Enter your keyword

post

Baznas – Unmuh Babel, 1 Komando Tingkatkan Kualitas SDM Umat

PANGKALPINANG – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, AIK dan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Gatot Aprianto,Sos.i dan Wakil Ketua 4 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung ,Muhammad Atobi AB,SH.MH, melakukan penandatangan sekaligus serah terima Memorandum Of Understanding (MoU) Beasiswa Baznas Bagi Mahasiswa Unmuh Babel, di Kantor Baznas Babel, Rabu (08/07/2021).

Wakil Ketua IV Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung ,Muhammad Atobi AB,SH.MH, disela-sela acara menyampaikan bahwa penandatanganan sekaligus serah terima MoU antara Baznas Babel dan Unmuh Babel ini memang dalam rangka membantu meringankan beban biaya pendidikan bagi para mahasiswa Unmuh Babel yang kurang mampu.

“Melalui program kerjasama ini, kita sama-sama berharap, agar jangan sampai karena persoalan biaya menyebabkan semakin banyak anak-anak yang putus sekolah atau kuliah, karenanya salah satu upaya kita adalah dengan melakukan penyerahan atau perjanjian kerjasama beasiswa ini,”ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa penerima manfaat beasiswa ini nantinya merupakan mahasiswa yang memang sudah terverifikasi tidak mampu.
Ia juga berharap , para mahasiswa yang sudah mendapatkan bantuan beasiswa Baznas Babel ini ke depan akan menjadi ujung tombak bagi pembangunan umat Islam yang lebih baik. Yang salah satunya adalah dari mustahik (penerima zakat) harus berubah menjadi muzaqi (orang yang menyerahkan atau menyalurkan zakat) yang potensial.

“Islam itu adalah Rahmatan Lil Alamin( Rahmat Bagi Sekalian Alam) , Islam itu selalu mengajarkan panduan hidup yang jelas dan terarah dalam setiap menyelesaikan persoalan termasuk persoalan-persoalan sosial, supaya tidak terjadi kesenjangan sosial, Islam itu selalu mengajarkan bahwa antara kaya dan miskin itu sama, kecuali derajat ketaqwaannya kepada Alloh SWT. Dan inilah yang harus betul-betul mampu di pahami dengan sebaik-baiknya oleh diri setiap muslim,”dorongnya lagi.

Demikian halnya dengan Wakil Rektor III, Gatot Aprianto juga mengaku berterima kasih kepada pihak Baznas Babel yang sudah berkontribusi aktif menyalurkan santunan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

”InshaAlloh yakinlah bahwa mahasiswa penerimaan manfaat beasiswa baznas ini adalah mereka yang sebelumnya sudah betul-betul kita verifikasi, visitasi. Artinya mereka memenuhi syarat sebagai penerima manfaat beasiswa Baznas ini,”tambahnya.

Unmuh Babel sangat mendukung untuk terwujudnya apa yang juga menjadi harapan Baznas Babel, yakni juga akan terus melakukan pemberdayaan kepada para penerima manfaat beasiswa ini dari tingkatannya sebagai mustahik (penerima) ke depan menjadi kebalikannya yakni harus menjadi muzaqi (orang yang menyerahkan zakatnya).

“Sekaligus mereka juga akan kita arahkan sebagai relawan Baznas yang harus ikut andil mengajak meningkatkan kesadaran akan pentingnya zakat, infaq dan shoadqoh khususnya yang akan di himpun melalui Baznas. Dengan kesadaran yang semakin baik ini, maka InshAlloh kita optimis bahwa kehidupan umat Islam ini akan semakin lebih tercerahkan dari sisi kualitas sumber daya manusianya maupun dalam hal kemampuan finansialnya atau kesejahetraannya,”dorong Gatot lagi.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.