Enter your keyword

post

Dekan FKIP : Unmuh Babel Terus Berkemajuan Terapkan 8 Kegiatan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka

PANGKALANBARU – Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Yuanita,M.Pd. menyebut bahwa dalam pelaksanaan kurikulum khususnya di FKIP Unmuh Babel tidak boleh kaku dalam menjawab tantangan Permendikbu Nomor.03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menjadi pedoman pelaksanaan Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

Ia menilai bahwa, arah kebijakan program merdeka belajar, kampus merdeka sangat tepat guna membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman belajarnya di berbeda kampus maupun beda program studi. Mahasiswa juga akan di tempat di 8 kegiatan yang akan dilaksanakan di dalam program merdeka belajar, kampus merdeka Yakni, pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen dan membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT).

“Semua kegiatan program ini juga sudah dilakukan para mahasiswa Unmuh Babel , hanya saja mungkin nanti di dalam penjabarannya harus lebih baik. Dan untuk itu kami sudah melakukan evaluasi kurikulum sebelumnya, menyisipkan program-program ataupun isi dari MPKM yang di inginkan termasuk meminta kepada 4 prodi yang ada FKIP Unmuh Babel menyusun ini semua dan Mitra apa saja yang nanti bisa kerjasamakan,”tambah Yuanita dalam pembukaan Lokakarya Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka FKIP Unmuh Babel Tahun Akademik 2021/2022 pada Sabtu(07/08/2021).

Ia berharap FKIP Unmuh Babel ke depan tidak hanya bermitra dengan sekolah-sekolah, tapi juga dengan lintas industri maupun mitra-mitra lainnya yang bisa memberikan skill tambahan kepada mahasiswa FKIP Unmuh Babel. Sehingga FKIP tidak hanya siap mencetak lulusan sebagai tenaga guru saja.

FKIP akan terus mendorong 4 prodinya , yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Matematika (PMTK) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) ketika menyusun visinya juga harus sudah bisa membuat pencirinya masing-masing pada mata kuliah yang diunggulkan misalnya prodi PGSD yang di unggulkan adalah displin ilmu ke arah kebijakan lokal, PMTK nanti akan lebih banyak ke riset dan seterusnya.

“Semua upaya yang dilakukan oleh FKIP Unmuh Babel ini adalah dalam rangka untuk mendukung 8 kegiatan program merdeka belajar,kampus merdeka,yang ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintah maupun di luar program studi seperti misalnya di PBI dan PJKR juga ada mata kuliah pengembangan kewirausahaan yang nanti bisa bisa dikembangkan. Dengan ini semua kami optimis, FKIP Unmuh Babel khususnya akan terus mampu menjadi kampus yang unggul, inovatif dan Islami. Selalu Berkemajuan dan Mencerahkan dimanapun mengabdi bagi kepentingan umat,bangsa dan negara,”dorong Yuanita lagi.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.