Enter your keyword

post

Hikmatnya Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442 H Ke-1 di Air Gegas, Umat Muslim Harus Jadi Tauladan Bagi Umat Lain

Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung kembali mengemban amanah dari Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri,ST.,M.Eng untuk menjadi koordinator pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442 H dengan tema “Mengokohkan Keimanan di masa Pandemi Dengan Saling Berbagi di Bulan Suci Ramadhan 1442 H”.

Sebagai wujud komitmen penuhnya itu, maka di aktivitas pertamanya di Safari Ramadhan 1442 H ini, LSIK Unmuh Babel pun bersilaturahim dengan para pengurus serta Jamaah Masjid Rhaudatus Sholihin Desa Air Gegas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (16/04).

Safari Ramadhan Unmuh Babel ini dirangkaikan mulai dengan sholat Jum`at berjamaah, ceramah agama oleh KH.Hasan Rumata selaku Ketua Badan Pembina Harian Unmuh Babel , penyerahan paket sembako Unmuh Babel untuk 22 keluarga kurang mampu di sekitar lingkungan Masjid Rhoudatul Solihin Desa Air Gegas, penyerahan secara simbolis paket Al-Qur`an, santunan uang tunai untuk anak yatim piatu, pembagian brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unmuh Babel Tahun Akademik 2020/2021 dan masker protokol covid-19 hingga acara ramah tamah.

Safari Ramadahan Unmuh Babel 1442 H juga dihadiri Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unmuh Babel, tim LSIK Unmuh Babel, para dosen, tenaga kependidikan beserta staf Unmuh Babel., tokoh masyarakat, tokoh agama, sekretaris desa dan perangkat pemerintahan desa Air Gegas lainnya.

Ketua LSIK Unmuh Babel, Adi Saputra,M.Pd.i mengaku berterimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat, jamaah dan pengurus Masjid Raudhotul Solihin Desa Air Gegas terhadap kunjungan tim Unmuh Babel.

Ia juga menjelaskan bahwa Safari Ramadhan Unmuh Babel Tahun 1442 H, akan dilaksanakan di Masjid Rhaudatus Sholihin Desa Air Gegas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Masjid Fastabikhul Khoirot Desa Munggu Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, Masjid Fathurrahman Desa Kota Kapur Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka dan Masjid Baiturrahmah Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

“InshaAlloh mohon doanya agar pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442 H ini dapat berjalan lancar di seluruh kabupaten/kota yang akan kita kunjungi, sebagaimana pula yang kita harapkan,”ujar Adi mengamini.

Ia kembali menjelaskan bahwa dalam setiap pelaksanaannya, maka Unmuh Babel juga akan melaksanakan kegiatan tausiah oleh para penceramah dari Unmuh Babel, sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021 dan penyerahan bantuan 22 paket sembako.

”Melalui kegiatan Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442 H ini semoga menjadi ladang bertambah ilmu kita, kami sekaligus ingin terus ikut membina masyarakat dalam perihal agama, pendidikan dan sosialnya yang lebih baik. Dan tentu saja hal ini akan bisa tercapai apabila pihak pemerintah desa dan masyarakatnya juga bisa bekerjasama dengan Unmuh Babel,”ujar Ustad Adi Saputra.
Ketua Umum Masjid Rhaudatus Sholihin, H.Abdul Somad yang di dampingi Ketua Masjid Bidang Pembangunan,Ruslan mengaku juga menyambut baik atas silaturahim dalam rangkaian Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442.

”Kami menyambut baik, apalagi k di Safari Ramadhan Unmuh Babel Tahun 1442, masjid yang pertama di kunjungi adalah Masjid Rhaudatus Sholihin Air Gegas ini, semoga atas apa yang kita laksanakan ini dapat menambah pahala ibadah kita dibulan puasa ini sekaligus bertambah pula ilmu kita dan kecintaan kita sebagai orang yang beriman kepada Alloh SWT beserta Rosullulah Muhammad SAW, sahabatnya dan orang – orang soleh yang dimuliakan oleh Alloh SWT sampai akhir zaman,”ajak Roslan.

Sementara itu dalam tausiahnya, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unmuh Babel, Dra.KH.Hasan Rumata mengucapkan terimakasih atas sambutan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah desa Air Gegas yang sudah memberikan kesempatan kepada tim Safari Ramadhan Unmuh Babel Tahun 1442 H untuk bersilaturahmi di Masjid Rhoudatul Sholihin Air Gegas ini.

Dalam tausiahnya, ia menyebut bahwa manusia itu adalah makhluk di muka bumi yang di ciptakan oleh Alloh SWT dalam wujud paling sempurna dan semua manusia itu pun sama di hadapan Alloh SWT kecuali iman dan taqwa yang membedakannya. Yakni, berakumulasi dalam 1 iman, Laillahaillaulah Muhammad Rosullulah ( Tiada Tuhan Selain Alloh dan Muhammad Adalah Utusan Alloh).

”Desa Air Gegas ini, dari yang tadi saya dapat informasi memiliki jumlah penduduk lebih dari 4000 jiwa yang multietnis, ras, suku bangsa dan warna kulit dan agama. Karenanya saya mengajak jadilah seperti kita membangun sebuah masjid yang tak bisa hanya dari satu jenis bahan, tetapi membutuhkan berbagai macam bahan bangunan, sehingga barulah nanti bisa menjadi masjid yang kokoh, megah dan indah di pandang mata,”ujar tokoh Mubaliq yang juga sehari-hari aktif sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pangkalpinang ini.

Ia menambahkan bahwa di muka ini tiadalah pula yang pantas sombong kecuali Alloh SWT Dzat pemilik segalanya. Sehingga tak layak seorang anak manusia menyombongkan dirinya, apalagi hanya karena harta, pangkat dan kekayaan yang bersifat sementara.
”Oleh karena itu mari lah di bulan Ramadhan yang mulia ini, kita kerjakan apa yang memang menjadi tugas kita dengan sebaik-baiknya, semoga menjadi ladang pahala di hadapan Alloh SWT sembari menjalankannya ibadah, mengukuhkan hati dan tanpa melepaskan dzikir kepada Alloh SWT serta bersholawat kepada baginda Rosullulah Muhammad SAW,”tambahnya.

Bulan Ramadhan bukanlah bulan rutnitas tahunan, tetapi Ramadhan adalah salah satu Rahmat terbesar, penuh ampunan dan keberkahan dari Alloh SWT untuk orang-orang beriman.Oleh karenanya memanfaatkan momentum Ramadhan dengan menjalankan segala ibadah terbaik dan penuh khusyukan adalah cara terbaik seorang hamba untuk bersyukur kepada Alloh SWT karena sudah dipertemukan lagi dengan Ramadhan tahun ini. Sebab banyak orang di alam kubur yang menangis hebat karena sudah tidak lagi punya kesempatan bertaubat kepada Alloh di bulan Ramadhan.

“Mari manfaatkan Ramadhan ini untuk terus berusaha untuk bersungguh-sungguh memuji ke Agungan Alloh dan berserah diri semata-mata kepada Alloh SWT lewat ibadah dan berzikir , bertasbih sebanyak-banyak kepada Alloh SWT.

Dalam kehidupan bermasyarakat mari terus hidup saling berdampingan. Buatlah orang lain selalu merasa dekat dan aman dengan orang Islam.Karena umat Islam wajib menjadi teladan bagi umat-umat yang lain.

” Dan bersama Universitas Muhammadiyah ( Unmuh Babel) mari terus kita memajukan anak-anak kita dengan ilmu pengetahuan. Sebab siapa pun orangnya yang mau bahagia di dunia dan akhirat maka harus berilmu pengetahuan dan amal.Sebab Alloh SWT juga pasti akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan.Makanya sekali lagi mari belajar terus belajar termasuk bersama Unmuh Babel, kita cerahkan dan majukan masa depan sumber daya manusia (SDM) kita demi umat, bangsa dan negara yang lebih baik dan InshaAlloh di Rhidoi Alloh SWT,”ajaknya lagi.

Di sesi terakhir aktivitas Safari Ramadhan Unmuh Babel 1442 H kali ini, adalah menyerahkan bantuan paket sembako kepada para warga kurang mampu. Penyerahan ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua Umum Masjid Rhaudatus Sholihin, H. Abdul Somad di ikuti Ketua BPH Unmuh Babel, KH.Hasan Rumata Ketua dan tim LSIK Unmuh Babel lainnya. Seluruh rangkaian Safari Ramadhan Unmuh Babel di Desa Air Gegas pun sukses dan penuh hikmat.( Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.