Enter your keyword

post

Dusun Pejem Ingin Lebih Banyak Cetak Sarjana, Unmuh Babel Diminta Membantu

Kepala Desa Gunung Pelawan, Tjhung Kim menyebut bahwa di wilayah pemerintahan yang kini di pimpinnya terutama di Dusun Pejem dan Pejem Utara memang masih terdapat persoalan, yakni salah satunya adalah masyarakat yang rata-rata usianya masih sangat produktif tetapi mengalami putus sekolah atau tidak mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami dari pihak pemerintah desa, tak putus terus mendorong para orang tua agar semakin terbuka memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan, dan supaya meninggalkan yang dulu-dulu dan menatap ke masa depan yang lebih baik. Sehingga memang salah satunya upayanya adalah anak-anak di Dusun Pejem ini harus mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih baik bahkan hingga keperguruan tinggi,”ujar Kim saat menerima kunjungan dan bersilaturahmi dengan Tim Program Bina Desa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung dan Mahasiswa, di Kantor Desa Gunung Pelawan, Rabu(10/03).

Kim mengaku selalu mendorong lewat rapat kadus, RT dan BPD, untuk mendorong supaya para orang tua yang memiliki anak tamatan SMA/SMK/Madrasah agar dapat terus memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi hingga bangku kuliah. “Kalau Unmuh Babel punya program 1 Desa Minimal 1 Sarjana, justeru kami ingin di dusun ini bisa punya 5 – 10 sarjana setiap tahun,”sebut Kim lagi.

Oleh karenanya menurut Kim dalam meminimalisir bertambahnya angka putus sekolah ini, pihaknya tidak bisa hanya begerak sendiri tanpa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak pemerintah daerah dan staekholder lainnya.

” Kita berharap sekali dari berbagai program penduli pendidikan yang di luncurkan pemerintah pusat hingga tingkat desa seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sejenisnya ini juga bisa menyentuh untuk anak-anak kami di Desa Gunung Pelawan ini khususnya juga Dusun Pejem dan Pejem Utara.

“Sebab kita akan sangat menyangkan kalau sampai masih ada anak-anak kita yang ingin kuliah, anaknya juga pinter berprestasi, tetapi terkendala dengan masalah biaya.Bahkan saya selalu bilang dan mendorong bahwa yang namanya mau kuliah, sekarang kita tidak perlu mencari hingga di kota besar atau universitas yang wow, padahal di Babel juga sudah banyak anak-anak kita yang memiliki kompetensi mumpuni,”sebut Kim lagi.

Oleh karenanya ia berharap, peranan pemerintah daerah termasuk dari perguruan tinggi seperti Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung untuk terlibat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Dusun Pejem dan Pejem Utara Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

“Saya pikir kalau Unmuh Babel pun bisa, maka mengapa tidak , apalagi kalau potensi anak-anak kita di Pejem ini memang potensial untuk terus di asah dan dikembangkan minat dan bakat sesuai bidang ilmu yang diminati ditambah lagi dorongan orang tuanya. Maka yakinlah kalau Pejem ini akan lebih maju ke depannya. Ayo Pak Rektor Unmuh Babel, kalau memang bapak juga mencintai dan menginginkan orang Pejem berkemajuan, ya mohon dibantu. Sehingga tugas berat kami untuk memerdekan anak-anak kami di Pejem dari buta aksara dan putus sekolah, akan lebih ringan dan terselesaikan dengan lebih baik ke depannya,”harap Kim seraya tersenyum.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.