Enter your keyword

post

125 Guru dan Tenaga Kependidikan Kota Pangkalpinang Mengikuti Pelatihan Teacherpreneur

Kegiatan Pelatihan Teacherpreneur Berbasis Digital Profile Builder yang sedianya diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung 22 – 27 Maret 2021 secara zoom meeting mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kota Pangkalpinang, Senin (22/03). Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi, M.Pd.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Eddyi Supriadi mengaku mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan teacherpreneur berbasis digital profile builder ini. Terlebih selama ini pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 telah mengubah semua aspek dalam kegiatan pembelajaran.

Sehingga perhatian pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan perlu diperbaiki agar semua kompetensi pembelajaran selama pandemic ini juga dapat diukur,”sebut Eddy.

Ia juga menilai, perlunya berbagai upaya yang harus dilakukan baik guru maupun Dinas untuk memfasilitasi kemampuannya menghadapi berbagai kemungkinan.“ Oleh sebab itulah pelatihan-pelatihan semacam ini memang sangat dibutuhkan sebagai upgrading kemampuan mengajar dan kualitas pembelajaran,” dorong Eddy lagi.

Edupreneur, Dosen PGSD,Pjs.KA. Unit Bisnis dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Adevia Indah Kusuma, M.M. Ia yang juga merupakan kegiatan sekaligus narasumber dalam pelatihan ini mengaku optimis, terlebih dari pihak RISTEK-BRIN juga terus ikut mendorong para dosen untuk melakukan berbagai inovasi dalam mewujudkan tridharma pendidikan.

Hal ini sangat penting sebagai konsen dan upaya peningkatan kualitas guru dan sekolah dalam bidang kewirausahaan yaitu membangun karakter Kewirausahaan dalam bidang Pendidikan, yang pada kegiatan kali ini bertema Teacherpreneur.

“Kami sangat berbangga dan berbahagia, karena kegiatan yang dirintis selama ini telah menghasilkan penghargaan berupa pendanaan pengabdian masyarakat dan tematik NONPTBH skema Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun 2021 tingkat nasional dari 13.672 proposal yang masuk dan yang didanai sejumlah 472 diraih salah satu tim dari Universitas MUhammadiyah Bangka Belitung (UNMUH BABEL),” sebut Adevia.

Adevia juga menyebut hal ini sebagai pembuktian bahwa kegiatan ini dapat sejalan dengan program-program dari RISTEK-BRIN.” Kita berharap bahwa kegiatan pelatihan dengan sertifikat 64JP ini dapat diselesaikan oleh para peserta yang total berjumlah 125 dari Guru dan Tenaga Kependidikan Kota Pangkalpinang,” tambah dosen satu ini.

Adevia menjelaskan lagi, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi bidang pendidikan di Kota Pangkalpinang melalui jalinan kerjasama yang telah disepakati dengan Dinas.

“Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung selalu fokus dengan inovasi dan mendukung pengembangan teknologi dalam bidang pendidikan khususnya,”ungkapnya.

Kota Pangkalpinang menjadi perhatian khusus sebagai sentra dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memang sudah seharusnya memberikan contoh bagi daerah lain untuk mampu tetap bertahan dalam mengahadapi tantangan-tantangan global.
Kegiatan ini terdiri atas enam tema yang memiliki relevansi dengan keterbutuhan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dalam berinovasi di bidang pendidikan.

Selain itu, keenam tema ini juga selaras dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran UNMUH BABEL dengan memegang prinsip lima dasar Perguruan Tinggi yakni Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan, kekinian, kedisinian dan kemasadepanan.

Tema yang akan menjadi program-program keunggulan dari kegiatan pelatihan antara lain Konsep Teacherpreneur, Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial, Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal, Assessment Kompetensi Minimum (AKM), Pengayaan Pembelajaran di Luar Daring, dan Pengayaan Bahasa Inggris.

Winda Purnama Sari, M.Pd, salah satu narasumber lainnya juga memberikan berbagai informasi mengenai perkembangan teknologi pendidikan dan pembelajaran dari aplikasi dan mempraktikkan kegiatan Laboratory Virtual.

“Antusias peserta di hari pertama ini sangat bagus untuk mendapatkan pengalaman pertama mencoba praktikum secara virtual sekaligus akan memberikan semangat baru bagi peserta lain untuk terus aktif selama kegiatan berlangsung,” tambah Dosen PGSD sekaligus Ka.Div Sistem Pejaminan Mutu Internal Unmuh Babel ini.

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Unmuh Babel ini juga akan menghadirkan narasumber lainnya seperti, Agci Hikmawati, M.Pd dosen sekaligus Sekretaris Prodi PBI Unmuh Babel dan Persira Pupung Hariadi, M.Pd., guru SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta, pengembang Aplikasi Bioenic. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.