Enter your keyword

post

LPPM Unmuh Babel Terkesima Tanjung Berikat dan Siap Berkontribusi Lewat Program Bina Desa

Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu kawasan yang ada di wilayah yang masuk dalam daftar survei Program Bina Desa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung dengan tema “Kami Unggul, Desa Mandiri”
Belum lama ini, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Dzhihan Khilmi Ayu Firdausi,M.Pd.Pjs beserta tim mengunjungi desa potensial di Kecamatan Lubuk Besar Bangka Tengah ini.

“Ya kami sudah mengunjungi Tanjung Berikat Desa Batu Beriga dalam rangka untuk pelaksanaan kegiatan survei Bina Desa program unggulan Unmuh Babel. Kita juga sudah bertemu sejumlah perangkat pemerintah desa maupun perwakilan masyarakat, intinya mereka menyambut baik dan ke depan kita akan bisa melaksanakan program kerja sama yang lebih intens,”ujar Dzihan lagi.

Dzihan mengaku berharap program Bina Desa ini akan dapat terlaksana secara konsisten. Sehingga otomatis hasil dari program dan kemanfaatannya ke depan pun akan bisa menjadi contoh bagi masyarakat di kawasan Tanjung Berikat Desa Batu Beriga untuk terus mampu menjadi masyarakat yang berkemandirian dan sejahtera.

“Nanti dalam program Bina Desa ini, kita tidak hanya sekedar berkunjung, tapi akan melaksanakan berbagai program bersama dengan pemdes maupun masyarakat dalam melakukan berbagai program pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial dan keagamaan,”ujar dzihan.
Ia sembari menambahkan bahwa dalam setiap aksi dari kegiatan Bina Desa selalu mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Dan pihak kampus juga sudah berkoordinasi dengan pemda satgas covid, pihak kecamatan, pihak desa, petugas kesehatan dan unsur terkait lainnya.

“Sehingga pelaksanaan Bina Desa ini nantinya dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang memang sudah diberlakukan oleh pemerintah maupun oleh internal kampus. Sejauh ini kita masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak,”tambahnya.

Dzhihan Khilmi Ayu Firdausi mengaku sangat bersyukur dan senang dapat berkunjung ke Desa Tanjung Berikat sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat maupun perangkat pemerintah setempat. Terlebih memang daerah ini memiliki potensi ekonomi utama yang sangat bagus yakni dari sektor perikanan dan pariwisata yang menampilkan pesona alam bahari nan eksotis.

Bahkan seperti yang di ketahui bahwa Batu Beriga termasuk Tanjung Berikat ini merupakan salah satu desa rencana program pembangunan perioritas oleh Pemerintah provinsi Bangka Belitung, termasuk akan membangun jalur pendaratan atau dermaga skala nasional, sebab pemerintah daerah mengaku yakin jika akses ini dapat dibuka, maka akan memberikan dampak yang sangat strategis bagi kemajuan Bangka Tengah maupun bagi Bangka Belitung seluruhnya.

”Buat kami salah satunya adalah objek wisata pantai Tanjung Berikat yang dimiliki oleh Desa Batu Beriga, yang betul-betul membuat mata terkesima bertakjub penuh syukur kepada Yang Maha Pencipta, karennya mudah-mudahan melalui program Bina Desa kami terus ikut serta berkontribusi. Dan untuk mencapai hal ini diperlukan dukungan yang solid termasuk dari kalangan akademisi, untuk menyiapkan sdm yang handal, yang kelak akan mampu mengelola aset ini semakin berkemajuan dan mencerahkan untuk di kontribusikan bagi kepentingan masyarakat, agama , bangsa dan negara.”tambah Dzihan.(Humas/ LPPM Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.