Enter your keyword

post

BLK Babel dan UBP Unmuh Babel Siap Bersinergi Tumbuhkan Minat Wirausaha Kampus dan Babel

Kunjungan Tim Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bangka Belitung, yang dipimpin Instruktur Design Grafis BLK Babel, Ria Yulista ke Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, Senin(22/02) mendapatkan sambutan positif dari Kepala Unit Bisnis dan Penerbitan(UBP) Unmuh Babel, Adevia Indah Kusuma.

Ia menyebut bahwa sampai saat ini Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung telah memiliki 2 unit usaha bisnis dan penerbitan yakni Penerbitan Unmuh Babel Press dan Kedai Smart. Penerbitan Unmuh Babel Press merupakan wadah bagi para guru-guru yang memiliki minat dan juga ingin mencapai kenaikan pangkat, sehingga membutuhkan karya penulisan artikel.Maka Unmuh Babel Press bisa memfasilitasi / mewadahinya.

Melalui unit penerbitan Unmuh Babel Press ini kita mensasar kepada para guru yang ingin menerbitkan semua karya ilmiahnya maupun non ilmiah. Dan layanan ini di buka untuk di lingkungan kampus maupun diluar kampus.

Sedangkan untuk unit usaha Kedai Smart yang dijadikan sebagai satu wadah untuk cikal bakal kekuatan ekonomi terutama bagi warga di lingkungan Unmuh Babel. Sebab kalau ini kedai ini dapat berjalan lancar, maka akan mampu menghidupi dan memberikan pemasukan kampus. Sehingga ke depan diharapkan operasional pengeluaran kampus tidak hanya bergantung dari mahasiswa.

“Kami menyambut baik atas kunjungan Tim BLK Provinsi Babel yang dapat menjadi satu wadah ke depannya dalam membantu warga kampus Unmuh Babel agar semakin memiliki keterampilan untuk pengembangan sektor kewirausahaan,”ujar Adevia saat menyambut tim BLK Babel di ruang kerjanya.

Menurut Adev, salah satu tujuan Unmuh Babel juga menjadikan warga sivitas Unmuh Babel tak hanya mumpuni dalam profesi kependidikannya masing-masing tetapi juga menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mandiri, terampil , inovatif dalam dunia kewirausahaan. Sebab keterampilan inilah yang sangat dibutuhkan di jaman modern sebagai bekal hidup dan menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Karena sadar atau tidak, termasuk di Unmuh Babel kita masih lemah dalam potensi keterampilan para sdmnya walaupun di bidang profesi bidang ilmu kependidikan masing-masing sudah mumpuni oleh karenanya keterampilan hidup termasuk di sektor kewirausahaan ini memang harus lebih digalakkan lagi.

“Bersama BLK Babel ini kita bisa mempunyai kesempatan untuk terus mengasah keterampilan hidup di bidang wirausaha, karena ini menjadi penting terlebih di era dewasa ini di tengah menghadapi pandemi. Sebab orang-orang yang punya keterampilanlah yang akan bisa mempertahankan hidupnya, kecuali ada perusahaaan yang menaunginya,”tambahnya.

Sehingga silaturahim yang dijalani oleh Unmuh Babel dan BLK Babel ini diharapkan dapat membentuk kemitraan atau kerjasama yang lebih baik khususnya dalam hal pemberdayaan para mahasiswa maupun masyarakat desa binaan Unmuh Babel yang memang tengah fokus di galakkan.

Ia yakin dengan wadah dari BLKI Babel ini maupun perusahaan lain yang ke depan bisa di ajak bermitra bersama Unmuh Babel untuk meningkatkan keterampilan sdm khususnya juga di bidang kewirausahaan. Namun pembekalan semacam ini seharusnya dapat di berikan sebelum mahasiswa KKN, supaya saatnya terjun ke lapangan, peserta KKN atau mahasiswa tersebut bisa menularkannya kepada masyarakat di wilayah pengabdiannya itu.Kalau ini dapat di lakukan, maka dampaknya InshaAlloh akan sangat positif sekali.

“Setidaknya 1 bulan sebelum mereka terjun ke masyarakat , mahasiswa kita sudah bisa memilih keterampilan mana yang mau dipelajari dari bidang ilmu yang di fasilitasi BLK Babel tersebut. Sehingga sdm kita akan semakin memiliki nilai lebih. Dan ilmunya bisa terus diturunkan ke masyarakat,”tambah Adev.

Sementara itu, Ria Yulista selaku Instruktur Design Grafis UPTD BLK Babel, mengaku senang dapat bersilaturahmi dengan Kepala Unit Bisnis dan Penerbitan Unmuh Babel, Adevia Indah Kusuma beserta tim. Ia mengaku berharap hasil pertemuan ini ke depan akan semakin mampu membuka jalan bagi kedua belah pihak untuk bekerjasama pengembangan keterampilan bidang kewirausahaan.

Misalnya grafis digital printing maupun untuk jasa design, maka kita kenapa tidak untuk kita melakukan kerjasama, saling bantu dan membuka enterprenuer. Karena untuk memulainya dari unit usaha kecil-kecil, maka InshaAlloh ke depan bisa jadi besar.

”Saya optimis usaha jasa design, digital printing dan sejenisnya akan booming , karena dalam promosi sebuah usaha pasti kita membutuhkan hal ini , butuhnya design grafis, design grafis lagi, karenanya saya optimis dari lembaga pendidikan seperti Unmuh Babel ini akan bisa menghasilkan lebih banyak sdm yang memiliki kemampuan dalam pengetahuan design,”dorong Ria lagi.

Dengan makin banyak sdm yang memiliki keterampilan atau keahlian bidang wirausaha ini, maka begitu mahasiswa lulus dari studi kuliahnya, maka ilmunya akan bisa dikembangkan untuk mengembangkan sektor wirausaha mandiri dan tidak hanya orientasinya tamat kuliah mencari pekerjaan, tetapi bisa menciptakan peluang usaha sendiri dan membuka ruang kesempatan kerja baru bagi masyarakat lainnya.(Humas/ UBP Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.