Enter your keyword

post

FKIP Unmuh Babel Gandeng Pendidik Babel Lewat IHT

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP) Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung, Kamis( 04/02) menyelenggarakan Program In House Training ( IHT) Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas/ Sekolah Bagi Pendidik dan Pengawas se Kabupaten Bangka”.Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sungaliat dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 FKIP Unmuh Babel, M.Eka Mardiansyah Simbolon, M.Pd di hadapan para peserta, kaprodi, dosen pembimbing yang hadir.

Ketua Penyelenggara yang juga merupakan Wakil Dekan II FKIP Unmuh Babel Ayen Arsisari,M.Pd disela-sela kegiatan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini sebelumnya telah di tandai dengan pembukaan secara virtual meeting zoom oleh Rektor Unmuh Babel,Fadilah Sabri,S.T.,M.Eng.

IHT ini juga merupakan salah satu amanah dari sivitas akademika Unmuh Babel kepada FKIP untuk menjadi bagian dari Program Penglolaan In House Training ( IHT) Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas/ Sekolah Untuk Menjadi Ketua Pelaksana bagi para guru-guru pendidik dan pengawas se Kabupaten Bangka khususnya.

IHT ini sangat penting diberikan bagi para pelaku dunia pendidikan di Bangka Belitung agar terus mampu dan inovatif dalam melakukan berbagai penilitian yang berorientasi bagi pemecahan persoalan pendidikan khususnya yang dihadapi di masing-masing satuan pendidikan yang sedang dijalani.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan akan ikut mampu memberikan inovasi untuk kemajuan pendidikan, guna melihat besarnya antusiasme para pelaku di dunia pendidikan untuk melaksanakan tugas-tugas penelitian.Termasuk jenis penelitian bagi guru maupun pengawas dalam bentuk penelitian tindakan kelas/ sekolah.

” FKIP Unmuh Babel merupakan satu-satunya Kampus di Bangka Belitung yang berfokus di bidang pendidikan untuk cepat tanggap serta ikut andil dalam membantu rekan-rekan pendidik ataupun pengawas di Bangka Belitung,”tambah Ayen Arsisari lagi.
Ayen mengaku optimis bahwa IHT ini sangat penting sekali untuk dilaksanakan bahkan sudah menjadi satu kebutuhan bagi pendidik khususnya di dalam melaksanakan kegiatan publikasi penelitian tindakan sekolah/ kelas.

Dekan Fakultas FKIP Unmuh Babel, Yuanita, M.Pd pun mengaku sangat bersyukur dan mengapresiasi tinggi kepada para penyelenggara Kegiatan In House Training Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Sekolah/Kelas, yang telah melaksanakan tugas dan pendampingan ini dengan sebaik-baiknya.

Karena memang IHT ini berfokus pada arah dan tujuannya yang tepat.Yakni, pertama dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam merancang, melaksanakan, mempublikasikan luaran penelitian, khususnya penelitian tindakan kelas/S.Kedua, meningkatkan kompetensi guru dalam menghasilkan publikasi artikel ilmiah. Ketiga, mengamalkan nilai dasar keunggulan Unmuh Babel “Kedisinian” dengan menjadikan FKIP Unmuh Babel sebagai pusat pelatihan peningkatan kompetensi guru di Provinsi Kepulauan Bagka Belitung.

Kegiatan ini terdiri dari 30 orang peserta yang mendaftar melalui google form yang disebarkan tim IHT FKIP Unmuh Babel.Para peserta ini merupakan para pendidik dan tenaga kependidikan yang terdiri dari guru, kepala sekolah dan pegawai. Para peserta akan terus mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari 15 dosen-dosen prodi yang ada di FKIP Unmuh Babel.

“Kegiatan ini diagendakan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2021. Kita optimis IHT ini akan mampu mencapai target yakni menghasilkan laporan penelitian, seminar hasil dan artikel penelitian submit di jurnal. Karenanya dalam setiap kali pertemuan kita yang sangat mengedepankan dan menjaga sesuai protokol covid-19. Semua panitia, pembimbing maupun peserta juga sangat penting untuk selalu mampu membangun kolaborasi yang baik,”ujar Yuanita sembari bersyukur karena kegiatan IHT di SMPN 5 kali ini disambut antusias oleh peserta.

Ia juga menambahkan bahwa sesuai jadwal yang telah ada, maka pertemuan IHT pertama telah di laksanakan dengan sosialiasi pembukaan untuk pembagian pembimbing.Pertemuan kedua yaitu pemberian materi dan pembimbingan. Pertemuan ketiga juga dilakukan dengan pemberian materi dan pembimbingan, pertemuan ke empat pemberian materi dan pembimbingan hingga pertemuan ke lima akan dilaksanakan dalam bentuk seminar hasil dan menulis artikel.( FKIP Unmuh Babel/ Humas).

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.