Enter your keyword

post

FKIP Unmuh Babel Sukses Laksanakan PLP 1, Wujudkan Guru Profesional di Tengah Pandemi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung sukses melaksanakan kegiatan pembekalan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP 1), Jum`at (29/01) dengan tema ”Menapaki Langkah Menjadi Guru Profesional Melalui Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 di Era New Normal”. Yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 – 12 Februari 2021 dan tersebar di seluruh kabupaten/ kota se Bangka Belitung.

Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Unmuh Babel dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, AIK A, dan Sistem Informasi, Gatot Afrianto,S.Sos.I, Dekan FKIP Yuanita,M.Pd, Wakil Dekan FKIP I Muhammad Eka M. Simbolon,M.Pd, Wakil Dekan FKIP 2 Ayen Arsisari,M.Pd, Ketua Pelaksana, Eka Rachma Kurniasi, M.Pd beserta, kaprodi dan dosen di lingkungan FKIP Unmuh Babel lainnya.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unmuh Babel, Yuanita,M.Pd menyebut bahwa kegiatan ini adalah observasi budaya sekolah di masa pandemi dan melalui observasi kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini juga diharapkan mahasiswa pun akan mempunyai kemampuan pedagogik, sosial dan kepribadian melalui PLP 1.

”Kami optimis bahwa kegiatan dengan jumlah peserta 316 orang ini akan mampu mencapai tujuannya, sebagaimana pula tema yang kita angkat yakni sebagai pembekalan bagi guru-guru untuk selalu menjadi guru-guru yang profesional dan mampu bersama seluruh staekholder dunia pendidikan khususnya di Bangka Belitung di tengah menghadapi tantangan berat akibat terdampak pandemi covid-19,”ujarnya.

Dekan FKIP Unmuh Babel Yuanita juga sembari menambahkan bahwa mahasiswa yang melaksanakan PLP 1 ini juga sudah dibekali MK teori kependidikan dan MK lain sebagai bekal kegiatan mereka selama di sekolah.

Sementara itu Ketua Pelaksana PLP 1 Unmuh Babel , Eka Rachma Kurniasi, M.Pd juga menambahkan bahwa dari hasil observasi ini memang diharapkan mahasiswa akan dapat menghasilkan artikel ilmiah sebagai luaran kegiatan ini.

Adapun jumlah sekolah yang melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP 1) ini yakni sebanyak 70 sekolah dari seluruh kabupaten/kota se Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan PLP 1 ini juga bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah untuk menempatkan mahasiswa PLP 1 di sekolah sekolah Muhammadiyah,”tambah Eka.

Namun Eka mengaku mengajak kepada semua pihak untuk tetap optimis dapat melaksanakan PLP 1 ini dengan sebaik-baiknya, meskipun di tengah menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19.

“ Yakinlah bahwa dengan semangat dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, maka kegiatan PLP 1 ini diharapkan akan mampu menjadi dasar bagi mahasiswa mengenal dunia pendidikan dan persekolahan secara langsung,”dorongnya lagi.(Humas/FKIP Unmuh Babel)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.