Enter your keyword

post

BA Unmuh Babel “Vaksin” Untuk Kekuatan dan Militansi Kader Penggerak Nilai-Nilai Keislaman

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bangka Belitung Bidang Pengkaderan, KH.Hasan Rumata, Jumat( 19/03) resmi membuka kegiatan Baitul Arkom( BA) Universitas Muhammadiyah ( Unmuh) Babel 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan( LSIK) Unmuh Babel. Kegiatan ini berlangsung 19 -21 Maret 2020 di Gedung Babel Kampus Unmuh Babel dengan tema” Membangun Akhlak Kader Muhammadiyah Yang Berkemajuan dan mencerahkan sebagai Penggerak Nilai-Nilai Keislaman”.

Hadir pula dalam acara pembukaan ini, yakni Wakil Ketua Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs. H. Untung Cahyono, M.Hum, Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri,S.T.,M.Eng Bendahara Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung,H.Warsangka yang juga sekaligus merupakan Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel membidangi Majelis Ekonomi, Kewirausahaan dan Majelis Wakaf dan Kehartabendaan, Kepala Biro PKSDM HUM Unmuh Babel, Supanut,S.IP, Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan( LSIK) Unmuh Babel Adi Saputra, Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel, Ustad Romadhon beserta tim.

Hasan Rumata yang juga menjabat sebagai Ketua BPH Unmuh Babel ini mengajak kepara peserta yang terdiri dari para dosen Babel, tenaga kependidikan, pegawai,staf Unmuh Babel.” Ini adalah ajang untuk mendapatkan tambahan stimulan ilmu dan wawasan yang lebih baik tentang Keislaman dan Kemuhammadiyahan. Bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat,”ujar Sekretaris Dinas Pangan & Pertanian Kota Pangkalpinang ini.

Dihadapan 30 peserta Baitul Arqom (BA) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang terdiri dari para dosen, tenaga kependidikan, pegawai dan staf Unmuh Babel, para guru dan staf SMA Muhammadiyah Pangkalpinang serta para guru dan staf STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Hasan Rumata juga mengajak menjadi kader Muhammadiyah yang militan terhadap persyaraikatan Muhammadiyah.
Sehingga kehadirannya di lingkungan Muhammadiyah tidak hanya untuk bekerja di Muhammadiyah, tetapi bisa memberikan kemanfaatan yang lebih baik bagi umat, masyarakat, bangsa dan negara melalui Muhammadiyah.

Ia mengajak untuk menjadi dosen, guru, pegawai atau staf Muhammadiyah, bukan bekerja di Muhammadiyah saja. Karena sekarang ini semua peserta juga termasuk penumpang yang sedang berada di sebuah kapal yang sedang berlayar yakni di lembaga pendidikan milik organisasi Muhammadiyah, sehingga apabila kapal ini bocor, maka semuanya harus ikut bertanggungjawab bagaimana caranya supaya kapal ini tetap belayar dan tidak tenggelam.

“Sekali lagi atas nama PWM Babel, kami mengapresiasi atas terlaksanannya kegiatan Baitul Arkom Unmuh Babel ini. Mari tetap saling mengevaluasi diri, jika terdapat kekurangan kita perbaiki sama-sama. Sebab kita sekarang berada di atas kapal. Mari berlayar dengan kecepatan maksimal dan terus ikhtiar tapi pula buru-buru, karena tidak bagus dan bahkan bisa mencelakakan,”tambahnya.
Ia seraya mengharapkan kegiatan BA Unmuh Babel dapat berjalan dengan baik terlebih dengan kehadiran Wakil Ketua MPK Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Untung Cahyono yang akan semakin mampu menjadi vaksin baru yang membangkitkan semangat kecintaan, militansi para kader terhadap persyarikatan Muhammadiyah Bangka Belitung khususnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Fadillah Sabri, S.T.,M.Eng sesuai melakukan penyematan tanda peserta Baitul Arkom Unmuh Babel 2021. Ia mengaku mengapresiasi kegiatan Baitul Arkom Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung yang diselenggarakan oleh LSIK Unmuh Babel ini.

Terlebih kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Ketua MPK Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Untung Cahyono yang tentunya akan membersamai sekaligus memberikan energi baru bagi seluruh peserta BA Unmuh Babel.

“Kepada peserta saya ucapakn selamat mengikuti kegiatan ini 3 hari 2 malam. Saya yakin kalau Baitul Arkom (BA) ini dapat dilakukan dengan niat sungguh-sungguh ingin belajar, istiqomah dan kuat sampai akhir, maka hasil dari kegiatan inilah yang menjadi kekuatan dan militansi teman-teman terhadap organisasi persyarikatan Muhammadiyah,”dorongnya.

Fadillah Sabri juga kembali menekankan agar para peserta tidak hanya berorientasi mengikuti kegiatan ini hanya sebagai syarat mendapatkan lembaran sertifikat, tetapi menjadikan ajang ini sebagai kesempatan untuk terus menempa diri menjadi kader militan terhadap organisasi, menembar kebaikan kepada umat, bangsa dan negara.

”Saya juga mengapresia Baitul Arkom Unmuh Babel yang mengangkat tema tentang membangun akhlak, sebab ini lah yang menjadi sangat penting dalam kehidupan ini. Terlebih bagi kader Muhammadiyah yang harus punya etika terhadap lembaga dan organisasi, sehingga ini akan menjadi bekal untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) atau kader berkemajuan dan mencerahkan, sebagai penggerak nilai-nilai Keislaman yang senantiasa berfastabiqulkhoirot,”tambahnya.(Humas/ LSIK Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.