Enter your keyword

post

Unmuh dan Kombad Babel “MoU” Bangun Negeri Lebih Baik

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri,ST.M.Eng dan Ketua Komunitas Bangun Desa (Kombad) Provinsi Bangka Belitung, Arif Hidayat,SE. Resmi melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Basecamp Kombad (Drumerland) Jl.Ahay, Tarom Kace Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung, Rabu (08/03).

Penandatanganan MoU ini juga sekaligus di rangkaikan dengan kegiatan lainnya seperti pengukuhan pengurus Kombad, launching pupuk organik cair BIO UM21, kompos, Kohe, sentra ekonomi kreatif, tabloid reklamasi dan kurikulum Mulok dambus.

Kesempatan ini juga dihadiri pula oleh para kepala daerah, sejumlah pemangku kebijakan, pengusaha akademisi, tokoh agama, aktivis dan tokoh masyarakat lainnya. Antara lain Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan, Anggota DPD RI, Ustad . H. Zuhri M. Syazali, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandono, Perwakilan PT.Timah Tbk Wirtsa Firdaus, PT,Putra Bangka Mandiri, PT.Karini Utama,PT.TAM, PT.Sundaland Internusa,PLUT Babel, Para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung, Camat dan Kades se Kecamatan Mendobarat dan Unsur Forminda se Kabupaten Bangka dan media massa.

Dalam sambutannya Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri mengaku semakin bangga dengan inovasi-inovasi yang telah berhasil dilaksanakan oleh Komunitas Bangun Desa (Kombed) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Orang nomor satu di Unmuh Babel ini juga menyebut, apa yang telah dilakukan Kombab merupakan sebuah gagasan bagus, yang tentu tidak mampu di miliki oleh semua orang.

Sebab membuat narasi dari sebuah gagasan juga tidak lah semua orang bisa melakukannya, bahkan mereka yang memiliki kemampuan mengeluarkan gagasan dan kemampuan menarasikan sebuah gagasan juga merupakan manusia langka. Karena banyak pula orang yang hanya bisa mencontoh gagasan orang namun tidak mampu menarasikan gagasannya itu sendiri dan ini menandakan suatu kelemhanannya.

“ Tetapi hari ini saya bertambah bangga, karena Ketua Kombad Bangka Belitung, Arif Hidayat alias Ahai beserta timnya sudah sukses mengumpulkan semua orang di tengah hutan Tarom Kace Mendobarat Kabupaten Bangka ini. Termasuk dari Unmuh Babel juga datang, karena Kombad memiliki gagasan dan mampu menuangkannya dengan cemerlang agar semakin memberikan kemanfaatan yang lebih besar untuk masyarakat bangsa dan negara ini khususnya Bangka Belitung,”ujarnya.

Fadillah menyebut bahwa Unmuh Babel sangat menangkap gagasan Ketua Kombad Arif Hiddayat dan teman-temanya yang memiliki semangat begitu tinggi untuk membangun desa di Babel ini. Karenanya Unmuh Babel melalui Prodi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Fakultas Teknik dan Sains (FTS) , Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Alam dan Unit Bisnis dan Penerbitan (UBP) Unmuh Babel, siap menyumbangkan pikirannnya dan bersinergi bersama Kombad, sebab kita tidak bisa membangun apapun tanpa kebersamaan,”ujarnya.

Ustad Fadillah seraya mendorong agar pihak Bupati Bangka khususnya beserta pihak terkait lainnya juga dapat membantu akses yang lebih baik di jalan Tarom Desa Kace yang sekaligus nantinya akan menjadi kawasan baru pembangunan terpadu berbagai fasilitas masyarakat termasuk Kampus Unmuh Babel.

Ketua Kombad Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Arif Hidayat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini termasuk kepada Rektor Unmuh Babel. Pria yang akrab disapa Ahay ini juga mengaku mengajak seluruh pemangku kebijakan, aparatur dan komponen masyarakat.

”Kami memiliki masterplan reklamasi terpadu yang akan kita laksanakan 8 kecamatan se Kabupaten Bangka khususnya bersama PT Timah dan Unmuh Babel. Karena masterplan ini merupakan strategi pemanfaatan lahan eks tambang dalam persiapan pasca tambang yang bermanfaat untuk terus mampu mengembangkan lapangan ekonomi, sosial, budaya dan masyarakat Bangka Belitung. Sehingga termasuk dengan Unmuh Babel melalui Prodi KSDAnya yang juga sudah disepakati dengan penandatanganan MoU untuk mensupport dari sisi akademisnya,”tambahnya.

Bupati Bangka, Mulkan juga mengaku bangga atas inovasi dan kreatifitas yang telah berhasil di tunjukan oleh Kombad Bangka Belitung. Ini juga merupakan salah satu transpormasi yang harus terus di contoh oleh anak-anak muda Bangka Belitung lainnya.

”Saya bangga dengan Ahai dan teman-teman Kombad ini, yang mampu membuktikan bahwa meskipun sudah memiliki gelar sarjana, doktor, tetapi tetap tidak boleh gengsi di dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah kita masing-masing,”ujarnya.

Bahkan yang menariknya, kata Mulkan Kombad ini isinya adalah anak-anak muda yang memiliki pemikiran positif , wawasan luas dan mampu membangun jaringan hingga ke luar negeri. Sehingga ia optimis kehadiran Kombad akan mampu membantu tugas pemerintah dalam membangun daerah sekaligus memberikan motivasi kepada anak-anak muda lainnya agar memiliki suatu kreatifitas dan mampu mengembangkan potensi yang ada.

”Untuk akses jalan Tarom Desa Kace seperti yang diharapkan oleh Pak Rektor Unmuh Babel, tentu InshaAlloh kita ke depan juga akan berjuang sama-sama supaya bisa di aspal dan lebih baik,”sebut Mulkan sembari disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.