Enter your keyword

post

Kepala LLDIKTI Wilayah II Hadir di UNMUH Babel

 

 

 

 

 

 

Orasi Ilmiah Bersama Prof. Yuliansyah,SE.,M.SA.,Ph.D.,Akt,CA Kepala LLDIKTI Wilayah II dengan tema” Strategi Peningkatan Profesi Akademik Dosen di Akhiri Dengan Sesi Foto Bersama Rektor UNMUH Babel, Fadilah Sabri,ST.M.Eng, Rabu(02/12)

Kepala LLDIKTI Wilayah II Hadir di UNMUH Babel

Suntik Spirit  Bagi Para Dosen PTS se Babel

PANGKALAN BARU- Orasi Ilmiah Bersama Prof. Yuliansyah,SE.,M.SA.,Ph.D.,Akt,CA selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) Wilayah II  dengan tema” Strategi Peningkatan Profesi Akademik Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, berlangsung di Gedung Aula Rektorat  UNMUH Babel, Rabu( 02/12).

Orasi ilmiah ini dihadiri Jajaran Pimpinan Badan Pembina Harian ( BPH) UNMUH Babel, perwakilan dosen dari sejumlah perguruan swasta ( PTS) di Provinsi Bangka Belitung. Orasi ilmiah ini di buka secara langsung oleh, Rektor UNMUH Babel, Fadilah Sabri, S.T.,M.Eng.

Dalam sambutannya, Rektor UNMUH Babel menyampaikan bahwa orasi ilmiah bersama Prof.Yuliansyah yang juga merupakan putra terbaik bangsa kelahiran Kacang Pedang Pangkalpinang ini bertujuanuntuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan mencerdaskan kehidupan bangsa, peningkatan kualitas sumber daya manusia ( SDM) melalui bidang pendidikan.

Rektor UNMUH Babel, Fadilah Sabri menyebut bahwa, ada 3R penting yang harus senatiasa di pegang dan menjadi tuntunan dalam hidup khususnya bagi kaum pendidik, guru atau dosen, yakni jadilah pendidik yang selalu Care dengan lingkungan pendidikan, pendidik yang  Fair, yang menjujung tinggi kejujuran dan keterbukaan dan senantiasa bertipikal sebagai pendidik, guru dan dosen yang memiliki daya saling sharing demi mencapai kemajuan dunia pendidikan sekaligus membesarkan lembaga pendidikan masing-masing dan bukan menjadi pesaing.

“Makanya saya berharap kesempatan kita bersama di forum ilmiah ini dapat terus terjalin lebih baik ke depannya, saling sinergi mewujudkan tugas bersama yakni tugas merdeka, merdeka belajar,”tambahnya.

Fadilah Sabri yang juga merupakan seorang tokoh ulama di Bangka Belitung ini menyebut bahwa kemerdekaan mendapatkan pendidikan adalah hak semua warga negara, namun jangan sampai memerdekan akhlak dan moral dari hakikat pendidikan itu sendiri.

” Sebab orang yang berilmu tanpa adab tidak ada gunanya.Karenanya adap mahasiswa dan dosen harus di ke depankan.Ini adalah kewajiban bersama kita sebagai pendidik, guru maupun dosen disamping untuk meningkatkanintelektualitas, jenjang pendidikan dan karier,”tambahnya seraya mengajak kepada seluruh pendidik, guru dan dosen agar mampu menjadi sosok yang menginspirasi mahasiswa hingga ke lingkungan masyarakat.

Sementara itu, dalam orasi ilmiahnya, Prof.Yuliansyah, S.E,M.S.A, Ph.D, Akt,CA  juga memberikan arahan, dorongan spirit kepada seluruh dosen yang hadir. Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) tersebut, dalam orasinya ingin setiap dosen untuk terus bersemangat mengejar profesinya sebagai dosen dengan mengejar studi lanjut serta mengurus jenjang akademiknya.

“Dari pertanyaan teman-teman dosen, tadi intinya mereka memposisikan dirinya sebagai dosen, bagaimana untuk meningkatkan kualitas akademiknya , bagaimana aturan-aturan dalam meraih pendidikan doktor, izin sekolah dan izin belajar,”ujarnya.

Prof. Yuliansyah menyebut, pihak LLDIKTI juga akan mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk program penyelenggaraan studi lebih lanjut, yang mana  di tahun 2021 LLDIKTI  juga akan bekerjasama dengan universitas di luar negeri.Termasuk juga akan datang ke PTN-PTN yang memang dianggap sebagai kakaknya PTS untuk membuka program doktor.

” Sehingga dosen-dosen yang ada di wilayah sumbagsel, nanti bisa meneruskan pendidikan di wilayahnya masing-masing , mengingat selama ini kalau dosne-dosen PTS ingin  melanjutkan pendidikan di luar wilayahnya  mereka agak mengalami kesulitan , faktor phisikologi , biaya beasiswa yang tidak tercukupi turut menyumbang sebagai faktor bagi para dosen enggan melankjutkan jenjang pendidikan keluar wilayahnya seperti Jawa maupun sampai keluar negeri,”dorong pria ramah ini.(liya)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.