Enter your keyword

post

Kepala LPPM Unmuh Babel : Keunikan dan Potensi Besar Pejem, Harus Terberdayakan Maksimal

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh), Dzihan Khilmi Ayu Firdausi,M.Pd,Pjs juga menyambung bahwa pihaknya pun siap mensupport melalui Program Bina Desa dalam menangani berbagai persoalan yang dihadapi Kabupaten Bangka termasuk untuk penanganan persoalan masih tingginya angka putus sekolah di wilayah yang saat ini dipimpin Bupati Mulkan tersebut.

”Tentunya dasar Program Bina Desa yang akan dilaksanakan LPPM Unmuh Babel adalah menjunjung tinggi nilai-nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan. Termasuk hal inilah yang akan kita kembangkan di desa binaan kita nanti yakni Dusun Pejem,”ujar Dzihan.

Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi ( Prodi PJKR) Unmuh Babel yang satu ini juga mengaku optimis, Dusun Pejem termasuk salah satu wilayah yang cukup memiliki potensi untuk lebih dikembangkan.

Sebagaimana diketahui bahwa di Dusun Pejem ini memiliki ciri khasnya sendiri, unik di bandingkan dari desa-desa lain di Bangka, yang mana masyarakat aslinya Suku Lum Dalam sebagian besar masih sangat menjaga dan merawat nilai-nilai budaya dan kearifan lokal mereka, meskipun sebagian lagi orang Suku Lum Luar juga sudah membuka diri, dan mendapat pengaruh dari budaya luar mereka.

Masyarakat di wilayah ini juga memiliki potensi dibidang pertanian namun masih terkendala dalam hal publikasi atau pemasaran bahkan cenderung masih sangat minim. Termasuk dalam pengelolaan pertanian, sebab notabenenya warga hanya baru bisa sebatas menjual barang atau komoditi tani mentahnya, tetapi belum mampu menjadikannya sebagai bahan baku untuk menambah nilai jual ekonomisnya, masih tingginya angka putus sekolah hingga lemahnya pengetahuan tentang kesehatan. Karenanya LPPM Unmuh Babel melalui Program Bina Desa akan terus berupaya memberikan penyuluhan, membuka mindst tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi termasuk juga tak kalah pentingnya adalah pengetahuan agama.

Program Bina Desa LPPM Unmuh Babel ingin potensi wisata yang dimiliki di seputaran Desa Gunung Pelawan khususnya Dusun Pejem juga dapat dimanfaatkan dengan lebih baik, lebih kreatif dan terpublikasi seperti halnya juga sebagain besar masyarakat adat Papua atau Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali dan daerah lainnya yang kendati sangat menjaga tradisi khasnya, namun tetap terbuka dan bahkan bisa memanfaatkan potensi budaya ciri khasnya , demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Atas persoalan yang ada ini, sehingga nanti LPPM Unmuh Babel akan mencoba memberikan sosial program, sehingga bisa terekspos keluar nantinya. Ini adalah sejumlah persoalan yang dihadapi di dusun ini. LPPM akan langsung terjun ke masyarakat untuk langsung wawancara dengan masyarakat termasuk melibatkan kepala dusun dan sebagainya.

”kita akan fokus kepada sub program mana saja yang harus jadi perioritas, yang bisa kita sinergikan, kita juga akan melakukan perbincangan dan diskusi-diskusi dengan pihak terkait yang punya arah sama memajukan dusun unik ini,”ujar Dzihan
Menurut Dzihan Program Bina Desa adalah salah satu bagian dari Tridarma yang wajib dilaksanakan Unmuh Babel. Sebagai perpanjangan tangan rektor, maka LPPM Unmuh Babel akan fokus atau mengkonsentrasikan diri dengan 3 desa binaan di tahun 2020/2021, yakni Tanjung Beriga, Pangkalarang dan Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

“Ini adalah salah satu amanah Rektor Unmuh Babel, Ustad Fadilah Sabri, S.T,M.Eng kepada LPPM yang ingin mewujudkan desa yang unggul dan mandiri , berpartisipasi juga pada upaya pembangunan nasional yang sesuai dengan visi-misi Unmuh Babel maupun pemerintah, sehingga nanti kita juga akan bisa melaksanakannya dengan program-program Beririsan,”tambahnya.

Dengan Program Bina desa juga bertujuan agar masyarakat desa dapat mengembangkan potensi dalam berbagai sektor kehidupan dengan cara yang tepat dan tidak menyimpang dari tuntutan agama Islam. Sehingga hasil akhirnya diharapkan akan dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri dan unggul dalam semua aspek sosial, ekonomi, pendidikan, pariwisata dan budaya.

“Ini merupakan langkah awal dari program bina desa , untuk itu tahun ini kita baru memang baru masuk tahap observasi program , sosialisasi program sampai bulan Juni 2021, dan pelaksanaan program akan kita lakukan pada bulan Juli 2021 ke atas,”ujarnya.

LPPM Unmuh Babel melalui Program Bina Desa ingin membantu dan memberdayakan masyarakat desa, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan umum dan keagamaan, memanfaatkan komoditi lokal , membantu mengatasi permasalahan kemiskinan, mendorong pada kegiatan kewirausahaan, melanjutkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan mangemen produksi dan mempromosikannya sebagai icon desa agar menyerap wisatawan untuk berkunjung ke desa tersebut.

“Sehingga suatu saat resolusi besar kita ini, yakni menjadikan masyarakat rakyat Dusun Pejem dan sekitarnya yang mandiri dan unggul dalam semua tatanan sosial kehidupannya akan terwujud. Ini tugas besar, jangka panjang, butuh dukungan semua pihak, tapi juga harus semangat dan optimis bahwa keunikan khas Pejem dan potensi besarnya harus lebih terarah dan termaksimalkan dengan lebih baik lagi demi kesejahteraan masyarakat, ”dorong Dzihan lagi.

Masih bersama crew LPPM Unmuh Babel Fitriani Apriani,M.Pd, selaku Sekretaris LPPM Unmuh Babel, Nurjannah,M.Pd selaku Koordinator Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kabag SDM, Hukum dan Unmuh Babel, Ir. Umardani Sanjaya dan tim Rabu (17/02) juga langsung mengunjungi Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka yang ditempuh dengan jarak tempuh perjalanan 2,5 jam dari Kota Pangkalpinang ini .(Humas/LPPM Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.