Enter your keyword

post

Bersama Unmuh Babel, Wujudkan Tanjung Berikat, Mandiri dan Berkemajuan

PANGKALPINANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangka Tengah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti, Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bangka Tengah, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwsata, Dinas Pangan, Pemerintah Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, melakukan kolaborasi dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Desa Binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah (LPPM Unmuh) Bangka Belitung yang mengangkat tema “ Pemetaan Masalah dan Potensi Desa Binaan Menuju Desa Mandiri Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat”. Yang berlangsung di Gedung Babel Unmuh Babel, Rabu (30/06).

Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri yang juga di dampingi Kepala LPPM Unmuh Babel, Dzihan Khilmi Ayu Firdausi beserta jajaran Dosen Unmuh Babel Penerima Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Internal Skim Desa Mitra, dalam kesempatan ini, mengaku mengapersiasi terselenggarannya kegiatan FGD Bina Desa khususnya untuk Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Bangka Tengah yang sangat penting ini.

Ia juga meminta kepada Kepala Desa Batu Beriga, untuk segera menyiapkan data-data yang akurat terkait kondisi sosial masyarakat, potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia (SDM) yang ada di Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga ini. Sebab ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, jauh lebih penting dari ketersediaan SDA. Hal inilah yang dibuktikan Singapura yang tak punya SDA , tapi bisa mengontrol perdagangan dunia.
“ Saya sangat antusias terhadap program Bina Desa ini, sebab ini sekaligus menjadi media dakwah, jihad yang akan mengangkat harkat martabat atau nilai kemanusian itu sendiri,”ujar Rektor Unmuh Babel.

Ia juga optimis Program Desa Binaan LPPM Unmuh Babel yang juga selalu komitmen menegakkan 5 nilai-nilai dasar yakni Keislaman, Keindonesiaan,Kekinian, Kedisinian dan Kemasadepanan ini akan mampu membantu lebih mengangkat dan mengembangkan kearifan lokal khususnya yang ada di wilayah Desa Batu Beriga. Sebab nilai-nilai kearifan lokal masyarakat memang sudah seharusnya mampu di transpormasikan menjadi nilai-nilai keutamaan dalam memajukan kehidupan agama, masyarakat bangsa dan negara.

Selain itu dengan mengedepankan 5 nilai-nilai dasar tadi, termasuk kemasadepanan, maka program Bina Desa yang di fokuskan LPPM Unmuh Babel di 3 Desa di Bangka Belitung yakni Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Kampung Pangkalarang Kelurahan Ketapang Pangkalpinang dan Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Bangka Tengah ini akan menjadi langkah yang tepat sasaran menggapai mimpi di masa depanan berupa kesejahteraan hidup masyarakat yang diharapkan yakni terbebas dari kebodohonan dan kemiskinan.

“Saya yakin Pak Kades dan jajarannya sudah punya program bagus untuk membangun desanya, tetapi Unmuh Babel juga siap membantu, siap suport, termasuk misalnya desa butuh pembinaan akutansi desa, sistem pengelolaan dana desa dan sebagainya. Sebab semua yang kami lakukan ini adalah untuk mengajak desa lebih pro aktif, tidak hanya menunggu atau pasif,”ujar Rektor lagi.

Kabid Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Arzali juga mengapresiasi, atas terselenggaranya pelaksanaan FGD Bina LPPM Unmuh Babel Untuk Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah ini. Arzali menyadari bahwa program ini akan menjadi program berkelanjutan, oleh sebab itu diharapkan OPD-OPD terkait yang ada di Bangka Tengah dapat membantu, memberikan sumbangsih berupa data informasi yang akurat untuk mendukung percepatan tercapainya visi dan misi program Bina Desa ini.

“Kami atas nama Pemerintah Bangka Tengah, sangat mendukung program Bina Desa ini. Kita siap untuk bekerjasama khususnya dalam menyajikan data-data yang akurat, lebih visual dan kooperatif. Sehingga kita akan mampu menganalisis, menyelesaikan permasalahan serta fokus mengembangkan potensi-potensi yang terjadi di Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga khususnya,”ujar Arzali.
Kepala Desa Batu Beriga, Gani juga menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan pembinaan yang diberikan oleh Unmuh Babel, sehingga menjadikan Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga sebagai salah satu yang masuk dalam fokus desa mitra atau desa binaan LPPM Unmuh Babel. Ia berharap melalui program Bina Desa ini akan mampu membantu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Tanjung Berikat Desa Batu Berikat Bangka Tengah.

”Desa kami memiliki potensi yang sangat banyak terutama sektor kelautan perikanan,pariwisata, perkebunan dan lain sebagainya, tetapi kami pun menyadari bahwaini juga harus didukung SDM yang lebih baik, termasuk misalnya dalam hal pengelolaan sektor pariwisata, kami melibatkan teman-teman anggota Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tentu masih sangat membutuhkan pembinaan, pendampingan secara berkelanjutan,”sebut Gani.

Gani menyebut, bahwa Pemerintah Desa Tanjung Berikat bersama Pemerintah Bangka Tengah pun terus berusaha, terus belajar untuk mewujudkan wilayah pesisir ini menjadi desa yang mandiri, masa depan cerah dan berkemajuan.( Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.