Enter your keyword

post

Klinik Satelit Muhammadiyah Muntok, Jadi Kado di Usia 287 Tahun Kota Sejarah

PANGKALANBARU – Klinik Pratama Muhammadiyah (KPM) Muntok yang beralamat di Jalan Kartini, Kelurahan Sungai Daeng Muntok, Kabupaten Bangka Barat telah sukses diresmikan oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman,Selasa (07/09/2021).

Menarik banyak perhatian, karena memang peresmian ini dilaksanakan bertepatan di hari jadi Kota Muntok ke-287 tahun, ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian bersama oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Bupati Bangka Barat H.Sukirman dan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bangka Belitung,H.Syamlawi Achmad.

Ikut disaksikan Sekretaris PWM Babel Fadillah Sabri, Bendahara PWM Babel, H.Fauza Akhmad, Wakil Ketua PWM Babel, Bidang MEK & MWK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ,H. Warsangka, Wakil Ketua PWM Babel, bidang Majelis Pendidikan Kader & Wakil Sekretaris PWM,H.Hasan Rumata dan Wakil Ketua PWM Bidang LazisMu dan Lingkungan Hidup, Sahirman Jumli.

Konsultan Klinik Pratama Muhammadiyah Muntok Bangka Barat, Dr.dr. Sukma Sahadewa,S.H.,M.H.,M.Sos., Cht.,CIA , menyambut gembira karena Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang kesehatan di Bangka Barat ini telah di resmikan, sekaligus menjadi kado indah di Hari Jadi Kota Muntok ke-287 tahun.

Dr.Sukma Sahadewa berharap, kehadiran klinik ini akan menjadi sarana fundamental terhadap peningkatan kualitas bidang pelayanan kesehatan bagi umat, pelayanan sosial kepada masyarakat khususnya di Kota Muntok dan sekitarnya yang lebih baik dan maksimal.

“Ini adalah klinik yang holistik atau kompleks, yang juga bisa memberikan pelayanan umum, gigi, kecantikan dan laboratorium, karenanya kita juga sudah siapkan metode baru di Klinik Pratama Muhammadiyah Muntok ini, dan inshAlloh kita akan bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,”ujarnya.

Klinik Pratama Muhammadiyah Muntok ini, berkomitmen melayani masyarakat lebih maksimal dan harga terjangkau. Melalui hadirnya klinik ini, Muhammadiyah Bangka Belitung ingin menguatkan tongkat estapet pembangunan klinik Muhammadiyah di semua kabupaten/kota di Babel.

”Makanya kita namakan ini sebagai klinik satelit di setiap kabupaten yang ada di Babel. Setelah nanti klinik satelit bisa beroperasi dengan banyak, maka cita-cita selanjutnya adalah kita akan membentuk rumah sakit Muhammadiyah di Babel,”ujarnya.

Untuk itu, Muhammadiyah Bangka Belitung khususnya juga terus berupaya mempersiapkan diri, termasuk dengan menyiapkan fakultas kedokteran di Babel ,sehingga konektivitas dan sinergitas antara pendidikan dan praktek yang ada di rumah sakit dan klinik dapat saling mendukung dan saling melengkapi.

”Sehingga memang kehadiran Klinik Pratama Muhammadiyah ke depannya tidak hanya untuk memberikan pelayanan kesehatan secara umum kepada masyarakat, tetapi juga akan menjadi pusat pendidikan khususnya di fakultas kedokteran Muhammadiyah di Babel nantinya.

“Guna menunjang terwujud cita-cita ini, maka kita sudah melakukan berbagai langkah persiapan dari sekarang, termasuk juga bermitra dengan pemerintah maupun staekholder lainnya ,supaya kita bisa memaksimalkan untuk bekerjasama dan mempercepat terwujudnya cita-cita mulia ini,”sebut dr.Sukma.

Ia seraya menambahkan bahwa di Klinik Pratama Muhammadiyah Muntok juga telah dilengkapi dokter umum, konsultasi, khitanan, dokter gigi, dokter kecantikan, perawatan kehamilan, laboratorium. Dan inilah yang menjadi ciri khas, karena klinik pratama Muhammadiyah Muntok juga bermitra dengan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di sekitarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bangka Barat, H.Sarbudiono, bahwa PDM Bangka Barat akan terus berupaya untuk bersinergi dengan program pemerintah dalam rangka pencanangan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mendatangkan manfaat besar bagi umat, bangsa dan negara ini.

“Alhamdulilah dengan izin Alloh SWT ditambah dengan semangat dari kita semuanya, peresmian klinik ini bisa kita selesaikan dengan lebih cepat, bahkan momentnya juga bertepatan dengan milad Kota Muntok ke- 287 pada 7 September 2021. Ini sebagai kado terindah untuk Kota Muntok dari Muhammadiyah,”tambahnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah yang juga sekaligus Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bangka Belitung, Fadillah Sabri juga menyampaikan apresiasi atas loyalitas tinggi yang diberikan oleh kader, ketua, anggota di lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bangka Barat demi kemajuan dan kemasalahatan umat Islam maupun masyarakat secara umum di Bangka Barat, dengan cara menghadirkan Klinik Pratama Muhammadiyah.

Ia mengaku, mengapresiasi loyalitas kepada seluruh unsur kader dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) di Babar, yang juga sangat kompak dan bekerja keras, sehingga ini patut di contoh oleh daerah-daerah lain. Dan yang tak kalah surprices adalah peresmian ini juga dilaksanakan tepat di hari jadi Kota Muntok ke-287 tahun, bahkan tanpa di rencanakan sebelumnya.

“Ini adalah salah satu monumental dahsyat dan sejarah. Makanya saya optimis bahwa Muhammadiyah akan kembali bangkit dari Muntok Barat, meskipun awalnya lahirnya Muhammadiyah di Babel adalah 1924 di Gantong Belitung Timur. Matahari (Muhammadiyah) terbit dari Belitung Timur dan akan kembli bangkit dari barat, yakni dari Kota Muntok,”tambah Fadillah Sabri optimis.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.