Enter your keyword

post

Kanwil Kemenag Babel : Mari Khusyuk Jalankan Ibadah Puasa Tetap Patuhi Protokol Covid dan Saling Menghormati

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bangka Belitung, H. Rebuan di wakili Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam ( Kabid Bimas Islam) H. Abdul Azis, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H kepada seluruh umat muslim di Bangka Belitung khususnya. Disela-sela membuka acara Rukyatul Hilal Penentuan 1 Ramadhan 1442 H dengan di Pantai Tanjung Raya Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka,Senin(12/04).

H.Abdul Aziz yang juga didampingi Ketua Panitia Rukyatul Hilal Penentuan 1 Ramadhan 1442 H sekaligus Kasi Urais dan Bina Syariah Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Iwan Setiawan beserta tim dan sejumlah pimpinan ormas Islam di Bangka Belitung seperti Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel, Pimpinan Wilayah Nadhatul Ulama ( PWNU) Babel, tim ahli hisab rukyatul hilal 1 Ramadhan 1442 H Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Tim BMKG Pangkalpinang, jajaran pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten/kota se Provinsi Bangka Belitung, Pengadilan Agama Provinsi Bangka Belitung, unsur muspida, tokoh ulama, tokoh masyarakat, perangkat desa Penagan, para mahasiswa serta tamu undangan lainnya.

Ia mengajak kepada seluruh kaum muslimin yang beriman untuk dapat menjalankan rangkaian ibadah puasa Ramadhan 1442 baik wajib maupun sunnah secara lebih optimal dengan penuh khusyuk dan khimad sembari tetap bersama-sama terus berikhtiar melakukan pencegahan covid-19 dengan mematuhi protokol covid-19 yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini sangatlah penting mengingat ini merupakan tahun kedua umat muslim menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi covid-19.

Aziz menyebut bahwa tahun ini sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama Republik Indonesia yang tertuang di dalam Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia No.SE 04 Perubahan dari Surat Edaran No.SE 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442/2021 M. Maka untuk pelaksanaan rangkaian ibadah wajib maupun sunnah di bulan Ramadhan selain di zona merah sudah boleh dilaksanakan, namun tetap harus mematuhi protokol covid-19.

Demikian juga untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 juga diperbolehkan dilaksanakan di tengah Ramadhan sesuai dengan pedoman dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa dan Hasil ketetapan fatwa ormas Islam lainnya.

“Sekali lagi kami dari Kanwil Kemenag Babel mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Alloh SWT menerangkan jiwa kita untuk melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya di bulan mulia dan penuh ampunan ini sampai nanti InshaAlloh kita akan mampu kembali menjadi hamba-hamba Alloh SWT yang fitrah atau kembali bersih dari dosa di 1 Syawal 1442 H, “ ujar Abdul Azis sembari mengamini.

Ia sembari juga mengajak kepada seluruh element masyarakat untuk tetap saling menjaga, saling menghormati, menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan, ketentaraman hidup di negeri serumpun sebalai ini, terlebih di tengah kondisi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadhan 1442 H. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.