Enter your keyword

post

Kanwil Kemenkumham Babel dan Unmuh Babel Siap Jajaki PKS

Sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi)nya, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Bangka Belitung untuk melindungi dan menghargai karya-karya terbaik anak-anak bangsa melalui Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Karenanya Kanwilkumham Babel juga terus mengetuk kesadaran ini termasuk kepada kalangan akademisi di berbagai perguruan tinggi di Babel.
Ini sangat penting, termasuk di dunia akademik yang juga kerap menghasilkan berbagai produk-produk HAKI berupa cipta, paten dan produk-produk hasil karya dari sivitas akademika lainnya. Ini sangat penting untuk terus di dorong agar semua staekholder termasuk di kampus untuk menghargai dan melindungi karya cipta tersebut.

Misalnya ketika dosen dan mahasiswa menghasilkan sebuah karya HAKI, maka kampus pun sudah harus mempunyai Standar Operasional (SOP) tentang bagaimana menghargai dan melindungi karya-karya tersebut dalam bentuk aturan kampus atau bentuk-bentuk lainnya.

“Sehingga kami dari Kanwil Kemenkumham ingin menindaklanjuti hal ini termasuk dengan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel sesuai dengan hasil kerjasama atau Perjanjian Kerjasama (PKS) yang sudah kita tandatangani bersama sebelumnya, yang pada saat masih menjadi STKIP Muhammadiyah, namun sekarang sudah berubah nomenklaturnya menjadi Unmuh Babel ,”ujar Adi Riyanto selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan HAKI Kanwil Kemenkumham Babel disela-sela perbincangannya dengan Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri,ST.M.Eng di Ruang Rektor Kamis(11/02) pagi.

Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama Kanwil Kemenkumham Babel dengan Unmuh Babel, yang sekaligus juga didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Unmuh Babel,Maulina Hendrik,M.Pd dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan,AIKA dan Sistem Informasi, Gatot Aprianto,S.Sos.I.

Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini sekaligus dimaksudkan guna mengevaluasi terhadap kekurangan yang ada sebelumnya untuk ditingkatkan sekaligus dapat di implementasi pada perjanjian kerjasama yang lebih baik ke depannya.

“Kunjungan kami ke Unmuh Babel ini sebagai tahap awal, kita tadi sudah berdiskusi untuk melakukan peningkatan kerjasama. Dan selanjutnya mungkin juga akan kita tuangkan dalam bentuk melaksanakan sosialiasi terkait hak perlindungan HAKI seperti hak cipta, hak paten bagi kampus-kampus yang ada di Babel termasuk di Unmuh Babel. Intinya kita sekaligus ingin mengajak semua membudayakan HAKI,”tambah Adi.

Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri pun mengaku menyambut baik atas rencana untuk kelanjutan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel ini terutama dalam hal membudayakan pentingnya perlindungan terhadap HAKI.
“Pada intinya saya bersyukur sekaligus berharap semoga rencana kelanjutan PKS antara Kanwil Kemenkumham Babel dan Unmuh Babel ini akan bisa segera kita tindaklanjuti.Bahkan ke depan sekaligus kita ingin kerjasama ini akan semakin lebih baik lagi.

Sebab menurut Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri, S.T.M.Eng yang namanya HAKI memang begitu sangat penting terlebih bagi institusi pendidikan tinggi seperti Unmuh Babel.

Unmuh Babel memang konsen mendorong para dosen dan mahasiswa untuk terus membuat karya-karya penelitian akademis maupun lainnya.Namun tentunya tidak hanya bisa berkarya, namun tak kalah penting lagi karya dan hak cipta,mestilah di pantenkan dan dilindungi secara maksimal melalui HAKI.

” Kita harus pandai menghargai dan juga melindunginya, apalagi mengingat kemanfaatannya yang luar biasa tidak saja untuk masa sekarang bahkan juga bagi generasi kita dimasa depan.,”tambah dosen Ilmu Teknik Sipil sekaligus tokoh Mubalig Bangka Belitung ini.(Humas/Unmuh Babel).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.