Enter your keyword

post

Memperindah Makna Ramadan Bersama Unmuh Babel di Kota Kapur

Safari Ramadan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung dengan tema “Mengokohkan Keimanan di Masa Pandemi Dengan Saling Berbagi di Bulan Suci Ramadhan 1442 H” dilaksanakan Rabu(28/04) di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka.

Rombongan kali ini dipimpin langsung Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Unmuh Babel, KH. Dra. Hasan Rumata didampingi Kabag Humas dan Kerjasama Unmuh Babel, Zuriat Ifada,S.E, Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Adi Saputra,M.Pd.i, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Sukma Wijaya,S.E, para dosen dan tim Unmuh Babel lainnya. Kunjungan keluarga besar Unmuh Babel ini pun juga mendapatkan sambutan hangat dari para pengurus dan jamaah Masjid Fatturahman Desa Kota Kapur.

Kepala Desa Kota Kapur, Makmun didampingi pihak Pegawai Pencatat Nikah (P2N) Kota Kapur, Anwar Sadad dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim safari ramadan Unmuh Babel. Ia juga mendoakan semoga langkah datang dan niatan ke masjid ini untuk bersilaturahim, bermunnajah, dirhidoi oleh Alloh SWT sebagai amal ibadah.

“ Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan tim safari Ramadan Unmuh Babel sekaligus telah menyerahkan bantuan paket sembako dan muzhab Al-Qur`an melalui masjid kami ini, semoga amal kebajikan yang kita buat di bulan Ramadan ini semua tercatat sebagai amal ibadah dan ampunan di hadapan Alloh SWT. Sekaligus apa yang dicita-citakan oleh Unmuh Babel akan cepat dijabah oleh Alloh SWT,”ujarnya mengamini.

Kabag Humas dan Kerjasama Unmuh Babel, Zuriyat Ifada mewakili kehadiran Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng juga mengaku bersyukur dan berterimakasih atas sambutan hangat yang telah diberikan oleh seluruh jamaah Masjid Faturrahman dan masyarakat Kota Kapur. Ia berharap silaturahmi ini membawa kebaikan, bernilai pahala di hadapan Alloh SWT.

“Dikesempatan ini kami juga menyerahkan sedikit bantuan paket sembako, semoga ini bisa ikut membantu meringankan beban bagi para penerima manfaat ,sekaligus mari kita semua tetaplah pandai bersyukur, ikhtiar dan menghamba kepada Alloh SWT,”Aamiin Ifada lagi.

Dra.KH.Hasan Rumata dalam tausiah menjelang waktu berbuka puasa mengajak dirinya, keluarga dan masyarakat muslim seluruhnya untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan 1442 H untuk mengejar target amal kebajikan dan ampunan yang sebesar-besarnya dari Alloh SWT sang Maha Pemilik Waktu.

Ia mengajak kepad seluruh umat muslim yang beriman khususnya yang ada di desa yang terkenal dengan peninggalan cagar budaya situs kota kapur ini, untuk senantiasa merealisasikan bahwa umat Islam itu sesungguhnya adalah satu dan bersaudara. Sebagaimana yang disebutkan oleh Alloh SWT melalui FirmanNYA dalam QS. As-Saff Ayat 4 (Innal laaha yuhibbul laziina yuqootiluuna fii sabiilihii saffan kaannahum bunyaanum marsuus) “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

“Semua yang ada di masjid ini berbeda-beda orangnya, tetapi Alloh SWT menciptakan perbedaan tersebut untuk saling mengenal. Dan di dalam masjid ini tentunya hanya ada satu kalimah Tauhid yaitu لا اله الا الله محمد رسول الله (Laa Ilaaha illallah Muhammad Rasulullah). Sebab sekali lagi yang membedakan di antara kita di hadapan Alloh SWT hanyalah tingkatan amalan ibadah dan ketaqwaan,”ujarnya.

Hasan Rumata sekali lagi mengaku, mengajak kepada semua umat Islam yang beriman untuk berlomba meningkatkan iman dan ketaqwaannya kepada Alloh SWT melalui bulan Ramadan ini sekaligus pula memperbanyak sholawat kepada baginda Rosullulah Muhammad S.A.W serta bershodaqohlah dengan apa yang kita mampu.

”Mari kita kejar-kejaran amal, pahala dan mohon ampunan kepada Alloh SWT melalui Ramadan spesial ini, bersholawatlah sebanyak mungkin untuk mengharapkan syafaat dari baginda Rosullulah SAW di Yaumil Akhir nanti. Moga-moga ini menjadi bekal kita untuk menghadapi kematian yang pasti akan datang tanpa bisa dimajukan atau dimundurkan. Amal itu pula yang akan menjadi sanski di pengadilan Alloh SWT

Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan nilai-nilai kebajikan di sisi Alloh SWT, sebab setiap perbuatan tersebut pasti hasilnya akan kembali kepada siapa yang melakukan.”Sekali lagi hakikatnya marilah manfaatkan sisa umur yang diberikan Alloh ini untuk banyak melakukan kebaikan dan ampunan. Dan ini semua kesempatan ini, begitu luar biasa dibuka seluas-luasanya oleh Alloh SWT melalui di Ramadan ini,”ajaknya lagi.

KH.Hasan Rumata juga mengajak peran serta tokoh agama dan masyarakat khususnya juga para orang tua untuk memanfaatkan bulan suci Ramadan ini sebagai pembelajaran dalam mendidik kesabaran dan juga pendidikan terbaik kepada generasi muda muslim penerus agama.

Ia juga mendorong agar moment Ramadan ini sebagai langkah menggalakkan Masjid Ramah Anak. Supaya anak-anak senang datang ke masjid bukan sebaliknya dimarahi atau kasar kepada anak-anak yang datang ke Masjid. Berkatalah, nasehatilah dengan lemah lembut agar anak-anak senang ke Masjid bukan sebaliknya mereka takut ke masjid.

“Sebab kami pun sudah pernah melakukan penelitian, bahwa ternyata anak-anak remaja tidak senang ke masjid karena takut selalu dianggap membuat ribu atau mengganggu para orang tua beribadah. Padahal Masjid ini juga harus diramaikan dan dimakmurkan oleh anak-anak supaya kita ada generasi untuk melanjutkan perjuangan Islam secara berkesinambungan,”ajaknya lagi.

Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Adi Saputra,M.Pd.i, menyebut bahwa Safari Ramadan Unmuh Babel 1442 H di Desa Kota Kapur ini, juga menyerahkan paket bantun sembako sebanyak 30 paket sembako ramadan, paket bantuan pendidikan dan penyerahan cinderamata 5 eksemplar mushaf Al-Qur`an dan 2 eksemplar muwakif dari Unmuh Babel.

Di setiap kegiatan safari ramadan Unmuh Babel ini juga akan diselingi dengan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021. Karena ini ikhtiar kita sesuai dengan amanah Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng yang bertujuan mengajak masyarakat membersamai Unmuh Babel dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu sumber daya manusia yang lebih baik sebagai tongkat estapet masa depan agama, bangsa dan negara yang mencerahkan dan berkemajuan.

“ Termasuk kita juga membagikan masker untuk mengajak kita semua untuk ikhtiar memutus mata rantai penuluaran covid-19 , yang tentu saja upayanya adalah terus berdoa memohon kepada Alloh SWT agar dijauhkan dari wabah ini, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan setiap usai melakukan aktivitas serta menjaga jarak,”jelas dosen Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Unmuh) Babel ini lagi (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.