Enter your keyword

post

Membumikan Spiritualitas dan Menggerakan Intelektualitas Kader, Demi Kemajuan AUM

Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung sukses melaksanakan Silaturahmi dan Buka Puasa Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan Unmuh Babel dengan tema” Membumikan Nilai-Nilai Spiritualitas Untuk Memajukan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Babel”.

Acara ini berlangsung di Gedung Babel I Unmuh Babel, Jumat (07/05) dan di pandu oleh moderator sekaligus dosen Unmuh Babel Syaid Ahmad Maulana dan Muhammad Tohir Qolby. Hadir juga sejumlah pengurus PWM Babel, seperti Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel Bidang Majelis Ekonomi, Kewirausahaan, Majelis Wakaf dan Kehartabendaan sekaligus Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) Unmuh Babel, H.Warsangka, Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah H. Samlawi Bendahara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel, H.Fauza Akhmad, Ketua MEK PWM Babel, Dedy Sisworo dan sejumlah nama lainnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Babel yang juga sekaligus Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng dalam kesempatan ini juga menjadi pembicara bersama Ketua BPH Unmuh Babel Drs.H.Hasan Rumata dan Wakil Ketua PWM, Drs.H. Sahirman Jumli, M.Si.

Kegiatan ini diawali dengan tilawah Qur`an ayat Al-Maidah bersama seluruh pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan Unmuh Babel yang hadir di bawah pimpinan Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuahmmadiyahan (LSIK) Unmuh Babel, Adi Syaputra,M.Pd.i dan Hafiz Qur`an Tingkat Nasional, Ustad Zaki Al Munawar. Dilanjutkan dengan mendengarkan laporan dari ketua panitia acara, Ir.Umardani Sanjaya.

Ia mengaku mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan dari Rektor Unmuh Babel, BPH Unmuh Babel dan juga PWM Babel, sehingga kegiatan ini tetap dapat terlaksana dengan lancar dan hikmat. Walaupun awalnya kita ingin kegiatan ini dilaksanakan secara lebih meriah, tapi sehubungan dengan himbauan dari pemerintah terkait pembatasan masa atau kerumunan karena pandemi covid-19, sehingga acara ini kita tetap laksanakan walaupun secara sederhana.

”Namun semoga Alloh senantiasa merahmati niat baik kita dan menjadi nilai ibadah di bulan suci Ramadan ini,”ujarnya seraya menambahkan bahwa dalam acara ini juga dilakukan penyerahan paket bantuan termasuk kepada sejumlah karyawan office boy (OB) Unmuh Babel.

Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri, mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, meskipun harus dilaksanakan secara sederhana, namun ia yakin dari kegiatan ini akan menjadi amal jariah bagi seluruh keluarga besar Unmuh Babel.

Dalam tausiahnya, ia mengingatkan akan pentingnya bagi setiap orang khususnya para kader Muhammadiyah untuk memiliki kekuatan nilai-nilai spiritual dalam menggerakkan dan memajukan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Karena di dalamnya mengandung nilai-nilai semangat untuk menggerakan intelektualitas.

”Ciri-ciri orang Muhammadiyah adalah memiliki intelektualitas dan spiritualitas yang baik. Sebab dari kedua hal inilah yang akan mampu menguatkan intelektualitas dan kualitas dalam diri seorang kader Muhammadiyah. Dan ia juga akan mampu menggunakan spiritualitas ini untuk mengaktifkan nilai-nilai moralitas. Sebab orang tak cukup hanya pintar saja, karena tetap saja ia akan kebelinger jika tak punya moralitas, karena kita sangat membutuhkan orang-orang yang menjujung tinggi nilai-nilai moralitas, di tengah rezim yang luar biasa ini,”tuturnya.

Orang Unmuh Babel juga harus cerdas dan pintar. Sehingga sangatlah penting untuk senantiasa menjaga nilai-nilai spiritualitas dalam dirinya dan juga membumikannya dengan berakhlak bermoral dan beradap.

”Buktikan bahwa orang Bangka itu senantiasa hidupnya menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas, senantiasa membumikan nilai spiritualitas dalam dirinya dimana pun berada dengan menjaga adab dan etika serta senantiasa berfikir cerdas dan bekerja dengan benar.

Ia mendorong umat muslim untuk jangan mudah menyerah di jalan dakwah, walaupun ada kalanya dakwah tersebut juga belum tentu bisa diterima semua orang. Sang pendakwah pun tetaplah senantiasa berintrospeksi dalam dirinya dan cara dakwah yang dilakukan. Namun kesadaran akan pentingnya dakwah dan pencerahan ini harus terus hidup sekaligus harus dipayungi dengan loyalitas pikiran, waktu dan tenaga. InshaAlloh kalau niatnya baik ikhlas mencelupkan diri dalam dakwah mensyiarkan agama Alloh, maka InshaAlloh jalan hidupnya juga akan lurus dalam rhido Alloh SWT.

“Mengajak warga Unmuh Babel untuk menjadi teladan bagi AUM-AUM lainnya, sehingga persyarikatan ini pun akan terus berkemajuan dan mencerahkan,”ajaknya.

Wakil PWM Babel, Sahirman Jumli juga mengajak kepada seluruh umat muslim khususnya juga kader-kader Muhammadiyah untuk senantiasa menanamkan sifat dalam dirinya untuk menjaga kepentingan Alloh SWT dengan cara meneruskan syiar agama Alloh SWT, menyelamatkan umat dan iman dan Islam. Lalu, untuk dapat melakukan semua hal ini, maka tentu seorang muslim tersebut harus kuat, sebab seorang mukmin yang kuat akan lebih dicintai oleh Alloh SWT daripada muslim yang lemah.

Kader Muhammadiyah tidak boleh hanya menjadi penonton, tetapi orang Muhammadiyah harus terus menerus ikut berkontribusi meskipun itu dilakukan sesuai dengan kemampuannya. Sebab di Muhammadiyah juga senantiasa diajarkan untuk berempati, memahami keadaan masyarakat di sekitar lingkungannya dan juga kekuatan menahan diri dari hal yang merusak iman dan Islam.

“Karena itu janganlah lemah dan tetaplah semangat di jalan dakwah ini, sebab yang kita cari semata-mata adalah keridhoaan Alloh SWT.Teruskanlah nilai-nilai pengabdian, kontribusi dengan menjunjung nilai-nilai moralitas, supaya diri kita pantas menjadi kader Muhammadiyah yang bernilai.

Ketua BPH Unmuh Babel,Hasan Rumata dalam tausiahnya pun mendorong seluruh umat muslim di Bangka Belitung wabilkhusus yang ada di lingkungan Muhammadiyah Bangka Belitung termasuk Unmuh Babel untuk senantiasa menjaga nilai-nilai persatuan dalam ukhwah Islamiyah sebagaimana bahwasannya umat muslim itu adalah bersaudara. Sehingg umat ini tetap berada pada hakikatnya menjadi umat yang kuat, tidak mudah dibenturkan oleh orang-orang yang justeru membenci dan ingin umat Islam terpecah belah.

“ Jadilah orang yang unik, yang senantiasa istiqomah berjuang, tidak mudah menyerah dalam mensyiarkan agama Alloh. Selalu menjaga dirinya dengan akhlakul karimah sesuai yang diperintahkan oleh Alloh SWT dan Rosullulah Muhammad SAW. Istiqomahlah menjaga persatuan umat ini, berjuang menegakkan kebenaran yang hakiki, sebab kita sangat membutuhkan sumber-sumber daya manusia yang kehadirannya akan dirindukan, dibutuhkan di tengah-tengah umat dan masyarakat, karena ia senantiasa bekerja menebarkan kebermanfaatan untuk dirinya, keluarga, agama, masyarakat, bangsa dan negara,”dorong Hasan Rumata lagi.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan SK Dosen Tetap kepada sejumlah dosen PGSD Unmuh Babel. Penyerahan ini sekaligus untuk memberikan motivasi kepada seluruh warga Unmuh Babel agar terus memacu prestasi dan kebermanfaatan dirinya untuk diri, keluarga, civitas akademika, organisasi, umat, bangsa dan negara.(Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.