Enter your keyword

post

Ustad Jauhar : 4 Bupati Baru Dilantik, Semoga Amanah, Berikan Porsi Besar Demi Kemajuan Bidang Pendidikan

Dosen Umun Babel : 4 Bupati Baru Dilantik, Semoga Amanah, Berikan Porsi Besar Demi Kemajuan Bidang Pendidikan

Amanah kepemimpinan itu sesungguhnnya adalah hal paling berat, karena pasti akan di hitung dan diminta pertanggungjawabanya di akhirat kelak. Bahkan di riwayatkan pada zaman Rosullulah Muhammad,S.A.W pernah ada seorang sahabat yang bertanya tentang amanah bagi seorang pemimpin, kemudian Rasululah SAW berpesan bahwa sesungguhnya kepemimpinan itu merupakan sebuah amanah, karena kelak akan menjadi penyesalan di akhirat. Kecuali mereka yang melaksanakannya dengan cara baik, serta dapat menjalankan amanahnya sebagai pemimpin.” ( Hadist Riwayat Muslim).

Sebab terkjadang dalam hidup ini, sering kali orang mencari sesuatu yang justeru nanti akan menjadi penyelesan baginya di hari kiamat, meskipun di dunia ini ada orang yang memang cocok jadi pemimpin atau cocok untuk mengatur suatu urusan, dan dia amanah, tetapi ada pula yang tidak cocok.

“ Dengan telah terpilih dan telah resmi dilantiknya 4 bupati baru di Bangka Belitung pada 26 Februari 2021 kemarin, maka tentu kita mengucapkan selamat, kita doakan para kepala daerah kita ini agar mereka semua amanah mengemban tugasnya sebagai pemimpin,”ujar dosen Unmuh Babel, Ust. Jauhar Ridloni Marzuq, LC., MA.

Di dalam Islam sangat jelas di atur bahwa pemerintahan itu yang pertama adalah harus adil dan ihsan. Kedua sikap dan perbuatan baik ini akan mengarahkannya untuk menjadi pemimpin yang baik bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang lain atau rakyatnya, ia akan menggunakan jabatannya untuk benar-benar bekerja maksimal, ia akan memiliki pandangan bahwa berlaku sama di mata hukum, tidak tumpul ke atas, tajam kebawah dan tidak pandang buluh.

“Jangan kita bekerja yang penting kita senang atau asal bos senang. Yang penting kerja, tapi tidak benar kerjanya. Dan seorang pemimpin harapan rakyat, juga harus menjadi contoh yang baik, yang harus menyambung silaturahmi dengan masyarakatnya,”ujarnya.
Terpilihnya 4 kepala daerah atau bupati baru di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Bangka Barat juga diharapkan dapat memberikan porsi perhatian yang lebih baik untuk peningkatkan kualitas pendidikan maupun perhatian kesejahteraan tenaga pendidik baik negeri maupun swasta di daerah yang dipimpinnya.

”Sangat penting memberikan porsi perhatian yang lebih besar untuk dunia pendidikan, karena pendidikan lah yang akan jadi tumpuan bagi kemajuan satu bangsa, tanpa pendidikan kita tidak akan bisa. Apalagi di era persaingan global sekarang ini, semua aspek kehidupan harus ditandingi dengan kemampuan keilmuan yang juga mumpuni baik dalam hal ilmu umum maupun ilmu agama sebagai bekal untuk tidak salah melangkah dari jalan yang di rhidoi oleh Alloh SWT,”ujarnya.

Jauhar menyebut bahwa di negara-negara maju, mereka sangat memperioritaskan pembangunan dunia pendidikan supaya menghasilkan sumber daya manusia yang juga memiliki produktivitas tinggi di bidang ilmu pengetahuan.

“Banyak contoh-contoh negara kecil, tetapi mampu bahkan maju sangat pesat, karena mereka sangat memperhatikan kualitas peningkatan sdmnya melalui pendidikan. Hal ini pun termasuk yang mampu dibuktikan negara kecil Singapura yang sangat maju dalam pendidikan dan juga ekonominya. Makanya kalau kita tidak memperhatikan ilmu , tetapi kita mau maju justeru, maka pertanyaannya adalah kita akan bisa dan tidak mungkin mendapatkan darimana kemajuan dan kesejahteraan yang kita harapkan itu,”dorong ustad Jauhar lagi.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.