Enter your keyword

post

Bappeda & Bina Desa Unmuh Babel, Siap Beririsan Tangani Putus Sekolah di Kabupaten Bangka

Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bangka mengapresiasi dan siap mensupport untuk pelaksanaan Program Bina Desa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung Tahun 2020/ 2021.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Bangka, Dr. Darul Arkum saat berdialog langsung dengan pihak LPPM Unmuh Babel yakni Kepala LPPM Unmuh Babel Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd.,Pjs, Fitriani Apriani,M.Pd, selaku Sekretaris LPPM Unmuh Babel, Nurjannah,M.Pd selaku Koordinator Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kabag SDM, Hukum dan Unmuh Babel, Ir. Umardani Sanjaya dan tim lainnya Rabu (17/02) di Ruang Rapat Bapped Bangka.

Darul menyebut bahwa Bina Desa yang digagas ini pada pelaksanaanya nanti akan dapat ikut serta membantu tugas pembangunan di Kabupaten Bangka termasuk salah satunya adalah Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

Hal ini dalam rangka mendongkrak pembangunan di level desa agar masyarakat di dusun atau desa menjadi lebih mandiri dan ketahanan dalam berbagai aspek kehidupannya di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya.Semua desa yang ada di Kabupaten Bangka ini akan menjadi konsentrasi pembangunan agar menjadi desa yang mandiri, unggul dan punya peradaban yang tinggi.

” Salah satunya yang juga masih menjadi isu permasalahan strategis adalah masih tingginya angka putus sekolah di tingkat desa di Kabupaten Bangka, sehingga inilah yang harus segera di interpensi, namun pemerintah tidak bisa melakukannya hanya sendiri,”ujarnya.
Tugas besar ini harus terbantu dengan adanya sinergi dari berbagai pemangku kepentingan seperti, media masa, perusahaan Cooporate Social Responsibility (CSR) masyarakat sipil termasuk tentu saja peran perguruan tinggi, kalangan akademisi seperti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ,”ujar Darul sembari menambahkan angka putus sekolah di tingkat desa berdasarkan data Statistik Perburuan Anak Putus Sekolah (Bunaktuslah) Kabupaten Bangka hingga Tahun 2017 mencapai 2.345 orang.

Darul mengaku bahwa sebenarnya untuk berbagai hal yang masih menjadi isu startegis dalam berbagai tahapan pembangunan Kabupaten Bangka tersebut, maka termasuk melalui Bappeda telah mencoba untuk mengurai permasalahan yang ada, mengindentifikasi penyebab , bagaimana bisa terjadi ,berapa jumlahnya, strategi, kebijakan langkah apa yang dapat dilakukan sebagai intervensi untuk menyelesaikan beberapa persoalan mendasar di Kabupaten Bangka tersebut.

Berbagai kebijakan dan langkah masih terus dilakukan Pemkab Bangka melalui Bappeda, supaya terus meminimalisir meningkatnya kasus jumlah anak-anak di Kabupaten Bangka yang putus sekolah. Ia mengaku optimis kebijakan yang dibuat sebenarnya sudah sangat mengakar dan tepat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah termasuk Kabupaten Bangka.

”Namun ternyata masih ada hpersoalan yang tersembunyi masih menjadi penyumbang tingginya angka putus sekolah di Bangka maupun rendahnya jenjang pendidikan masyarakat kabupaten Bangka yang rata-rata hanya sampai duduk kelas 5 SD,’ujar Darol lagi.

Oleh karenanya, pemerintah terus menggenjot upayanya melalui program perioritas strategis dalam bidang ekonomi, kesehatan, pengabdian, infrastruktur, kualitas perencanaan dan perioritas konektivitas antar wilayah yang di harapkan akan menjadi basis perencanaan dan perumusan.Sehingga program yang telah di lakukan selanjutnya akan dapat berhubungan dengan keselarasan untuk membantu mengatasi persoalan di Pemkab Bangka khususnya.

”Karenanya sekali lagi kami mengapresiasi dan siap mendukung untuk realisasi program Bina Desa yang di gagas Unmuh Babel, karena ini bisa kita jadikan sebagai sinergi program ataupun program beririsan.Yang tentu saja hasil atau output yang ingin kita capai adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Bangka yang lebih mandiri, unggul dan sejahtera,”dorong alumus program doktor Universitas Gadjah Madha (UGM) Jogyakarta ini.( Humas/LPPM Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.