Enter your keyword

post

LLDIKTI Wilayah II Dorong Unmuh Babel Cepat Responsif, Optimis Berkembang Optimal

PANGKALANBARU – Sekretaris LLDIKTI Wilayah II, Dr.Nuril Furkan,M.Pd mendorong Kampus Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dapat terus berkembang menjadi kampus unggul khususnya di Provinsi Bangka Belitung. Sehingga mampu menjadi contoh pula bagi PTS maupun PTN lainnya di Babel.

“Kami melihat bahwa kampus ini memang telah melakukan berbagai langkah akselarasi sejak 1 tahun terakhir dari status sekolah tinggi menjadi universitas. Dan kami juga sudah melihat adanya peningkatan yang cukup bagus dalam hal capaian-capaiannya,”ujar Nuril di sela-sela kegiatan pendampingan Aplikasi DiTES (Digital Tracking Equipment System) Generasi Ke-2,Senin (21/09/2021) di Gedung Babel Kampus Unmuh Babel.

Nuril pun berharap peningkatan capaian dan segala hal perubahan ke arah lebih baik tersebut, semoga bisa cepat direspon,sehingga civitas Unmuh Babel pun mampu melakukan penyesuaian secara cepat di tengah era kompetitif yang sangat cepat ini.

Termasuk hal-hal lainnya yang juga memerlukan proses peningkatan dalam hal kompetensi dosen, jenjang pendidikan dosen, peningkatan sarana prasarana, penyesuaian kurikulum yang harus sesuai dengan perkembangan hingga pentingnya penetapan atau penyusunan profile lulusan yang memang ke depan memang harus siap berkompetensi.

Menurut Nuril sesuai dengan kebijakan program Kemendikbud Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) maka tidak boleh ada lagi pendikotomian antara negeri dan swasta. Sebab semua memiliki kesempatan yang sama dan bisa berkompetisi dimana pun dan kapanpun.
Oleh karena itu Nuril menekankan bahwa hal yang harus dipacu dari swasta adalah bagaimana meningkatkan akreditasiny.

Karena sekarang yang masyarakat atau publik bicarakan adalah apakah status prodi di satu perguruan tinggi tersebut berstatus baik, baik sekali atau unggul. Sebab misalnya sekolah atau perguruan swasta tersebut unggul, maka hal inilah yang akan menjadi bahan perhitungan bagi publik untuk memilih atau memberikan kepercayaan.

Sehingga tidak ada lagi jalan lain bagi pihak sekolah maupun perguruan tinggi swasta kecuali bagaimana meningkatkan akreditasinya, dan hal ini memang membutuhkan banyak persyaratan yang harus di persiapkan, mulai dari sarana prasarana, kualifikasi dosennya yang mengajar tidak lagi Strata 2 (S2) tetapi sudah harus Strata 3 (S3), profesor hingga guru besar.

“Sehingga kalau ini belum dilakukan, maka segeralah di upayakan untuk menyekolahkan atau mencari bantuan lain, sehingga sumber daya manusia seperti inilah yang bisa menjadi pengunci untuk swasta khususnya mampu berkembang secara optimal,”ujarnya.(Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.