Enter your keyword

post

Bina Desa LPPM Unmuh Babel, Dorong Pangkalarang Mandiri dan Lebih Maju

PANGKALPINANG – Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng, Kamis(24/06) secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Desa Binaan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung yang merupakan program unggulan yang diselenggarakan oleh LPPM Unmuh Babel dari tanggal 23 , 24 dan 30 Juni 2021 dengan sasaran Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Pangkalarang Kelurahan Ketapang Kota Pangkalpinang dan Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Unmuh Babel ini mengaku mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan FGD Bina Desa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unmuh Babel yang mengangkat tema Pemetaan Masalah dan Potensi Desa Binaan Menuju Desa Mandiri “.

Bina Desa ini merupakan upaya pengaplikasian dari Catur Dharma Unmuh Babel yang diharapkan akan terus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan. “Saya sangat mengapresiasi FGD ini, karena lurahnya pun aktif langsung datang, makanya kita harapkan ke depan ini bisa menjadikan contoh bagi desa/keluarhan lainnya,”ujarnya.

Rektor Unmuh Babel ini juga berharap program Bina Desa LPPM Unmuh Babel di tahun-tahun mendatang tidak hanya meliputi 3 desa yang sudah ada, tetapi juga lebih banyak lagi desa-desa lainnya yang akan menjadi objek untuk pengabdian dan sebagainya.

Sementara itu, Ketua LPPM Unmuh Babel, Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd menyebut bahwa kegiatan FGD Bina Desa ini merupakan salah satu ikhtiar LPPM Unmuh Babel untuk mendorong kemajuan di desa-desa terkhususnya seperti di Pangkalarang, Pejem dan Tanjung Berikat.

”Di kesempatan ini kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk saling diskusi, membahas berbagai persoalan yang ada di masing-masing desa binaan dan setelah itu kita juga akn memetakan langkah-langkah apa saja yang bisa kita ambil hingga 4 tahun mendatang, supaya kegiatan penelitian dan pengabdian ini akan tepat sasaran,”harap Dzihan.

LPPM Unmuh Babel akan bekerjasama dengan desa-desa binaan tersebut untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk melahirkan dan mencerdaskan sumber daya manusia yang mempunyai 5 nilai dasar keunggulan Keislaman, Keindonesiaan,Kekinian,Kedisinian dan Kemasadepanan.

“Setiap desa binaan mempunyai permasalahan dan potensinya sendiri unik dan berbeda-beda, sehingga kita perlu memperlakukanya dengan metode penyuluhan, penelitian dan pengabdian yang memang tepat. Makanya salah satunya kita mengadakan FGD Bina Desa ini, supaya apa disampaikan bisa jadi acuan untuk melaksanakan kegiatan secara tepat sasaran,”tambah Dzhihan lagi.

Demikian pun dengan Lurah Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Rizki Ramdani,S.STP.,M.Si di dampingi sejumlah jajarannya mengaku mengucapkan terimakasih kepada pihak LPPM Unmuh Babel yang sudah memfasilitasi untuk terselenggarannya kegiatan FGD Bina Desa ini. Karena FGD ini akan bermanfaat sekali dalam memetakan persoalan-persoalan khususnya yang ada di Kampung Pangkalarang Keluharan Ketapang sekaligus mencari solusinya pula secara bersama-sama, sehingga ke depan Pangkalarang Keluharan Ketapang akan mampu bangkit lebih cepat dan menjadi daerah yang mandiri.

Rizki mengaku optimis, bersama program Bina Desa LPPM Unmuh Babel ini akan mampu memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan bagi masyarakat di Keluharan Ketapang termasuk Pangkalarang. Makanya kita perlu yang namanya melibatkan dan bekerjasama dengan berbagai unsur masyarakat, saling menciptakan kreasi dan inovasi yang terbaik.

“ Melalui kerjasama dengan Bina Desa LPPM Unmuh Babel ini ke depannya kita harapkan akan membantu kita lebih fokus lagi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kami, sebab pendidikan adalah modal utama untuk menggapai masa depan. Sebab apabila anak-anak kita bisa tercover dengan pendidikan , pola asuh, cara mendidik yang baik, maka yakinlah ditambah dengan doa tulus ikhlas, maka hasilnya pasti akan sangat positif sekali demi masa depan mereka kelak,”sebut Rizki optimis.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.