Enter your keyword

post

Ustad Jauhar : Rosulllah Suri Tauladan Yang Mencintai Tanah Airnya

Ustad Jauhar : Rosulllah Suri Tauladan Yang Mencintai Tanah Airnya

Dalam Islam yang namanya berjuang untuk negara sangat dianjurkan “ Hubbul Wathan Minal Iman” yang artinya mencintai Tanah Air adalah sebagian dari iman. Ini memang bukan hadist, tetapi Rosullulah Muhammad SAW mencintai tanah kelahirannya.

“Dan sebagai orang yang mengaku umatnya Rosullulah SAW, maka kita harus menconthnya dan mencintai tanah kelahiran kita,”sebut Alumni Al-Azhar Kairo Mesir, Ust. Jauhar Ridloni Marzuq, LC., MA saat memberikan tausiah dalam acara PESAT LSIK kepada seluruh warga di lingkungan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Jumat (26/02) di Ruang Babel 1 Kampus Unmuh Babel.

Rosullulah Muhammad,S.A.W dalam sebuah hadist pernah mengatakan bahwa “Barangsiapa yang terbunuh karena membela hartanya maka ia syahid, dan barangsiapa terbunuh karena membela dirinya maka ia syahid, dan barangsiapa yang terbunuh karena mempertahankan agamanya maka ia syahid, dan barangsiapa yang terbunuh karena mempertahankan keluarganya maka ia syahid.(di riwayatkan HR. Abu Daud dan al-Tirmizi) .

Oleh karenanya membela negara atau tanah air juga sama halnya seperti menjaga harta atau tanah. Sebab mempertahankan negara juga bagian dari kewajiban agama dan termasuk dalam artian mempertahankan tanah, mempertahankan keberlangsungan .
Walaupun ada yang juga memandang bahwa negara ini tidak penting dan sebagainya, tetapi dalam konteks dunia sekarang, ini adalah suatu realitas yang tidak bisa dipisahkan dari kabilah-kabilah atau kerajaan-kerajaan yang pada masa sekarang disebut negara. (Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.