranya masing-masing. Welcome speech pada kegiatan ini disampaikan oleh Pratiwi Amelia, M.Pd selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama. Beliau menyampaikan bahwa budaya dan bahasa tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, selain belajar tentang empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan berbicara, mendengarkan, menulis, membaca, mahasiswa juga harus memahami perbedaan budaya antar bangsa untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Dalam kegiatan ini, Ahmed Shbair yang berasal dari Palestina berbagi tentang berbagai adat budaya yang dimiliki rakyat Palestina, misalnya benda-benda bersejarah, pakaian adat, makanan tradisional, tempat-tempat bersejarah, dan lain-lainnya. Beliau berbagi informasi tentang hal-hal yang dianjurkan ketika mengunjungi Palestina, misalnya seperti mengucapkan salam dan menghormati orang tua apapun status sosial yang dimilikinya. Beliau juga menyampaikan hal-hal yang tabu dilakukan di Palestina, misalnya tidak boleh untuk meminum alcohol dan bagi perempuan tidak boleh memasuki masjid tanpa menggunakan hijab.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Afsal Sherif Sheik yang berasal dari India. Beliau juga mempresentasikan tentang perbedaan dan persamaan budaya antara India dan Indonesia, serta sejarah panjang kedua negara baik dalam hal agama dan budaya.

Selanjutnya, Nuha Anferesi yang merupakan tokoh sukses anak muda asal Indonesia, membagikan tips dan trik agar bisa menjadi anak muda yang cerdas serta memiliki impian besar menuju masa depan yang gemilang. Beliau banyak menyampaikan hal-hal menarik yang ia dapatkan ketika mengunjungi berbagai negara di dunia seperti Amerika, China dan sejumlah negara di belahan benua eropa lainnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Iful Rahmawati Mega, M.Pd selaku Ketua Program Studi Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Beliau optimis webinar serupa akan secara rutin dilakukan untuk meningkatkan pemahaman intercultural understanding bagi mahasiswa dan siswa sekolah menengah yang tak hanya berasal dari Bangka Belitung, namun juga seluruh Indonesia.

Selain itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng mengaku sangat bangga, karena PBI Unmuh Babel dapat menyelenggarakan webinar yang sangat edukatif. “Semoga pada event selanjutnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mampu menghadirkan speaker dari berbagai benua tak hanya dari kawasan Asia, namun juga dari kawasan benua Eropa, Amerika, dan Australia. Kegiatan ini sangat penting dan relevan dalam mencapai visi-misi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung yakni Menjadi Perguruan Tinggi Unggul Kelas Internasional 2035,”sebutnya optimis.(PBI/Humas Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.