Enter your keyword

post

Inomatika Jurnal PMTK Terakreditasi SINTA 3 dan Terindeks Internasional

Pendidikan Matematika–https://unmuhbabel.ac.id/– Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) yang dikelola Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmuh Babel telah terakreditasi dengan Peringkat 3 (SINTA- 3) dan Terindeks Internasional.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadilah Sabri,S.T.,M.Eng di dampingi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dzihan Khilmi Ayu Firdausi,M.Pd dan Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PMTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Yudi Yunika Putra, dalam keterangannya kepada media masa belum lama ini mengaku bangga dan bersyukur, karena Jurnal Inomatika (Inovasi Matematika) tersebut telah terakreditasi SINTA-3 atau Peringkat 3 Pada Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Dengan berhasilnya Jurnal Inomatika meraih Akreditasi SINTA 3 ini maka, pihak Unmuh Babel khususnya Program Studi Pendidikan Matematika mengaku semakin optimis ke depan akan semakin maju dan menjadi pilihan masyarakat luas khususnya Bangka Belitung untuk menempuh pendidikan tinggi di ilmu bidang eksak ini.

“Tentu saja penghargaan ini bukan saja menjadi kebanggaan bagi kami di Prodi PMTK tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika Unmuh Babel dan prestasi ini, sebab hal ini sekaligus akan menjadi pemicu yang sangat baik untuk kami terus mengelola jurnal ilmiah dengan output publikasi pada artikel nasional terakreditasi khususnya di bidang inovasi matematika. Dengan semangat ini, bahkan kami juga optimis 2 tahun ke depan, kami sudah bisa masuk Akreditasi SINTA-2,”ujar Yudi.

Ia kembali menjelaskan bahwa dengan sudah berhasil masuk Akreditasi SINTA-3 dan terindeks internasional ini, maka berarti poinnya sudah mencapai 60 – 69 dalam daftar artikel nasional terakreditasi. Sehingga untuk mencapai nilai peringkat 2 (SINTA 2) tinggal sedikit lagi poin yang perlu dioptimalkan, sebab dengan poin minimal 70 maka sudah mencapai SINTA 2.

Yudi juga berharap bahwa jurnal inovasi matematika ini ke depan akan menjadi wadah publikasi artikel ilmiah dalam bidang pendidikan matematika yang telah terindeks Internasional tingkat tinggi seperti Scopus dan Web of Science agar dapat mendapatkan akreditasi Sinta 1, karena salah satu syarat khususnya itu.

Beliau juga menambahkan kalau sebenarnya jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) ini sudah terindeks internasional tingkat menengah dengan terindeks pada indeksasi bereputasi Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Index Internasional Copernicus. Ini adalah sebuah keberhasilan bersama karena tidak mudah untuk mendapatkan pengakuan indeksasi tingkat Internasional ini.

Yudi menyebut kalau Program Studi Pendidikan Matematika Unmuh Babel memiliki beberapa keunggulan dalam hal riset dan publikasi. “Karenanya selain keberhasilan jurnal Inomatika dosen-dosen PMTK kita dalam riset, semua dosen juga sudah pernah mendapatkan hibah penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

“Bahkan mahasiswa kita tahun kemarin ada yang lulus pendanaan dalam bidang riset yang didanai dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud dengan judul yang sangat unik menggabungkan matematika dengan konteks permainan Bangka Belitung,”ujarnya.

Pengembangan Pangkak Igik Karet Sebagai Media Berhitung merupakan judul yang pernah lulus pendanaan yang diketuai oleh Devi (Semester III) dengan anggota penelitian Yopa (Semester V), dan Nadia (Semester VIII). Dan saat ini semua mahasiswa yang dibimbing oleh dosen-dosen sedang mempersiapkan proposal untuk pendanaan tahun 2021. Semoga tahun ini mahasiswa PMTK dapat berhasil kembali lulus pendanaan penelitian dan lolos sampai pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Alhamdulillah berkat dukungan dan bimbingan dari dosen semuanya, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sangat termotivasi untuk berprestasi, banyak tulisan-tulisan yang telah diterbitkan pada jurnal nasional, dan belum lama ini ada artikel yang mendapatkan juara Harapan I dalam kegiatan “Organisasi Bagian dari Perubahan” Bidang Opini Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang dilaksanakan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

“Mohon doanya dalam waktu dekat mahasiswa kita akan mengikuti even nasional yaitu Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) dan PKM 5 Bidang. Semoga mereka semuanya mendapatkan hasil terbaik, kami di Program Studi sangat mendukung mahasiswa untuk selalu berkreasi”, Imbuh Yudi.

Selain dalam bidang akademik di tahun 2020, mahasiswa PMTK atas nama M. Zakky Munawar (Semester III) pun telah mendapatkan Juara II MTQ Tingkat Nasional cabang qira’at Saba’ah Murottal yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Itu merupakan pencapaian yang luar biasa, selain membawa nama baik Kampus, itu merupakan kebanggan bagi Provinsi tercinta ini.

“Begitu juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen PMTK tahun kemarin sudah ada yang lulus doktor dan 50% dosen di Pendidikan Matematika ini sudah tersertifikasi nasional dalam bidang pendidikan matematika, oleh karenanya sekali lagi kami yakin Program Studi Pendidikan Matematika ini akan menjadi Prodi unggulan di Provinsi ini,”ujar Yudi mengamini.

Paradigma lama terhadap pelajaran matematika yang kerap dianggap sebagai pelajaran yang tidak mudah dipahami bahkan menjadi momok. Hal ini pun dibantah Yudi, sebab kata dia justru melalui matematika lah yang akan mampu menjawab sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di era digitalisasi saat ini.

“Ilmu matematika adalah bidang ilmu yang sangat tepat, pasarnya tinggi, sebab matematika mampu menjawab semua tantangan zaman terlebih di era yang semuanya sudah berbasis data saat ini,”tambahnya.

Ditambahkan Yudi, bahwa di era sekarang ini banyak bidang pekerjaan berbasis data dan teknologi. Sehingga untuk menunjangnya, maka tentu harus di dukung dengan penguasaan bidang ilmu matematika yang baik. Sehingga tugas-tugas pekerjaan tadi pun akan lebih mudah dilakukan dan lebih mudah memahaminya.

“Apalagi sekarang sistem kerja kita sudah berbasis data dan teknologi. Maka dengan menguasai ilmu matematika lah kita akan lebih mudah memahaminya. Sebab mahasiswa matematika terbiasa dengan menyelesaikan permasalahan matematika yang membutuhkan kemampuan Berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), penelitian dan penyelidikan (research and inquiry), penggunaan informasi (information use), sistem berpikir (systems thinking). Salah satu kemapuan-kemapuan itulah yang dibutuhkan saat ini.

Yudi mengaku semakin yakin dengan bermodalkan prestasi dan tetap terus bekerja keras bahwa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmuh Babel ke depan akan mampu memberikan layanan yang terbaik dalam ikut serta mendorong kemajuan dan berkontribusi bagi Unmuh Babel,agama, masyarakat, bangsa dan negara.(Prodi PMTK Unmuh/Humas).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.