Enter your keyword

post

FKIP Unmuh Babel Gelar Rakor Penyusunan Proker, Tingkatkan Branding dan Kualitas Prodi

PANGKALANBARU– Rapat Koordinasi dan Penyusunan Program Kerja di Tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Bersama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Matematika (PMTk) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Jum`at(20/08/2021) berlangsung hikmat dan sukses.

Rapat Koordinasi ini juga dihadiri Wakil Dekan 1 FKIP Unmuh Babel, Muhammad Eka M. Simbolon,M.Pd Kaprodi PGSD, Romadon,S.T.,M.Pd, Kaprodi PMTK, Yudi Yunika Putra,M.Pd dan Kaporodi PBI,Iful Rahmawati Mega,M.Pd dan Kaprodi PJKR,Widati Amalin Ulfah,M.Pd.

Dekan FKIP Unmuh Babel, Yuanita,M.Pd., di sela-sela kegiatan menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini memang rutin dilaksanakan oleh FKIP Unmuh Babel sebelum tahun ajaran baru. Rakor ini mengumpulkan seluruh prodi yang ada di FKIP dalam rangka untuk melakukan penyusunan program kerja yang satu visi dengan prodi, fakultas maupun universitas secara keseluruhan.

FKIP ingin penyusunan program kerjanya ke depan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan sistem pembelajaran yang mengarah kepada ketercapaian visi fakultas, universitas maupun di prodi masing-masing.

Yuanita menyebut, bahwa program kerja yang dilaksanakan memang ada yang sifatnya rutinan maupun yang sifatnya situsional. Sehingga melalui rapat koordinasi inilah kemudian juga dilakukan evaluasi terhadap program kerja sebelumnya maupun beberapa program kerja lainnya yang tetap dipertahankan, karena berkaitan dengan keuanggulan program studi masing-masing.

“Ada pula yang kita sesuaikan berdasarkan situsional perkembangan dan analisis kebutuhan ke depannya. Sehingga dalam hal ini kita tentunya sangat perlu untuk bisa mengolah mana-mana saja yang terbaru,”tambah dosen PGSD ini.

Ke depannya FKIP Unmuh Babel juga akan konsentrasi melaksanakan program kerja yang lebih banyak kepada penguatan internal berdasarkan Statuta Unmuh Babel, sehingga sekaligus mampu menjawab program kerja rektor periode 2020 – 2024 yang memang banyak menekankan kepada tata kelola.

“Makanya kita akan terus melakukan perapihan semuanya, sembari juga melaksanakan program-program unggulan yang sifatnya bisa tertuju ke arah pencapaian tingkat nasional,”dorong Yuanita.

Wakil Dekan II FKIP Unmuh Babel, Ayen Arsisari,M.Pd, juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rapat koordinasi, evaluasi dan penyusunan program kerja FKIP Unmuh Babel bersama 4 prodinya yakni PBI, PMTK, PGSD dan PJKR.

Ia menyebut, dalam rakor ini, FKIP Unmuh juga melakukan evaluasi terhadap program yang sudah di susun sebelumnya di tahun 2020/2021. Hal ini penting dalam mengukur efektivitas kegiatan yang sudah dilaksanakan, sehingga ini akan mampu meningkatkan branding, peningkatan kualitas prodi maupun fakultas.

“Kita tadi juga sudah mengarah kepada pembahasan program kerja 2021 – 2022. Yang mana program ini berfokus kepada pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi Unmuh Babel , yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian,”sebut Ayen.

FKIP Unmuh Babel juga mendorong fakultas dan prodi-prodinya untuk lebih banyak menjalin kerjasama dengan para mitra. Artinya kerjasama yang ada sebelumnya, tetap perlu lebih ditingkatkan. Dan program kerja tersebut juga harus disertai penciri dari masing-masing prodi yang diunggulkan setiap tahunnya.

Melalui hasil rakor ini, nanti diharapkan mampu meningkatkan kualitas masing-masing prodi dan branding dalam rangka eksistensi prodi FKIP maupun Unmuh Babel seluruhnya. Semoga ke depannya apa yang kita lakukan ini akan berdampak baik kepada sosialiasi PMB kita, selaras dengan penyerataan program yang lebih bagus dan diterima oleh masyarakat, khususnya terhadap prodi di FKIP.

“Nanti akan ada program-program unggulan dari prodi-prodi yang ada di FKIP Unmuh Babel, yang pastinya programnya akan bermanfaat bagi masyarakat ataupun staekholder,”tambah dosen PMTK ini.

FKIP Unmuh Babel juga mendukung kebijakan program merdeka belajar, kampus merdeka yang di canangkan Kemendikbud sejak 2020. “Karena orientasi kita selain fokus di tridarma, tetapi juga fokus pada tata kelola yang baik atau good goverment, karena tata kelola yang baik inilah yang akan mampu menjaga eksistensi kampus ini,”dorongnya lagi.(Humas/FKIP Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.