Enter your keyword

post

Syah, Bupati Beltim dan Rektor Unmuh Siap Majukan SDM Beltim

Bupati Belitung Timur, Drs.Burhanuddin dan Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng, resmi menandatangani kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (Mou) di Kantor Bupati Belitung Timur,Senin(29/03).

Bupati Belitung Timur Burhanuddin yang berpasangan dengan Wakil Bupati (Wabup) Belitung Timur (Beltim) Khairil Anwar ini, mengaku menyambut baik atas dengan telah dilaksanakannya penandatangan nota kesepahaman ini. Yang sekaligus akan mengawali langkah Pemerintah Belitung Timur dan Unmuh Babel untuk menjalin sinergi yang lebih baik khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Belitung Timur melalui jenjang pendidikan tinggi.

“Saya berharap apa yang sudah kita sepakati mulai hari ini akan menjadi komitmen kita bersama untuk mengembangkan sumber daya manusia khususnya di Belitung Timur melalui peningkatan jenjang pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Saya yakin komitmen kita ini akan mampu mewujudkan mimpi kita lebih bagus depannya,”tambah Burhanuddin.

Bupati Belitung Timur periode 2021 – 2026 ini menyebut bahwa pihak Pemerintah Kabupaten Belitung Timur juga sudah menyiapkan lahan seluas 20 hektar yang siap dijadikan wilayah pengembangan termasuk salah satunya adalah pengembangan pusat pendidikan di Kabupaten Belitung Timur.

”Lahan ini sudah kita siapkan, jadi kita tinggal tunggu siapa yang lebih dulu, yang serius dan berkomitmen untuk mengembangkannya untuk pusat pendidikan. Karena untuk mencerdaskan anak bangsa ini semua orang punya tanggungjawab yang sama . Apalagi anak-anak kami di Belitung ini selama ini sering di ekspor kemana-mana kalau mau melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan tinggi dan hal ini membuat cost tinggi,”tambahnya.

Pasangan Burhanuddin dan Khairil Anwar yang telah resmi dilantik oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, pada 26 Februari 2021 ini juga menyebut bahwa Pemerintah Belitung Timur melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur juga sudah menyiapkan dana beasiswa pendidikan esendentil sebesar 3 Miliyar per tahun. Dana ini akan di verifikasi dan dimanfaatkan untuk kebutuhan dunia pendidikan masyarakat Belitung Timur berdasarkan ketidakmampuan ekonomi, diambang putus kuliah dan sebagainya.

”Jadi dana ini sudah kita siapkan untuk membantu biaya pendidikan masyarakat sesuai dengan verifikasi ketat yang sudah kita siapkan. Dan kami sangat yakin kebijakan ini akan besar sekali manfaatnya terlebih lagi di tengah pandemi covid-19”tambahnya.
Burhaddin optimis bahwa MoU yang dilakukan bersama Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ini akan mampu menjadi penambah semangat pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Belitung Timur.

Ia menyebut bahwa sekaligus akan memperpanjang jumlah MoU untuk pembangunan kualitas pendidikan di daerah yang akan dapat wujudkan bersama dalam bentuk penyelenggaraan catur dharma perguruan tinggi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), pusat kajian studi, peningkatan kualifikasi pendidikan para PNS di Beltim yang belum S1 dan sebagainya.

“Karenanya sekali lagi MoU ini kita sambut baik, silahkan nanti mau diwujudkan dalam bentuk realnya apa. Karena saya yakin disini kita semua saling terbuka dan punya niatan yang sangat baik demi menceradaskan, memajukan dan mensejahterakan masyarakat Belitung Timur khususnya,”tambah Burhanuddin lagi.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng , dalam kesempatan yang sama dan di dampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, AIK dan Sistem Informasi Unmuh Babel, Gatot Aprianto,S.Sos.i dan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Unmuh Babel Zuriyat Ifada,S.E, juga mengaku berterimakasih kepada Bupati Belitung Timur, Burhanuddin yang sudah menerima kunjungan tim Unmuh Babel sekaligus telah menandatangani nota kesepahaman ini.

“Ya saya atas nama Rektor Unmuh Babel sangat bersyukur sekaligus berterimakasih kepada bapak bupati Belitung Timur beserta jajarannya yang telah menerima kami sekaligus telah menandatangani MoU antara Beltim dan Unmuh Babel, khususnya dalam memajukan kualitas sdm di Beltim,” ujarnya.

Orang nomor satu di Unmuh Babel ini juga mengaku siap membangun kerjasama dengan Pemkab Belitung Timur dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), sehingga keberadaan kampus Unmuh Babel dapat semakin lebih memberikan manfaat dalam membantu percepatan arah pembangunan dan sumber daya manusia yang di cita-citakan oleh Pemkab Belitung Timur.

“Dan inilah salah satu bentuk nilai Kedisinian yang ingin Unmuh Babel wujudkan.Terlebih kami menyadari bahwa keberadaan Unmuh Babel juga harus terus bisa membawa kebaikan bagi agama, bangsa dan negara, jangan sampai keberadaan kita justeru tak mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di sekitar kita,”tambahnya.

Ia juga memastikan bahwa kegiatan silaturahim dengan pemerintah maupun staekholder sangat lah penting untuk terus di jaga dengan baik dan berkelanjutan. Sebab dalam mensukseskan arah pembangunan untuk mensejahterakan kehidupan umat, bangsa dan negara ini, tidak boleh dan tidak akan berhasil dengan ego sektoral, tetapi dibutuhkan energi dan komitmen yang kuat termasuk antara pemerintah dengan perguruan tinggi.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.