Enter your keyword

post

Kyiai Hasan Rumata : Inovasi Dakwah Harus Sesuai Kebutuhan Zaman

Para kader Muhammadiyah Babel termasuk yang ada di Unmuh Babel salah satunya adalah juga memiliki tugas untuk membuat model inovasi dakwah yang sesuai dengan model kebutuhan zaman. Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Hasan Rumata.

“Mengajak orang harus sesuai dengan model inovasi dakwah yang di design dengan zaman ini , sebab kita tidak bisa menyebuit nama orang, tetapi kita bisa bicara tentang persoalan ini, karena dakwah itu adalah melihat fenomena yang terjadi , inilah yang menjadi persoalan yang kita harus angkat,”sebut Hasan Rumata.

Pria yang juga akrab disapa Kyiai Hasan ini juga menjelaskan bahwa Alloh SWT saat menurunkan wahyunya melalui para nabi dan RosulNYA, juga terjadi sesuai dengan fenomena atau kondisi umat manusia pada zaman itu.

“Al-Qur`an itu turun pad saat kejadian apa, maka begitulah juga konsep-konsep dakwah, prinsip-prinsip dakwah dan inovasi dakwah, dimana saat ada masalah maka disitu harus kita perjelas dengan peran kita,”tambahnya.

Menurut Kyiai Hasan, ketika berbicara bagaimana mendidik generasi masa ke depan agar senantiasa teguh dalam akhlakul kharimah dan memiliki semangat perjuangan di jalan dakwah kepada agama Alloh SWT. Maka tentu saja hal ini harus dimulai dari kesadaran dari dalam diri pribadi orang tuanya.

Lahirkanlah kesadaran ini mulai dari diri sendiri, apakah sebagai orang tua juga sudah berkata benar dari diri sendiri. Mungkin ini bahasanya memang sederhana, tetapi inilah kewajibannya bahwa kita juga harus terus belajar untuk berkata baik dan benar pada anak-anak kita.

“Bagaimana pun marah tidak akan menyelesaikan masalah , tetapi justeru dengan mencontohkan kepada anak untuk selalu berkata benar dan baik, maka InshaAlloh inilah jalan anak-anak kita juga akan termotivasi. Ini sangatlah penting terlebih di tengah kemajuan teknologi sekarang ini,”dorong pria yang kini aktif menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pangkalpinang ini .( Humas/Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.