Enter your keyword

post

Unmuh dan Fordas Babel Dukung Dishut Jadikan Sungai Upang Sebagai Kawasan Konservasi Esensial

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung dan Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung sukses menyelenggarakan kegiatan Ngupi dan Bekisah dengan tema “ Ayo Jaga dan Kelola DAS Secara Bijaksana dan Lestari”.

Kegiatan yang di gawangi host Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri,S.T.M.Eng ini juga menghadirkan pembicara Ketua Bangka Flora Soceity,Ir.Dian Rossana Anggraini, Akademisi UBB, Dr.Robi Hambali , Penggagas Konservasi Sungai Upang,Yuli Tulistianto,S.E.

Rektor Unmuh Babel yang juga merupakan Ketua Fordas Babel ini, menyebut bahwa kegiatan ini sengaja di sinergikan antara Unmuh Babel dan Fordas Babel. Karena Unmuh Babel sendiri memiliki program studi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) yang sangat cocok untuk aktivis-aktivis Fordas Babel.

“Makanya kemarin kita mensosialisasikan sekaligus mengajak masyarakat kaum milineal khususnya dengan rangkaian acara lomba pembuatan video DAS terbaik,”ujar Fadillah Sabri,Rabu (31/03) di sela-sela acara.

Ia menilai bahwa sosialisasi ini sangat lah penting untuk terus mendorong kesadaran semua pihak dari mulai para pembuat kebijakan hingga lapisan masyarakat bawah untuk menjaga kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS).

Kegiatan ini di Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar. Karena daerah ini masih potensial untuk dikembangkan lebih baik, walaupun memang tidak masuk kawasan hutan pengelolaan (HPL), tapi sudah di tetapkan oleh Dinas Kehutanan Babel sebagai kawasan konservasi esensial, jadi meskipun ini bukan masuk HPL, tapi Sungai Upang sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan.

Daerah ini memiliki potensial berupa sungai dilengkapi habitat flora dan fauna yang masih bagus, seperti anggrek dan sebagainya. Sehingga masyarakat memang sudah seharusnya dan berketetapan hati untuk menjadi kawasan konservasi ini yang disebut konservasi esensial.

‘Makanya kita sangat mensupport pengembangan kawasan Sungai Upang sebagai destinasi wisata baru yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar maupun sekitar Kecamatan Mendobarat. Sehingga ini menjadi komitmen yang kuat dalam kolaborasi antara Fordas Babel dan kampus Unmuh Babel untuk terus memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi agama, masyarakat bangsa dan negara,”tambahnya.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.